7 Kesalahan Dalam Manajemen Keuangan Usaha yang Sering Terjadi

Masalah keuangan memang masalah yang krusial. Meskipun itu adalah keuangan pribadi. Lalu, bagaimana jika Anda mengalami masalah pada keuangan usaha. Kesalahan dalam manajemen keuangan sering sekali terjadi dilakukan oleh para pengusaha, dan berakibat vatal. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik itu faktor ketidaktahuan, ataupun tak pandai dalam mengurus keuangan.

Keuangan memang hal riskan yang bisa dialami oleh siapapun. Banyak sekali pengusaha yang bangkrut hanya karena mereka memiliki sistem keuangan yang buruk. Untuk itu, ketika Anda mendirikan sebuah usaha, maka masalah keuangan haruslah dipikirkan secara baik dan matang.

Kesalahan manajemen keuangan yang seperti apakah yang sering dilakukan oleh pengusaha? Berikut ulasannya.

Tak Memiliki Uang Simpanan

Banyak pengusaha yang lupa menyimpan uangnya. Mereka lebih fokus untuk terus menggunakan keuntungan dari usahanya hanya untuk menggembangkan usaha. Padahal, menyisihkan sedikit keuntungan untuk di simpan dalam sebuah tabungan adalah hal yang harus dilakukan.

Tabungan ini akan digunakan untuk hal-hal yang krusial, jika Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Maka uang tabungan bisa digunakan untuk membantu keuangan usaha Anda. Itulah pentingnya menabung, tetapi sayangnya banyak pengusaha yang tak menyisihkan sedikit keuntungan untuk sekedar di tabung.

Terlalu Ekspansif

Tidak ada salahnya memang Anda melakukan ekspansi. Tetapi Anda juga harus ingat apakah tindakan ekspansi yang Anda lakukan sudah dapat menghidupi bisnis utama Anda. Jangan sampai, ekspansi Anda malah menganggu keuangan bisnis utama, padahal bisnis tersebut belum begitu mengguntungkan bagi Anda.

Jika Anda tetap memaksakan diri untuk terlalu ekspansif, bisa jadi usaha utama Anda akan hancur. Karena modal yang Anda berikan tidak bisa menutupi bisnis sampingan Anda. Usahakan agar Anda fokus pada bisnis utama, hingga bisnis yang Anda jalankan tersebut bisa berjalan sendiri. Kesalahan mengelola keuangan usaha yang terlalu ekspansif, akan membuat usaha Anda semakin kacau dan pengeluaran tidak terkendali.

Tak Pernah Evaluasi Bisnis

Bisnis yang Anda jalankan memerlukan evaluasi. Sebagai pengusaha harus selalu melakukan evaluasi pada bisnis yang Anda jalankan. Sebab, jika Anda tidak pernah melakukan evaluasi, maka Anda akan sangat sulit apa saja kekurangan yang terjadi pada bisnis Anda. Padahal evaluasi ini sangat penting, ada baiknya Anda melakukan evaluasi rutin, terlebih evaluasi masalah keuangan. Baik itu evaluasi harian, mingguan, dan bulanan harus selalu Anda lakukan.

Mencampur Keuangan Usaha dengan Keuangan Pribadi

Kesalahan yang paling sering terjadi di kalangan pengusaha Indonesia yakni sering sekali mencampurkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Padahal ini adalah masalah yang paling krusial, dan kesalahan dalam mengelola keuangan usaha yang sering sekali terjadi.

Tidak Mengaji Diri Sendiri

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh para pengusaha, mereka tidak pernah mengaji diri mereka sendiri. Padahal ini penting, dengan gaji yang Anda dapatkan dari usaha Anda, maka Anda tidak perlu lagi untuk menganggu-ganggu keuntungan usaha hanya untuk kepentingan pribadi saja.

Berhutang Dalam Jumlah Banyak

Banyak dari pengusaha yang sering sekali mengambil jalan pintas untuk mengembangkan usahanya. Yakni, dengan berhutang dalam jumlah banyak. Baik itu berhutang kepada seorang individu atau dengan instansi keuangan, seperti perbankan.

Jika Anda berhutang kepada seorang individu, mungkin Anda tidak perlu memikirkan masalah bunganya. Namun, jika Anda berhutang kepada lembaga perbankan, Anda pun harus memikirkan bagaimana membayarkan bunganya. Kesalahan manajemen keuangan usaha yang paling sering dilakukan oleh para pengusaha adalah berhutang dalam jumlah banyak, dan tidak pandai dalam memutarkan, sehingga keuangan usahanya terganggu hanya karena hutang.

Tidak Memiliki Pembukuan yang Baik

Sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki pembukuan yang baik. Cukup banyak pengusaha di Indonesia yang tidak memiliki pembukuan yang baik, padahal pembukuan ini sangat penting untuk jalannya bisnis.

Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mengetahui berapa pendapatan harian, mingguan, bahkan bulanan. Dengan pembukuan juga, Anda  bisa memantau arus kas usaha Anda. Tetapi kesalahan manajemen keuangan yang sering dilakukan oleh pengusaha di Indonesia adalah tidak memiliki pembukuan yang baik. Sehingga sulit mengembangkan bisnisnya.

Jika Anda tidak mampu melakukan pembukuan yang baik, maka Anda wajib menggunakan software akuntansi. Software akuntansi ini akan membantu Anda dalam melakukan pembukuan usaha secara baik dan tepat. Salah satu software pembukuan yakni Accurate. Accurate memiliki dua versi, yaitu versi desktop, dan juga terdapat versi online.

Dengan Accurate maka pembukuan bisnis Anda bisa lebih rapih, dan juga bisa membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar keuangan yang berlaku di Indonesia, serta laporan pajak usaha. Jadi tunggu apa lagi, Anda bisa segera pesan dan beli Accurate sekarang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *