5 Fakta Penting Kenapa UMKM di Indonesia Sulit Berkembang

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dikatakan cukup sulit berkembang. Padahal jumlah UMKM di Indonesia sudah hampir mencapai 60 juta, dan UMKM akan menjadi penopang ekonomi Indonesia. Tetapi sangat disayangkan, kalau UMKM di Indonesia sulit berkembang. Kenapa UMKM Sulit berkembang?

UMKM di Indonesia telah terbukti menjadi penopang ekonomi di saat krisis, hal ini terbukti saat krisis 1998. Kuantitas UMKM Indonesia tidak diimbangi dengan potensi UMKM untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar lagi, dikarenakan beberapa kendala tersebut menyebabkan UMKM di Indonesia sangat sulit untuk tumbuh. Namun Kenapa UMKM di Indonesia sulit berkembang? Berikut beberapa penyebabnya!

Sumber Daya Manusia

Sulit berkembangnya UMKM di Indonesia dikarenakan sumber daya manusia masih berkualitas rendah. Banyak sekali kendala yang muncul jika SDM para pelaku UMKM, baik dari pemilik maupun pegawainya masih sangat rendah. Maka akan sangat sulit UMKM yang dikelolanya untuk tumbuh menjadi besar.

Masalah SDM menjadi hal penting, dengan SDM yang berkualitas sangat rendah maka akan berpengaruh terhadap kualitas produk dan jasa yang diciptakan. Apa lagi, banyak ditemukan pegawai yang bekerja di UMKM-UMKM tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi.

Baik dari segi kompetensi, etos kerja, karakter SDM, kesadaran mutu, standardisasi produk,  kewirausahaan, dan manajerial UMKM menjadi salah satu faktor pemicu sulitnya UMKM di Indonesia sulit berkembang dan tumbuh bahkan bersaing dengan industri besar.

Masalah Produk

Kenapa produk? Produk milik UMKM sebenarnya sudah cukup baik kondisinya. Namun dari segi mutu, banyak produk milik UMKM yang kalah dengan industri besar, hal ini menyebabkan banyak produk milik UMKM yang tidak diminati oleh masyarakat, karena kualitas mutu produk yang diciptakannya tidak berstandar.

Tidak hanya mutu, masyarakat Indonesia masih sering melihat suatu produk dari segi depannya alias dari segi kemasan. Banyak yang menganggap produk UMKM sangat jarang yang memiliki desain kemasan yang kurang menarik, dan sangat jarang terdapat quality control ketika produk telah selesai di produksi dan siap untuk dipasarkan.

Manajemen

Banyak sekali UMKM di Indonesia yang tidak memiliki kondisi manajemen yang baik. Masalah manajemen memang menjadi masalah yang cukup krusial dan cukup sering ditemukan di hampir semua UMKM yang ada di Indonesia. Kondisi ini menjadi salah satu alasan kenapa UMKM di Indonesia sulit berkembang. Padahal, jika UMKM di Indonesia memiliki manajemen yang baik, maka sistem pada UMKM pun bisa sangat baik.

Pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu kendala yang masih menjadi momok besar bagi para pemilik UMKM di Indonesia. Karena banyak pelaku UMKM yang bingung bahkan tidak mengetahui bagaimana dia harus memasarkan produk yang ia produksi. Meskipun ada beberapa pemilik UMKM yang memulai dengan cara pemasaran mulut ke mulut dan mengikuti pameran yang biasanya dilaksanakan oleh pemerintah.

Keuangan

Mengelola keuangan usaha memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika kualitas SDM yang ada pada UMKM tidak memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan. Keuangan menjadi salah satu kendala kenapa UMKM di Indonesia sulit berkembang, karena tidak memiliki kejelasan pada cash flow mereka.

Masalah keuangan adalah masalah yang krusial, jika tidak dikelola dengan baik maka bisa menghancurkan UMKM yang Anda miliki. Di Indonesia sering sekali ditemukan uang yang digunakan dari hasil usaha tercampur dengan uang rumah tangga si pemilik. Padahal ini sangat berbahaya bagi kelangsungan usaha ke depannya. Terkadang produk yang terjual cukup laris, tetapi karena kondisi keuangannya tidak diatur dengan baik, dan kemana aliran uang tersebut mengalir.

Jika Anda seorang pengusaha, ingin memiliki manajemen keuangan yang baik, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang cocok untuk UMKM adalah Accurate software. Dengan menggunakan software akuntansi Accurate pengusaha UMKM bisa lebih baik dalam mengelola keuangan. Sehingga manajemen keuangan Anda bisa terpantau dan bisa tersusun lebih rapih dan lebih baik. Serta membantu Anda untuk mengembangkan dan menumbuhkan UMKM menjadi lebih besar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *