Mengapa Pencatatan Keuangan Penting dilakukan? Ini Loh sebabnya!

Jika Anda memiliki sebuah usaha yakni usaha dagang, maka Anda harus melakukan pencatatan pada setiap transaksi yang terjadi. Hal ini untuk melihat berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap harinya. Namun, tidak semua pengusaha melakukan pencatatan bagi usaha mereka. Padahal pencatatan itu penting, mengapa pencatatan keuangan penting bagi pemilik usaha?

Banyak sekali pengusaha yang merasa bahwa, mereka tidak menganggap pembukuan itu penting. Karena setiap pengusaha memiliki pandangan yang berbeda mengenai pencatatan yang terjadi. Kadang, banyak pengusaha yang merasa bingung apa sih yang harus mereka catat.

Pencatatan yang Harus dilakukan

Catatan Pengeluaran

Apa saja biaya pengeluaran yang terjadi dalam satu hari, itulah yang Anda catat. Biaya pengeluaran ini pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yakni, biaya langsung dan biaya tidak langsung. Apa yang dimaksud dengan biaya langsung dan tidak langsung?

Biaya langsung adalah biaya pembelian bahan baku. Jika pada hari tertentu Anda membeli bahan baku atau membeli dari supplier, maka Anda harus memasukan uang keluar tersebut kedalam catatan pengeluaran.

Jika pada akhir bulan mengeluarkan budget untuk biaya operasional, seperti gaji pegawai, listrik, telepon, internet, PDAM, dan sebagainya catatan ini akan masuk kedalam catatan pengeluaran tidak langsung. Dengan begitu Anda bisa lebih rapih dalam mengelolanya.

Catatan Pemasukan

Pencatatan pemasukan

Umumnya pengusaha selalu ingat mengenai catatan pemasukan, tetapi melupakan catatan pengeluaran. Catatan pemasukan adalah catatan yang dilakukan untuk mencatat seluruh pemasukan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa. Catatan ini harus jelas dan benar serta bisa dipertanggungjawaban.

Apabila Anda memiliki bukti transaksi seperti bon, invoice, dan kwitansi. Usahakan untuk memiliki rekapannya. Saat transaksi tersebut dilakukan, maka segeralah untuk melakukan rekap dari transaksi tersebut. Sehingga tak ada salah catat yang terjadi. Disinilah mengapa pencatatan keuangan penting untuk dilakukan.

Catatan Stok

Yang tak boleh tertinggal adalah catatan stok/persediaan. Sebagai pemilik usaha, Anda harus mengetahui berapa jumlah stok barang milik Anda. Jika stok sudah mulai habis, maka Anda bisa segera meminta pesanan baru kepada supplier Anda.

Jangan sampai Anda benar-benar kehabisan stok, karena hal ini akan membuat pelanggan Anda lari dan mungkin tidak akan kembali ke store Anda. Disinilah mengapa pencatatan keuangan penting, salah satunya adalah pencatatan jumlah stok barang. Anda bisa melihat berapa jumlah barang yang sudah mulai menipis.

Ketiga catatan tersebut adalah hal penting untuk dilakukan sebagai data catatan keuangan. Anda yang memiliki pencatatan keuangan usaha secara baik, maka kondisi keuangan usaha bisa terpantau dengan baik juga. Jangan sampai, keuangan usaha Anda tidak baik. Maka keuangan usaha Anda pun akan sangat sulit dipantau.

Mengapa Pencatatan keuangan penting?

Pencatatan keuangan usaha adalah tahap awal dalam menjalankan tahapan akuntansi. Apabila Anda tidak melakukan pencatatan keuangan, maka Anda akan sangat sulit dalam membuat sebuah laporan keuangan diakhir periode keuangan.

Dengan pencatatan keuangan pun, Anda bisa mengetahui jumlah keuntungan yang Anda peroleh. Selain keuntungan, Anda juga bisa melihat berapa jumlah kerugian yang Anda alami selama periode tertentu. Jika Anda mengalami kerugian, di periode selanjutnya Anda bisa menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan usaha.

Adanya pencatatan keuangan akan membantu Anda dalam mengetahui jumlah laba yang Anda terima dan juga jumlah kerugian yang Anda alami. Sehingga pada periode selanjutnya Anda bisa menentukan target seperti apa yang akan dilakukan.

Itulah alasan mengapa pencatatan keuangan usaha penting. Apabila Anda merasa pencatatan ribet, karena dilakukan secara manual. Maka Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate yang sangat cocok untuk pembukuan segala jenis usaha. Baik itu usaha cafe, agen, retail, apotek, dan bengkel bisa dilakukan hanya dengan Accurate. Jadi Anda tak perlu melakukan pembuatan laporan keuangan secara manual. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Accurate, Anda bisa langsung cek disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *