Beberapa Cara Agar UKM Bisa Menembus Pasar Global, Yuk Lakukan!

Cara Agar UKM menembus pasar global

Menembus pasar global adalah cita-cita semua pelaku UKM di Indonesia. Tetapi tidak semua pelaku UKM mampu membawa usahanya untuk Go International. Tentunya membawa UKM untuk Go International bukanlah hal mudah. Anda harus bisa melakukannya dan konsisten. Lalu bagaimana cara agar UKM bisa menembus pasar global?

Pertanyaan tersebut sering sekali diungkapkan oleh para pengusaha di Indonesia. Karena hingga saat ini, belum banyak pengusaha di Indonesia yang melakukan ekspor produk-produk buatan mereka. Sebagian besar pelaku UKM baru menembus pasar-pasar dalam negeri saja.

Kenapa UKM harus bisa bersaing di pasar global? Sebab, pasar UKM di dalam negeri memiliki persaingan yang kuat. Untuk menghindari persaingan tersebut, maka Anda harus memulai untuk bisa mencoba pasar global.

Menguasai Komunikasi

Siapa yang menguasai komunikasi, mereka akan berhasil. Pernyataan seperti itu sering terdengar oleh siapapun yang bisa berkomunikasi dengan baik. Bagi sebuah UKM atau pengusaha, belajar berbahasa Inggris adalah cara agar UKM bisa menembus pasar global.

Dengan menguasai bahasa Inggris, maka Anda bisa mengetahui bagaimana komunikasi yang baik untuk usaha Anda tersebut. Sebab banyak pengusaha UKM di Indonesia yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Sehingga mereka sulit masuk ke pasar global. Karena bahasa Inggris adalah bahasa global, dengan menguasainya Anda bisa dengan mudah bertemu dengan orang-orang asing dari negara lain.

Masalah Kemasan dan Branding

Tidak hanya di dalam negeri, masalah kemasan produk pun sering sekali menjadi kendala sulitnya UKM masuk ke pasar global. Karena setiap kemasan yang Anda buat belum tentu disukai oleh masyarakat negara lain. Mungkin kemasan Anda hanya disukai oleh masyarakat dalam negeri saja. Padahal, jika Anda memiliki kemasan dan cara branding yang menarik, hal tersebut bisa membantu produk Anda disukai oleh masyarakat global.

Memang sulit melakukan branding, tetapi jika Anda memiliki kemasan yang menarik dan produk Anda benar-benar dibutuhkan. Maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk masuk pasar global yang lebih luas lagi. Dan salah satu cara agar UKM bisa menembus pasar global.

Memiliki Jaringan Internet

Saat ini, internet telah banyak membantu para pemilik bisnis untuk mengenalkan produknya lebih luas lagi. Yang sebelumnya produk Anda hanya bisa diperoleh oleh orang-orang lokal, dengan adanya internet, produk-produk Anda bisa merambah ke masyarakat lebih luas yakni masyarakat yang beda kota bahkan beda provinsi pun bisa mengakses produk Anda.

Mengikuti perkembangan internet adalah salah satu cara agar bisa menembus pasar global. Karena dengan memanfaatkan website produk yang Anda miliki, website tersebut dapat di akses oleh seluruh orang dan tidak memandang masalah geografis.

Ketahui Regulasi Negara Lain

Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda-beda. Inilah hal yang harus Anda ketahui sebagai pengusaha yang ingin masuk ke pasar global. Anda harus mengetahui regulasi-regulasi yang dimiliki oleh negara lain. Baik itu regulasi pemasaran, regulasi kemasan produk, dan regulasi mengenai produk asing yang harus masuk ke negara mereka. Semua ini harus Anda pahami dengan baik dan benar, agar produk Anda bisa masuk ke pasar global.

Membuka Kerjasama

Memiliki jaringan yang luas adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha UKM. Karena memiliki jaringan, membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama. Jika Anda punya satu dua orang yang tinggal di luar negeri, mungkin mereka bisa membantu agar UKM Anda bisa masuk ke pasar global. Hal inilah yang harus Anda manfaatkan.

Dengan mengetahui cara agar UKM bisa menembus pasar global tersebut bisa membantu Anda dalam memasarkan produk UKM di pasar internasional. Karena banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda masuk ke pasar global yang cukup sulit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *