Cara Mudah Kontrol Stok Barang Pake Accurate, Ada Fitur Multigudang

Cara mudah kontrol stok barang dengan accurate

Mengontrol stok di gudang adalah kewajiban para pengusaha. Karena mengontrol stok memiliki tantangan tersendiri. Bagaimanapun stok di gudang salah satu kekayaan perusahaan. Sehingga harus di kontrol dengan baik, agar pergerakan stok bisa terpantau. Mudah kontrol stok dengan Accurate adalah salah satu solusi tepat bagi para pengusaha.

Apa lagi masalah stok barang yang tersimpan di gudang akan mempengaruhi pergerakan barang tersebut. Apabila jumlah barang di gudang tidak sesuai dengan jumlah stok, maka Anda bisa mengalami kerugian yang besar. Bahkan hal tersebut bisa menganggu bisnis Anda.

Bagaimana manajemen gudang bisa berjalan dengan baik dan sempurna. Salah satunya adalah dengan melakukan manajemen gudang menggunakan software. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pergerakan barang serta melihat barang tersisa di gudang.

Manajemen stok adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha. Mengapa harus memakai Accurate? Padahal Accurate dikenal sebagai software akuntansi. Inilah salah satu fungsi lain dari Accurate. Karena Accurate bukan hanya sekedar software akuntansi yang bisa membuat proses akuntansi saja. Tetapi bisa dipakai untuk memantau stok barang.

Ada beberapa cara agar Anda bisa mudah kontrol stok dengan Accurate. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Persiapkan Data yang Lengkap

Anda harus memberi tanggungjawab kepada seorang yang akan mencatat pergerakan barang. Baik barang masuk dan barang keluar. Agar pencatatan stok barang bisa dilakukan secara lebih akurat, Anda bisa melakukannya dengan mudah kontrol stok dengan Accurate.

Ketika ada produk yang masuk, Anda bisa melakukan input data tersebut. Selain itu, ketika barang akan keluar, Anda pun bisa menginput dan menuliskan barang keluar. Sebab, dengan begitu Anda bisa melihat bagaimana barang bisa keluar masuk.

Berilah Kode Pada Setiap Produk Anda

Dengan adanya kode produk, hal itu akan memudahkan Anda dalam melakukan penginputan data tersebut. Tidak hanya mudah mengontrol stok persediaan yang ada di gudang Anda. Ketika terdapat pesanan, Anda bisa mudah mencari barang tersebut, karena sudah memiliki kode tertentu yang menjelaskan mengenai produk tersebut.

Cek Kembali Barang yang Akan Disimpan Di Gudang

Ketika sudah melakukan input data ke software Accurate. Anda harus mengecek kembali persediaan stok yang sesuai dengan catatan yang ada pada software akuntansi. catatan ini akan berfungsi sebagai alat pengontrol kondisi barang yang sudah Anda beli tersebut. Jangan sampai, Anda menemukan barang yang cacat, barang rusak, dan kesalahan produksi dari barang yang masuk ke gudang.

Ketika Anda sudah mengecek kembali, jika ada barang yang ingin ditukar, Anda bisa melakukan penukaran barang. Dan Anda bisa memakai fitur retur pembelian yang ada pada sistem Accurate, sehingga bisa dengan mudah membuatkan invoice retur kepada supplier.

Memisahkan Stok Lama dan Baru

Jangan sampai Anda melakukan hal yang salah seperti mencampurkan barang lama dan baru. Karena hal ini akan menyulitkan Anda dalam melakukan perhitungan stok lama dan baru. Dengan begitu, Anda bisa mengecek kembali stok lama yang belum terjual, dan stok yang sudah terjual.

Melakukan Pengecekan Lebih dari Satu Gudang

Mudahnya kontrol stok barang dengan Accurate bisa dilakukan untuk mengontrol stok barang lebih dari satu gudang. Karena dengan begitu, Anda bisa mengecek secara jelas jumlah stok yang ada di gudang lain. Fitur ini pada Accurate dikenal sebagai fitur multigudang.

Memakai Accurate akan memudahkan Anda dalam mengontrol stok barang dan juga melihat persediaan stok secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi membongkar tumpukan kertas atau membolak-balikan buku catatan. Dengan Accurate Anda bisa melakukannya cukup dengan memasukan kode barang tersebut.

Itulah cara mudah kontrol stok barang dengan Accurate. Anda bisa melakukannya dengan mudah hanya dalam satu software. Terlebih, Accurate memiliki fitur multigudang yang bisa digunakan untuk mengecek persediaan barang dari gudang-gudang yang lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *