5 Akibat Mengabaikan Sistem Akuntansi Pada Bisnis

akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis

Jangan pernah mengabaikan akuntansi saat Anda memiliki bisnis. Akuntansi memiliki peran penting dalam mengelola keuangan usaha. Semua pengusaha sukses sudah pasti mereka menerapkan sistem akuntansi yang baik. Jika seorang pengusaha mengabaikan akuntansi pada bisnisnya, bersiaplah untuk menerima kehancuran bisnis. Banyak akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis, untuk menghindarinya, Anda harus segera belajar akuntansi.

Akuntansi diibaratkan sebagai tulang punggung bisnis. Tanpa akuntansi, maka bisnis akan sulit berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda harus mengerti dasar-dasar akuntansi. karena jika tidak, maka bisnis Anda akan sangat sulit berjalan dan keuangan bisnis sulit terpantau.

Ada beberapa akibat mengabaikan akuntansi pada bisnis Anda. Hal ini akan menyebabkan bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu Anda harus tahu apa saja akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis.

Tidak dapat Memantau Pergerakan Uang

Apabila sistem akuntansi pada usaha tidak berjalan, maka Anda akan sangat sulit memantau pergerakan uang usaha. Baik itu uang masuk maupun uang keluar akan sangat sulit Anda pantau. Disinilah yang menyebabkan banyak usaha yang hancur, akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis.

Dengan memiliki sistem akuntansi yang baik, tentunya Anda memiliki waktu untuk melihat pergerakan cashflow usaha yang Anda miliki. Dengan memiliki sistem akuntansi, tentunya Anda juga dapat melacak dimana mengalami sumber hutang dan sumber keuangan yang tidak sesuai dengan rencana Anda.

Sulit Menyusun Rencana Bisnis

Jika Anda tidak memakai sistem akuntansi yang baik, maka akan sulit dalam menyusun rencana bisnis yang akan Anda jalankan. Sebab, rencana bisnis disusun bersumber dari data keuangan yang pada sistem akuntansi. Jika data keuangan usaha Anda tidak ada, maka akan sulit menyusun rencana bisnis kedepannya. Hal inilah yang harus Anda pahami, bagaimana pentingnya akuntansi pada usaha yang Anda jalankan tersebut.

Apabila akuntansi Anda jalankan dengan baik, maka Anda dengan mudah menyusun rencana bisnis kedepannya. Karena Anda bisa melihat hasil dari rencana yang sebelumnya telah Anda tetapkan. Jangan sampai, rencana Anda tersebut gagal hanya karena Anda mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis yang mudah dijalankan.

Sulit Mengurus Bisnis

Mengabaikan akuntansi sama saja membuat Anda merasa sulit dalam mengurus bisnis. Karena Anda tidak memiliki catatan mengenai kondisi bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Padahal ini penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Tanpa itu semua, maka Anda akan sangat sulit dalam mengurus semua bisnis yang Anda jalankan. Sebab, Anda tidak tahu kemana saja aliran uang bisnis Anda.

Tidak Mengetahui Jumlah Profit

Akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis akan menyulitkan Anda dalam menghitung jumlah profit, karena Anda tidak memiliki catatan keuangan yang jelas mengenai jumlah profit pada usaha Anda. Dengan mengetahui jumlah profit, maka Anda juga mengetahui berapa besar jumlah kerugian yang Anda alami. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagaimana cara memperkecil kerugian tersebut, dan meningkatkan jumlah profit yang ingin Anda dapatkan.

Akan Lebih Banyak Pengeluaran

Tanpa adanya catatan akuntansi dan mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis akan membuat Anda boros dalam hal pengeluaran. Karena Anda mengeluarkan uang begitu banyak, tanpa mengetahui sudah berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan untuk bisnis. Ini akan menyulitkan Anda dalam mengurus keuangan bisnis Anda.

Dengan memiliki sistem keuangan yang baik, maka sistem keuangan pada bisnis pun bisa berjalan dengan baik. Sehingga Anda bisa selalu memantau pergerakan usaha Anda dengan seksama dan teliti.

Apabila Anda ingin memperbaiki sistem akuntansi pada bisnis Anda, Anda bisa memakai software akuntansi. Software akuntansi di Indonesia cukup beragam, untuk itu Anda harus bisa memilihnya dengan bijak. Tentunya software yang Anda pilih haruslah yang mudah digunakan, seperti Software Accurate yang sangat user friendly dan cocok digunakan pada setiap jenis bisnis di Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *