Alasan Kenapa Pengusaha Harus Bayar Pajak dan Manfaat yang Akan Didapatkan Pengusaha

Alasan kenapa pengusaha harus bayar pajak

Kewajiban seorang pengusaha tidak hanya kepada dirinya sendiri, serta keluarganya. Pengusaha memiliki kewajiban untuk membayar upah karyawan serta membayar pajak. Kenapa pengusaha harus bayar pajak dan apa manfaatnya bagi pengusaha?

Saat ini tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih sangat rendah. Masyarakat menganggap bahwa uang pajak selalu di korupsi, sehingga mereka enggan untuk membayarkannya. Selain itu, bagi pengusaha mereka enggan membayar pajak karena pajak yang ia bayarkan sangat memberatkan bagi jalannya usaha.

Terlebih jika usaha yang dimiliki belum memiliki keuntungan sama sekali. Hal tersebut akan menyebabkan pengusaha enggan membayar pajak. Meskipun pengetahuan masyarakat sudah cukup baik mengenai penggunaan pajak. Tetapi masih banyak masyarakat yang membayarkan pajak tersebut. Dan mereka tidak mengetahui apa manfaat dari membayar pajak.

Kenapa Pengusaha Harus Bayar Pajak?

Membantu Kesehjahteraan Masyarakat

Dengan membayar pajak, Anda turut membantu mensejahterakan masyarakat di Indonesia. Banyak masyarakat yang belum sejahtera, dan mereka harus dibantu dengan pajak. Serta uang pajak yang dibayar oleh para pengusaha dapat membantu kehidupan masyarakat yang belum sejahtera. Seperti meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Membangun Infrastruktur

Uang pajak yang Anda bayarkan kepada Pemerintah akan digunakan untuk membangun infrastruktur. Tentunya ini akan memudahkan pergerakan barang dan jasa, dan akan memudahkan para pengusaha dalam mengakses seluruh konsumen dengan infrastruktur yang ada.

Apabila kondisi infrastruktur baik, maka pergerakan barang pun akan mudah. Bagi pengusaha ini akan memudahkan pergerakan barang dan jasa. Inilah alasan kenapa pengusaha harus bayar pajak. Toh semuanya akan kembali kepada Anda lagi.

Meningkatkan Bidang Pertanian

Dengan membayar pajak, Anda pun membantu sektor pertanian. Karena untuk mengurangi beban para petani, dibutuhkan dana subsidi. Dana subsidi ini akan diberikan untuk pupuk, karena sektor pertanian merupakan sektor penting bagi semua orang.

Tanpa petani, sudah pasti kita akan sulit untuk mendapatkan sumber pangan. Jika sektor pertanian tidak mendapatkan uang subsidi pajak, maka sumber pangan tidak akan murah seperti saat ini. Dengan membayar pajak, Anda bisa memberikan bantuan kepada para petani tersebut.

Selain ketiga itu, alasan pengusaha harus membayar pajak adalah untuk mendapatkan beberapa manfaat dari pajak yang sudah mereka bayarkan tersebut. Pajak yang Anda bayarkan, tidak hanya akan bermanfaat untuk orang lain. Tetapi akan kembali kepada Anda juga.

Bisnis Anda Akan terlihat Lebih Baik

Umumnya para wajib pajak memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), NPWP ini akan selalu ditanyakan oleh supplier atau distributor. Terkadang mereka menanyakan apakah Anda memiliki NPWP atau tidak. Apa jadinya, jika mereka minta NPWP, tetapi Anda bilang tidak memiliki?

Pasti distributor atau supplier Anda akan menganggap bisnis yang Anda jalankan tidak dikelola dengan baik dan profesional. Bisa jatuh kan harga diri bisnis Anda di mata distributor atau supplier. Untuk itulah alasan kenapa pengusaha harus bayar pajak agar bisnis terlihat dijalankan secara baik dan profesional.

Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal

Anda kekurangan modal? Lalu, Anda ingin sekali meminjam modal kepada lembaga peminjaman seperti perbankan. Sebelum lembaga tersebut memberikan Anda modal, sudah pasti lembaga tersebut akan mengecek kelengkapan administrasi Anda, salah satunya adalah masalah pajak. Jika Anda tidak membayarkan pajak usaha, maka mereka tidak akan memberikan Anda pinjaman uang.

Alasan tersebut mengharuskan Anda sebagai pengusaha harus membayar pajak. Apa lagi, saat ini bagi pemilik UMKM, pajak yang dibayarkan tidak begitu besar. Pemerintah hanya menarik sebesar 1 % kepada UMKM yang omzetnya tidak lebih dari Rp 400 juta. Bukankah itu tidak memberatkan Anda?

Jika Anda masih bingung dengan cara menghitung pajak usaha, Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi Accurate. Software ini sudah terintegrasi dengan e-faktur pajak yang berlaku di Indonesia. Sehingga dengan memakai Accurate, Anda bisa mudah dalam menyusun SPT pajak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *