5 Keahlian Dasar Yang Wajib Dimiliki Manager Pemasaran.

Manager Pemasaran, seorang yang paling penting dalam suati perusahaan. Teknologi Telah Mengubah Wajah Pemasaran Sampai Sedemikian Rupa. Hal Ini Juga Turut Mempengaruhi Deskripsi, Persepsi Dan Tanggung Jawab Seorang Manager Pemasaran Pun Ikut Mengalami Perubahan Dari Beberapa Dekade Lampau. Pemasaran Saat Ini Tidak Hanya Mengiklankan Produk Di Media Elektronik Maupun Cetak Saja.

Dewasa ini para manager pemasaran harus bersedia mengikuti trend dan juga teknologi. Para pemasar perlu tahu bagaimana media sosial, mesin pencari (search engine), video, dan analitik bekerja dalam mempengaruhi pemasaran. Namun disamping itu, ada lima keterampilan dasar yang tidak boleh berubah yang wajib dimiliki oleh setiap manager pemasaran di masa kini ataupun di masa mendatang. Berikut lima keterampilan dasar yang wajib dimiliki manager pemasaran adalh sbb:

  1. Berpikir Kritis

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh American Management Association (AMA) pada tahun 2010, mayoritas eksekutif dan personalia menjawab bahwa mereka membutuhkan karyawan dengan keterampilan berpikir kritis yang solid. Dengan berpikir kritis bisa melahirkan pemikiran yang kreatif yang pada gilirannya suatu saat nanti diharapkan bisa memecahkan masalah. Ini adalah keterampilan dasar yang wajib dimiliki bagi setiap manager termasuk manager pemasaran.

  1. Manajemen Proyek

Dalam menjalankan bisnis saat ini, anda tidak harus memegang sertifikat atau gelar manager proyek. Suatu proyek bisa sangat simple atau bahkan terkadang cenderung kompleks, memiliki durasi waktu yang pendek maupun panjang, tetapi pada pemasaran (marketing), hal tersebut cenderung mengalami peningkatan dan selalu berubah sesuai respons dari customer. Manager pemasaran di masa depan perlu mempertajam skill manajemen proyeknya dengan harapan dapat memimpin sebuah tim dan mencapai tujuannya

3. Keterampilan Teknis

Karena teknologi akan terus mengalami perkembangan dan erat kaitannya dalam mempengaruhi bagaiman pemasaran dilakukan, hal tersebut akan selalu penting bagi manajer pemasaran untuk selalu tech savvy (mengikuti teknologi). Melibatkan konsumen tentunya bisa menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan pemasaran yakni dengan selalu menyediakan layanan dan informasi. Salah satunya adalah dengan menciptakan sebuah tools atau aplikasi yang user friendly. Jadi sebagai seorang manager pemasaran haruslah familiar dengan apa yang konsumen inginkan dan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang dipakai di industri,  pendekatan pemasaran baru akan terus berkembang. Sementara itu akan menjadi penting untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan peluang yang sangat spesifik, para manajer pemasaran juga perlu mendapatkan keterampilan pemasaran taktis tertentu yang dapat diterapkan untuk membantu perusahaan mereka mencapai tujuannya.

4.Pendekatan Holistik

Manajer pemasaran yang baik akan melakukan pendekatan pemasaran dengan memikirkan secara terintegrasi. Maksud dari terintegrasi disini ialah menciptakan sebuah sistem yang saling berhubungan antar bagian lain yang menyangkut pemasaran. Misalnya bagian produksi atau penjualan.

5.Keterampilan Analitis

Manajer pemasaran yang sukses adalah yang memilki pemikiran analitis (analytical thinking). Mereka tahu nilai dari jumlah data yang besar yang tersedia saat ini, dan sangat tertarik pada data apa yang dapat mengungkapkan tentang perilaku konsumen, efektivitas berbagai pendekatan pemasaran dan masih banyak lagi. Manajer terbaik tahu bagaimana menangkap trend dan pola yang dihasilkan dari data dan kemudian digunakan untuk melakukan upaya pemasaran yang lebih baik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *