Para pebisnis biasanya bingung ketika menghadapi kenaikan harga bahan baku. Karena hal tersebut berisiko mengurangi keuntungan. Demi alasan menjaga margin keuntungan, banyak pebisnis memutuskan untuk menaikkan harga produk. Padahal, keputusan tersebut bukanlah satu-satunya solusi tepat.

Jangan panik dulu ketika harga bahan baku mulai naik. Anda bisa melakukan beberapa siasat bisnis ini tanpa harus menaikkan harga produk:

Mengganti Bahan Baku..

Hal yang sering dilakukan pebisnis saat menghadapi kenaikan harga bahan baku adalah menggantinya. Cobalah mencari bahan baku alternatif yang harganya lebih ekonomis. Misalnya, Anda bisa mengganti bahan baku cabai dengan merica.

Sebab harga cabai memang tergolong cukup fluktuatif. Demikian pula halnya dengan beragam jenis bahan baku seperti kayu, tepung, plastik, dan lainnya. Namun, Anda juga wajib memastikan bahwa penggantian bahan baku tersebut tak akan menurunkan kualitas produk yang Anda hasilkan.

Memulai Sistem Berlangganan

Selain sistem paket, sistem berlangganan juga cukup efektif untuk menyiasati kenaikan harga bahan baku. Para pelanggan yang memutuskan berlangganan produk dalam kurun waktu tertentu biasanya harus melunasi pembayaran terlebih dahulu.

Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan besar meskipun margin dari harga bahan baku dan harga produk sedang menyusut. Cara ini juga akan semakin efektif kalau Anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan dalam waktu singkat. Karena peningkatan omset bisnis pasti sebanding dengan peningkatan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Memberlakukan Sistem Paket

Anda dapat memberlakukan sistem paket atau bundling beberapa produk untuk mengatasi kenaikan harga bahan baku. Cara ini bisa diimplementasikan pada berbagai jenis bisnis. Salah satu contohnya adalah bisnis kuliner.

Kalau selama ini Anda menerima pesanan produk untuk masing-masing jenis kue, cobalah membuat paket yang berisi beberapa produk kue. Dengan demikian, harga kue yang bahan bakunya lebih mahal bisa disubsidi oleh kue yang harga bahan bakunya lebih stabil. Pelanggan akan menganggap hal ini sebagai bagian dari inovasi bisnis Anda.

Memperkecil Ukuran Produk

Siasat yang satu ini juga kerap dilakukan para pebisnis. Terutama di bidang bisnis kuliner. Masyarakat cenderung lebih rela mendapatkan ukuran produk yang lebih kecil dengan harga tetap daripada harus membayar lebih mahal untuk ukuran standar.

Contoh konkret penerapan siasat ini adalah produsen tempe yang memutuskan memperkecil ukuran tempe buatannya ketika harga kacang kedelai sedang melonjak. Ketika harga bahan baku kembali stabil, Anda pun bisa mengembalikan ukuran produk seperti semula.

Berinovasi dari Segi Marketing

Kalau Anda tak ingin menaikkan harga produk, berarti Anda harus menjual produk dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Sehingga bisnis Anda tetap bisa memperoleh keuntungan yang stabil seperti biasa. Oleh sebab itu, Anda juga wajib berinovasi dari segi marketing. Tawarkan konsep baru yang menarik kepada calon pelanggan. Anda wajib memastikan bahwa produk Anda benar-benar dibutuhkan banyak orang. Sehingga peluang mendapatkan banyak pelanggan baru akan semakin besar.

Bukan cuma urusan omset bisnis yang wajib menjadi perhatian Anda. Sebab urusan laporan keuangan bisnis pun tak kalah penting untuk dicermati. Mari gunakan platform pembukuan Accurate Online untuk mempermudah proses pencatatan laporan keuangan bisnis Anda dan proses pengaturan stok produk.

Accurate Online adalah platform pembukuan yang bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha, dalam mengelola pembukuan. Anda bebas mengaktifkan fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda tanpa harus membayarnya. Menghitung keuntungan bisnis dan pengaruh kenaikan harga bahan baku pun semakin praktis bila Anda menggunakan Accurate Online.

Kalau tak ingin direpotkan dengan urusan keuangan yang menyita waktu, segera siapkan Accurate Online. Sistem pembukuan bisnis bisa lebih cepat, pengaturan stok lebih terkontrol, dan laporan keuangan siap tersaji. Sudah waktunya menggunakan Accurate Online untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.

Di akhir tahun 2018, Accurate Online kasih kamu promo gede-gedean ni. Mau tahu apa promonya? Langsung aja cek disini!

Accurate Business Center