Ini Alasan Kenapa Anak Akuntansi Dibutuhkan di Banyak Startup

,

Bukan Sekedar Jurusan, Ini Alasan Kenapa Anak Akuntansi Dibutuhkan di Banyak Startup

Makin kesini masyarakat, khususnya milenial cenderung melirik startup sebagai tempat pilihan mereka untuk berkarir. Nah, karena pertumbuhan startup sendiri  semakin meningkat, para pelaku startup ini tentunya membutuhkan banyak karyawan dari beragam latar belakang. Nah salah satunya adalah dari jurusan Akuntansi yang dianggap krusial dalam suatu perusahaan. Akuntansi merupakan cabang ilmu yang selalu dibutuhkan dalam dunia bisnis. Jadi buat kamu yang berniat kuliah di jurusan akuntansi, kamu harus siap yah guys. Karena ada banyak alasan kenapa anak akuntansi dibutuhkan di dunia startup seperti berikut ini.

Baca Juga : 

1. Seorang founder harus memahami akuntansi dasar

Buat kamu yang memiliki tujuan untuk membuka usaha sendiri, memiliki pengetahuan dasar akuntansi sejak awal menjadi sebuah keuntungan sendiri lho. Untuk sebuah startup yang masih beroperasi, akan lebih baik jika kamu sebagai founder sudah memahami dasar-dasar akuntansi.

Dengan begitu, kamu bisa memantau perkembangan pembukuan keuangan, perbandingan antara rencana kegiatan serta bagaimana pelaksanaannya, dan yang terakhir adalah menyusun laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban.

2. Mencatat pembukuan serta laporan keuangan secara efektifUns

sh/

Saat sebuah usaha dirintis, tentunya pemilik usaha ingin memiliki catatan pembukuan keuangan yang rapi. Misalnya, seorang akuntan mencatat uang masuk dan keluar dan memberikan rincian gaji seorang karyawan beserta benefit lain seperti asuransi. Pencatatan pembukuan keuangan yang baik dan efektif tentunya akan berpengaruh pada perkembangan bisnis yang lebih optimal.

3. Menghitung pajak suatu perusahaan secara tepat

Salah satu turunan dari bidang akuntansi adalah akuntansi yang khusus menangani masalah perpajakan. Tentunya banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Mereka dibutuhkan untuk mengisi form pajak di perusahaan tempat mereka bekerja dengan baik.

Gak cuma itu saja, mereka juga bisa memberikan saran-saran yang terkait dengan rencana keuangan mereka di masa depan yang dapat berdampak pada pajak perusahaan. Lebih detail lagi, mereka adalah orang yang memegang catatan pajak dari sebuah perusahaan. Mereka harus menghitung berapa pajak yang harus dibayarkan serta berapa jumlah uang yang bisa diklaim jika pajak yang dibayarkan berlebih.

4. Fintech semakin berkembang

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech atau layanan teknologi finansial adalah salah satu yang mengalami pertumbuhan yang pesat. Berdasarkan Fintech Report 2017, unit bisnis di bidang fintech berkisar antara 188-196 unit bisnis dengan peningkatan sebesar 39% di tahun 2017. 

Nah, ini jadi kesempatan besar buat kamu yang tertarik dengan dunia akuntansi. Perusahaan-perusahaan fintech akan butuh tenaga ahli di bidang akuntansi lebih banyak dibanding perusahaan di bidang lainnya. Jadi makin terbuka lebar ‘kan peluang kariermu?

Itulah tadi, empat hal penting kenapa akuntansi dibutuhkan di banyak perusahaan. Gimana? Mantap kuliah di jurusan ini, atau kamu bangga dengan jurusan yang kamu miliki?

YUKS COBA GRATIS 30 HARI ACCURATE ONLINE SENILAI 2OO RIBU LOH !!

HANYA DENGAN KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

TANPA KOMITMEN APAPUN LOH !!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *