Bisnis Warteg Naik Kelas

Pada zaman sekarang atau yang hidup diperkotaan, siapa yang tidak kenal dengan rumah makan asal Kota Tegal atau biasa kita sebut sebagai Warteg (Warung Tegal). Bisnis Warteg terdapat atau menjamur dibeberapa sudut Ibu kota. Mereka menjajakan makanan dan minuman sesuai kantong masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Menu yang disajikan pun relatif bervariasi. Bisnis kuliner memang saat ini sangat di minati pebisnis. Banyak yang membuat usaha dengan sistem franchise sehingga pemasaran produk kuliner mereka dapat terjelajahi dibeberapa lokasi area yang berbeda dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Dengan berkembangnya usaha kuliner rumah makan khususnya Warteg, Para pelaku usaha mengambil kesempatan memanfaatkan bisnis warteg dengan sistem franchise. Artinya dia membuka franchise warteg dengan sistem beli putus, artinya warteg yang dia beli akan sepenuhnya dimiliki oleh pembeli warteg. Ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh pembeli franchise warteg salah satu di antaranya adalah lokasi gerai warteg, harga, makanan dan minuman, kenyamanan tempat serta fasilitas yang terdapat didalam warteg tersebut. Bisa saja ditambahkan untuk area spot WIFI, karena kebutuhan akan internet sangat dibutuhkan bagi masyarakat di zaman milenial saat ini.

Baca Juga : Cara Membuat Bisnis Franchise Dapat Berkembang

Franchisor sekarang harus sudah memperhatikan SOP khususnya mengelola sistem franchise atau waralaba yang dia miliki.
Sistem franchise akan sulit dioperasikan jika tidak ada SOP bakunya, sehingga nantinya akan kurang efektif dan efisien. Mulai dari konsep Pemasaran, Mitra Kerja, Produk/Jasa dan Konsumen. Tidak hanya itu sistem pembukuan harus terintegrasi, sehingga bisa melacak keuntungan/kerugian beberapa franchise yang dimiliki. Accurate salah satu software pembukuan yang bisa menghasilkan laporan cost center atau laba dan rugi setiap cabang (Department), yang bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan sistem franchise khususnya bisnis warteg.

Artikel Terkait : Potensi Besar Bisnis Waralaba Di Indonesia

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner-Laporan-Keuangan-1024x171-1.jpg

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *