Laporan keuangan Sederhana adalah ringkas mengenasi kondisi perusahaan yang mudah dipahami dan dimengerti oleh siapapun yang membacanya. Salah satu fungsi penting dari Laporan keuangan adalah untuk membantu Perusahan mematuhi undang-undang pajak yang diterapkan oleh negara dan mempersiapkan pembayaran pajak tahunan Anda, Laporan keuangan sebetulnya bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan lebih jauh, Bentuk Laporan keuangan sederhana akan membantu Anda lebih efektif dan efisien ketika berurusan dengan pajak(pembayaran dan pengurusan pajak).

Jika Anda punya laporan keuangan yang  Sederhana dan mudah dipahami dan bisnis perusahaan akan dijalankan lebih profesional dari sisi pencatatan, Perusahaan dapat mengelola dan mematuhi pajak dengan lebih mudah. Selain itu, jika bisnis Anda akan diaudit dan harus membuktikan beberapa atau semua item pada pembayaran pajak Anda, akan terasa lebih mudah untuk melakukannya dengan Laporan keuangan yang Sederhana dan tertib .

Baca juga alasan Mengapa perusahaan harus membayar Pajak

Standart untuk membuat laporan keuangan Sederhana adalah biasakan mencatat menggunakan metode akrual untuk setiap transaksi yang terjadi di perusahaan. Metode Akrual adalah suatu metode akuntansi di mana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat secara rutin ketika transaksi terjadi, bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi tersebut diterima atau dibayarkan.

Sebagai contoh kita menerima tagihan listrik bulan lalu, mulailah lakukan pencatatan walaupun kita belum membayar tagihan listrik tersebut dan waktu pembayaran listrik juga melakukan pencatatan atas biaya listril yang di keluarkan.

Jika masih kesulitan memahami dan mau memulai dengan cepat, Cara paling tepat adalah Menggunakan Software akuntansi untuk Membuat Laporan Keuangan Mudah Untuk Laporan Pajak. Keuntungan menggunakan software akuntansi adalah:

  • Software akuntansi sudah mempunyai standart akuntansi sesuai dengan SAK
  • Pengguna tidak perlu punya dasar akuntansi, karena software akuntansi otomatis menjurnal setiap ada transaksi yang di input.
  • Software akuntansi juga berhubungan dengan Pajak, salah satunya Pajak pertambahan nilai.
  • Laporan keuangan dan laporan lainnya yang sifatnya umum sudah tersedia otomatis di software akuntansi jadi tidak perlu repot untuk membuat laporan

Baca Juga Fitur software akuntansi Membantu Membuat Laporan keuangan Sederhana