Perkembangan bisnis online yang terjadi sekarang ini sudah sangat meningkat di Indonesia, keberadaan toko-toko retail yang berbasis offline atau biasa disebut konvensional sudah banyak yg tutup. Apalagi minat masyarakat untuk berbelanja instan membuat masalah tersendiri bagi bisnis retail sekarang ini dikarenakan kalah bersaing.

Menurut Chef Operating Office (CEO) gogobli, Joe Hansen, hal itu tak sepenuhnya benar lantaran faktanya ritel online di Indonesia baru mencapai 1,5 hingga 2 persen dari jumlah toko-toko produk lainnya. Ini membuktikan kalau toko-toko retail offline masih banyak di Indonesia,” kata Hansen dalam acara press Conference gogobli.
Setidaknya ada 7 masalah yang sering dihadapi Bisnis  ritel sekarang ini, sehingga membuat mereka kalah bersaing dengan toko-toko yang berbasis online.

  • Harga Jual

Harga jual Retail Online lebih murah dibandingkan retail konvensional, ini disebabkan retail online tidak memerlukan biaya yang cukup besar untuk operasional, seperti biaya sewa, biaya sales dan masih banyak biaya yang tidak harus dikeluarkan ketika usaha mengambil jalur retail Online

  • Mengikuti Permintaan Konsumen yang Berubah-Ubah

Preferensi konsumen akan selalu berubah-ubah, bahkan terkadang lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Sebagai pemilik bisnis retail, Anda harus bisa mengikuti trend di setiap musim dan kebiasaan belanja konsumen. Anda tidak perlu mengubah produk-produk Anda secara total di setiap musim, Anda hanya perlu menambahkan sentuhan yang berbeda pada produk Anda sesuai dengan trend saat itu. Singkatnya, Anda tidak boleh lupa berinovasi pada produk-produk Anda!

  • Loyalitas Pelanggan

Pengalaman pelanggan yang baik merupakan faktor utama dalam menciptakan loyalitas pelanggan terhadap brand. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh Bisnis Retail adalah membiarkan pelanggan lamanya pergi dan berpikir bahwa mereka bisa mudah menggantinya dengan pelanggan-pelanggan baru. Pola pikir seperti ini bisa membuat perusahaan Anda sulit bertahan lama.

Promosi dan penawaran khusus masih menjadi metode andalan pebisnis retail untuk menciptakan pengalaman bagi pelanggan Akan tetapi, kunci utamanya sebenarnya ada pada personalisasi. Untuk membuat pelanggan Anda loyal, Anda perlu mendekati mereka secara personal.

  • Mengelola Komunikasi Internal

Bisnis retail memiliki operasi yang lumayan kompleks dan mengelola komunikasi internalnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Tantangan ini terutama dihadapi oleh perusahaan retail berskala besar yang memiliki banyak divisi. Komunikasi yang tidak efisien antar divisi bisa menghambat kelancaran operasi bisnis retail.

Pebisnis retail harus memiliki suatu sistem untuk menyederhanakan proses komunikasi internalnya.

  • Meningkatkan Kinerja Staf

Retail merupakan salah satu industri dengan tingkat pergantian karyawan yang paling tinggi. Inilah mengapa meningkatkan kinerja staf adalah salah satu tantangan terberat dalam industri retail. Sementara itu, mengganti staf lama dengan yang baru membutuhkan tenaga dan biaya yang yang tidak sedikit.

  • Berpacu dengan Era Digital

Perilaku konsumen berubah dengan sangat cepat. Kini dengan semakin meningkatnya pertumbuhan eCommerce, konsumen lebih punya banyak pilihan sebelum membuat keputusan pembelian. Meskipun kehadiran eCommerce memiliki efek pada perubahan perilaku konsumen, tetapi penelitian membuktikan bahwa konsumen tetap suka melakukan pembelian untuk sebagian besar produk di toko fisik. Mereka biasanya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar produk dan membandingkan harganya, tetapi pada akhirnya akan tetap membelinya secara offline.

Seharusnya, fenomena pertumbuhan eCommerce tidak dianggap sebagai ancaman bagi pebisnis retail, melainkan sebagai peluang. Anda bisa menggabungkan bisnis Anda secara online dan offlineForbes mengatakan bahwa tingkat penjualan perusahaan retail yang memiliki website lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Pemasaran omnichannel bisa membantu Anda menjangkau audience yang lebih luas. Mudahkan konsumen dalam mencari informasi dan melakukan pemesanan untuk produk Anda melalui solusi eCommerce dan optimalkan dengan memasarkan produk Anda di mesin pencarian dan media sosial.

  • Tekhnologi Software POS dan Software Accounting

Kini sudah ada banyak Software yang dikembangkan untuk berbagai bisnis. Harga dan manfaat yang ditawarkan juga bermacam-macam. Pengusaha retail mencari solusi otomatis terbaik untuk menyederhanakan proses bisnis mereka untuk mencatat penjualan, ke stok barang dan juga sampai ke laporan keuangan. Proses usaha yang mudah dan sederhana namun terkesan modern juga sebagai daya tarik bagi konsumen untuk berbelanja. Seperti menggunakan Point of sales (POS) Moka dan Software Accurate .

POS Moka merupakan aplikasi penjualan untuk kasir yang dapat berjalan di android dan juga kIOS, aplikasi ini sudah banyak digunakan untuk retail karena terkesan sederhana, dikasir hanya menggunakan tablet dan printer kecil untuk transaksi, Selain Itu Jika Pebisnis retail ingin meningkatkan pencatatannya sampai ke laporan keuangan, Moka POS dapat di integrasikan secara online dengan software Accurate, yang merupakan software akuntansi berbasis Online, sehingga pebisnis dapat monitor usahanya dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga : Cara maximalkan Bisnis retail dengan Software Kasir