Skill Yang Harus Dimiliki Pebisnis Di Era Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnisnya

, ,

Abad 21 adalah era digital. Kamu hidup di dunia digital yang berkembang pesat. Hampir semua pekerjaan zaman sekarang sudah memiliki elemen digital. Itu sebabnya, para pengusaha, pekerja dan pencari kerja juga perlu memiliki digital skills, yang bukan sekadar “melek” cara penggunaan smartphone, namun harus mampu menguasai secara penuh pengoperasian komputer/laptop dan peralatan digital lainnya.

Terutama jika kamu seorang pebisnis atau pengusaha, dimana harus bisa menjalankan operasional dan mengatur keuangan perusahaan dengan baik. Kamu dituntut harus bisa memajukan bisnis kamu, sehingga perusahaan tidak merugi. Di era yang serba digital ini dibutuhkan skill yang mumpuni untuk mengatur itu semua. Yuk simak skill yang harus dimiliki pebisnis di era digital untuk meningkatkan daya saing bisnisnya.

1. Sosial Media

Seorang pebisnis harus bisa mengelola sosial medianya dengan baik. Karena Media Sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya. Terutama untuk para pebisnis dapat membangun personal branding dan sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

2. Website

Saat ini, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia digital. Dunia digital menjadi pilihan karena dapat dengan mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Salah satu media digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan adalah dengan menggunakan website. Website dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap mengenai bisnis yang dikerjaan serta memberikan info-info terbaru secara cepat. Hal inilah yang mendorong banyaknya perusahaan digital agency yang menawarkan web design untuk memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin membuat profil perusahaan melalui website. Untuk itu pengusaha harus memiliki skill untuk bisa mengelola wesite perusahaannya atau bisa menggunakan jasa Agency yang menawarkan web design kini sudah semakin banyak terutama di ibukota Jakarta

3. Analytics ( Perencana yang baik )

Those who fail to plan, plan to fail. Siapa yang gagal berencana. Berarti merencanakan kegagalan. Para pebisnis atau pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan menganalisa rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

4. Edit Video & Foto

Masih selalu tentang video dan foto marketing untuk bisnis Anda. Dalam dunia era informasi yang serba cepat, singkat dan instan ini para pembuat konten dibuat bingung untuk menyampaikan iklan. Mereka dituntut untuk menyampaikan keterangan produk maupun jasa dalam bentuk yang singkat, padat, namun jelas dan gamblang. Kini video adalah jawabannya. Keuntungan menggunakan video marketing terbukti sangat tepat sebagai solusi semuanya.Apalagi konten video sangat mudah diakses dari perangkat manapun. Sehingga konten video yang tepat dan cerdas akan sangat berguna untuk meningkatkan pemasaran produk Anda. Nah bagi pemilik usaha harus memiliki kemampuan untuk ini, tidak harus menggunakan tools yang mahal. Untuk pengusaha yang baru merintis bisnisnya, bisa menggunakan smartphone untuk membuat dan edit video, serta untuk memfoto produknya. Dikarenakan smartphone sekarang sudah dilengkap dengan tools yang lumayan lengkap juga, atau bisa mendownload berbagai aplikasi untuk mengedit video dan foto yang dihasilkan. Jadi mulai aja dulu, menggunakan tools yang sederhana.

5. Bikin Tulisan ( Copy Writing )

Menjual dengan tulisan itu sekilas terdengar mudah. Cantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian…selesai. Tapi apa yang terjadi selanjutnya?

Tidak ada orang yang mau membeli produk/jasa Anda.

Padahal di sisi lain ada saingan anda yang menjual produk yang SAMA PERSIS. Bedanya, dia punya lebih banyak pembeli.. dan pembelinya sangat antusias dengan barang yang dijual.

Mengapa bisa begitu?

Nah setiap pebisnis harus bisa membuat tulisan mengenai produknya, supaya banyak konsumen yang mengenal dan membeli produknya. Teknik menulis ini lebih dikenal dengan istilah “copy writing”, suatu teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain untuk membuat mereka — bukan hanya “ingin” membeli — tetapi “harus” membeli.

6. Software Akuntansi

 Jika perusahaan sudah mulai berkembang pesat, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengatur keuangan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi .

para pengusaha dapat dengan cepat dan akurat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dan dapat dengan mudah mengambil keputusan yang berhubungan dengan keberlangsungan hidup perusahaan kedepannya. Sehingga para pemilik usaha punya lebih banyak waktu untuk berinovasi, mengembangkan dan memasarkan produk untuk kemajuan perusahaan.

Zaman udah serba digital, sebagai pebisnis harus ikut bisa digital juga. Caranya yah kuasai 6 skill diatas. Dengan menguasai keenam skill tersebut, Anda akan dapat bersaing. Jadi tunggu apalagi, kuasain keenam skill tersebut.

Baca Juga :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *