Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim. Selama bulan puasa ini, segala amal ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain di sisi agama, bulan Ramadhan juga membawa rezeki bagi pebisnis. Ada banyak peluang bisnis sampingan yang menjanjikan yang bisa Anda jalankan.

Bagi Anda karyawan kantoran dan ibu rumah tangga, berbisnis saat Ramadhan akan menambah penghasilan bulanan. Keuntungannya lumayan untuk membantu perekonomian keluarga Anda.

Nah, bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa contoh usaha yang menguntungkan dan patut dicoba selama bulan suci Ramadhan di Indonesia.

Manfaatkanlah peluang untuk menjalankan bisnis di bulan Ramadhan ini karena kesempatan bisnis terbuka lebar.

Jika Anda tertari untuk mengumpulkan uang lebih demi Lebaran nanti, yuk cari tahu apa saja bisnis yang bisa dicoba di bulan suci ini.

  1. Jual Minuman Berbuka Puasa

Banyak pedagang menggelar stand jajanan kuliner buka puasa di pinggir jalan. Coba ikut berjualan seperti itu. Anda bisa menjual aneka makanan dan minuman takjil untuk berbuka puasa. Seperti kolak, gorengan, kue tradisional, kurma, es buah, sop buah, es cendol, es susu kacang, es kacang ijo, es kelapa muda, dan lain-lain.

  1. Usaha Katering Makanan

Tidak semua orang memiliki waktu guna menyiapkan makanan untuk sahur atau berbuka puasa. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka katering makanan, sekaligus menyediakan jasa antarnya.

Supaya lebih mudah, Anda bisa menawarkan paket katering mingguan atau bulanan. Setiap harinya, Anda menyajikan menu yang berbeda-beda supaya pelanggan tidak merasa bosan. Untuk harga dan menu yang disukai, Anda bisa melakukan tes pasar terlebih dahulu.

3.Menjual Perlengkapan Ibadah

Anda bisa menjual perlengkapan ibadah, seperti sajadah, peci atau songkok, sarung sembahyang/sholat, tasbih, dan kitab suci Alquran. Orang-orang beragama Islam membutuhkan berbagai perlengkapan ibadah tersebut dan jumlah permintaannya akan meningkat selama Ramadhan.

  1. Menjual Busana Muslim

Bisnis yang satu ini juga cukup menguntungkan. Biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri, orang-orang berniat untuk membeli pakaian baru supaya tampil lebih segar dan berbeda dari biasanya. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut guna mendapatkan uang tambahan.

Apabila Anda merasa memiliki selera yang bagus dalam dunia mode, peluang bisnis menjanjikan ini sudah pasti cocok untuk Anda.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus peka terhadap perkembangan mode dan cari tahu model baju seperti apa yang sekiranya akan disukai oleh pelanggan Anda.

  1. Jasa Membuat Parcel

Anda orang yang kreatif? Yuk, coba bisnis membuat parsel. Parsel sering menjadi hadiah Lebaran sebagai tanda silaturahmi, yang biasanya dikirimkan kepada teman, keluarga, atau rekan kerja.

Dari waktu ke waktu, pembuatan parsel pun semakin kreatif. Bentuk, warna, dan ukurannya sangat bervariasi.

Anda bisa mencoba untuk membuat beberapa jenis parsel dengan harge berbeda-beda, sebelum menawarkannya kepada pelanggan.

Mislanya, ukuran small dengan harga Rp250.000, medium dengan harga Rp500.000, dan large dengan harga Rp750.000. Anda juga bisa menawarkan kartu Lebaran secara gratis untuk ditulisi ucapan.

  1. Jual Kue Kering

Menjelang Idul Fitri, cobalah berbisnis kue kering khas Lebaran, seperti kue putri salju, nastar, lidah kucing, dan sebagainya. Banyak orang yang tidak sempat membuat kue Lebaran sendiri. Jadi, Anda bisa menjual kue-kue kering per stoples untuk mereka yang merayakannya.

  1. Menjual Menu Ketupat

Ketupat sudah jadi makanan pokok di kala Lebaran. Karenanya, pasti makanan ini sangat dicari-cari.

Nah, kalau Anda bisa membuat ketupat sendiri, mengapa tidak sekalian menjualnya? Modalnya tidak terlalu besar, tapi keuntungan yang didapat bisa lumayan menambah pemasukan sehari-hari.

Supaya lebih lengkap, Anda juga bisa menawarkan makanan pendamping ketupat. Misalnya, opor ayam, rendang, semur, juga sambal goreng ati.

  1. Jasa Rental Mobil

Sejak jauh-jauh hari, orang-orang sudah mulai berburu tiket transportasi untuk pulang ke kampung halaman alias mudik.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang tidak kedapatan tiket sehingga membutuhkan kendaraan sendiri. Maka tidak heran apabila banyak yang memilih untuk menyewa mobil.

Nah, jika Anda memiliki mobil sendiri dan Anda tidak pulang kampung, sewakan saja mobil Anda. Hitung-hitung, pundi-pundi uang bisa masuk ke kantung Anda, kan?

Ya, itulah dia 7 peluang bisnis menjanjikan di bulan Ramadhan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jika Anda sudah menjalani bisnis di atas dari tahun ke tahun, inilah saat yang tepat untuk semakin memaksimalkan keuntungan Anda.

Tentu Anda ingin usaha yang dijalani tersebut bukan hanya sekadar lewat saja, bukan?

 

Baca Juga : Mudahnya Pembukuan Untuk UKM