Dalam rangka menyambut Hari Kartini, para wanita Indonesia tentu akan diingatkan dengan sosok yang telah mengangkat derajat wanita agar memiliki peran dan keterlibatan yang sama dengan pria. Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang lebih dikenal dengan sebutan RA. Kartini adalah seorang pahlawan nasional dari kaum perempuan yang menggelorakan emansipasi wanita. Meskipun telah tiada,  semangat RA Kartini tidak pernah padam dan selalu menjadi inspirasi bagi para wanita masa kini. Sikap hidup RA Kartini tidak hanya memperbaiki derajat para wanita, tetapi lebih jauh lagi jasa beliau sangat berpengaruh dalam setiap aspek kehidupan

RA Kartini mampu memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap wanita di Indonesia. Kini, banyak wanita Indonesia yang sukses meraih mimpi dan cita-citanya. Bahkan, kesuksesannya itu bisa memberikan dampak positif kepada wanita-wanita yang lainnya. Kesuksesan Kartini masa kini ternyata tidak hanya dilihat dari tercapainya apa yang diinginkan saja, tetapi juga mampu mengolah finansialnya dengan baik. Sikap-sikap yang dimiliki oleh RA Kartini patut untuk dicontoh dan diteladani. Para pebisnis juga dapat belajar bisnis dari meneladani sikap beliau. Dengan begitu, para pebisnis akan lebih mudah dalam meraih kesuksesan.

Sejak era Kartini, semakin banyak wanita yang membuktikan kemampuan nya dan menunjukan bahwa wanita juga memiliki kemampuan, bakat dan pemikiran yang tidak kelah dengan kaum pria,hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis , banyak wanita yang berhasil merintis usaha dan sukses menjalankan bisnis tersebut hingga sukses.

Bagi para wanita Indonesia yang ingin  memulai bisnis atau sedang merintis sebuah bisnis berikut adalah beberapa Sifat teladan dari RA Kartini yang dapat kamu jadikan inspirasi.

  1. Sifat Optimis

RA Kartini adalah orang yang optimis dan selalu melihat ke depan, sifat inijuga penting dimiliki oleh para pengusaha wanita yang ingin sukses berbisnis, optimis dan yakin bahwa usaha yang dirintis akan sukses dan akan menjadi salah satu modal utama untuk terus giat dan berusaha maksimal untuk mencapai suatu tujuan. Dan bahkan jika tujuan ini telahberhasil kamu capai, kamu masih punya tujuan yg  lebih target yang lebih tinggi yang harus juga kamu capai.

  1. Selalu sederhana dan rajin

Sebagai seorang bangsawan, RA Kartini tidak pernah menampilkan gaya hidup yang mewah. Sebaliknya, beliau selalu berusaha untuk tetap sederhana dan mengalokasikan kekayaannya untuk pendidikan , Kartini memiliki pandangan yang tidak memperdulikan status sosial. Beliau adalah wanita yang mudah bergaul dengan siapapun dan menjadi sosok yang sederhana. Walaupun dia adalah anak seorang bangsawan, Kartini tetap mau berteman dengan siapa saja. Hal itu terbukti saat ia menikah. Pada pesta pernikahannya, Kartini lebih memilih untuk tidak mengadakan pesta dan tidak mengenakan baju pengantin. Bagi Kartini, hidup dalam kesederhanaan akan mencegah kesengsaraan di masa depan.

Sifat sederhana ini juga perlu dimiliki oleh seorang pengusaha wanita. Wanita biasanya senang berpenampilan mewah dan elegan. Namun untuk merintis usaha, semua  kemewahan ini harus dilupakan sejenak sebagai modal awal untuk merintis usaha. Selain itu, pengusaha wanita juga harus meneladani sikap Kartini yang pandai bergaul. Memiliki banyak teman juga akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha Anda. Semakin banyak teman, semakin banyak pula peluang yang akan Anda miliki untuk memasarkan bisnis dan mendapatkan konsumen.

. Selain itu, beliau merupakan orang yang sangat rajin meskipun ia tidak bersekolah ia memiliki semangat belajar yang tinggi, ia senang membaca buku untuk menambah wawasannya,semangat ini ini perlu dimiliki oleh seorang pengusaha wanita agar terus mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi, Sikap ini dapat kamu terapkan saat menjalankan sebuah bisnis. Ketika kamu semakin sukses, justru yang harus dilakukan adalah menampilkan hidup yang semakin sederhana.

3.  RA Kartini merupakan sosok merakyat

Meskipun terlahir sebagai seorang bangsawan, tetapi darah nasionalis tetap mengalir di dalam dirinya. Oleh karena itu, beliau tidak lupa bahwa jati dirinya adalah seorang WNI sehingga sikapnya terhadap masyarakat di sekitar sangat baik. Sosok tersebut yang membuat beliau semakin dihormati dan disegani di berbagai kalangan. Sikap yang merakyat sangat penting dimiliki oleh para pebisnis. Dengan memiliki sikap rendah hati, seorang pebisnis tidak mudah dan terlena saat mencapai kesuksesan.

Itulah beberapa sifat yang bisa diteladani oleh para pebisnis wanita dan dijadikan inspirasi untuk menjalankan bisnisnya agar lebih maju lagi. Tidak hanya sifat Kartini yang menginspirasi, para pebisnis wanita pun juga perlu memanfaatkan teknologi modern untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu teknologi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi pembukuan online untuk mempermudah pembukuan usaha kamu

Baca Juga : Pebisnis Harus Memanfaatkan Teknologi Modern Untuk Pengembangan dan Kemajuan Bisnis nya