Apa yang Penting?

Untuk Meynentukan rasio yang akan di gunakan, perhatikan jenis usaha dan umur Usaha Anda, serta posisi dalam siklus bisnis dan apa yang Anda cari. Sebagai contoh, sebuah uasaha barangkali memerlukan sejumlah besar aktiva tetap, gedung, tanah, peralatan dan sebagainya, sdangkan jenis usaha yang lain hanya memerlukan sedikitit aktiva tetap saja. Rasio dalam uraian pertama merupaka rasio yang  membantu Anda mengukur seberapa baik Anda menggunakan aktiva tetap.

Sebuha Jenis usaha lain barangkali memerlukan persediaan yang banyak, atau hanya cukup untuk keperluan darurat saja. Dalam kasus ini, perputaran persediaan sangat penting, dan apabila tidak tersedia, Anda tidak akan mampu membayar biaya-biaya jangka pendek. Namum, sebalimya, Anda merasa harus memiliki dalam jumlah banyak untuk memuaskan para pelaggan Anda.

Umur usaha Anda merupkan hal yang penting. Apabila Anda telah membuka usaha tiga sampai lima tahun pertama dan memiliki likuiditas, Anda mungkin tertarik memeprluas usaha tersebut. Dalam hal ini, rasio profitabilitas dan efisiensi akan menjadi faktor yang sangat Anda perlukan. Berhati-hatilah untuk menjaga agar usaha Anda tetap seimbang.

Beberpa usaha bergantung pada musim sehingga penjualan semakin banyak terjadi selama periode tertentu pada tahun-tahun tertentu. Selama masa naik dan turunnya siklus tersebut, rasio dapat sangat berberda. Rasio menjadi penting untuk mengamati periode-periode tersebut karena rasio tersebut menggambarkan hal-hal yang diperlukan. Sebagai contoh, Apabila Anda mengharap adanya penjualan yang banyak, namum tidak kunjung terjadi, atau apabila Anda mengantisipasi periode penjualan yang lesu, maka anda akan memerlukan likuiditas untuk merealisasikannya. Apabila Anda melakukan penjualan secara kredit, Anda perlu mengamati waktu penagihan antara penjualan dan pembayarannya. Kalau Anda tidak ingin terjadi kekurangan modak lerja.

Akhirnya apabial Anda merencanakan untuk memperkuas usaha, Anda harus mampu menunjukkan laba secara tetap yang sejalan sengan industri usaha Anda. Stuktur utang yang rendah juga akan membantu Anda mempengaruhi para peminjam untuk memberikan uang yang Anda perlukan pada tingkat laba yang menguntungkan

 

Accurate Business Center

Pusat Penjualan Accurate Accounting Software