Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ramadhan

,

Bulan Ramadhan segera tiba. Bagi pebisnis, Ramadhan menjadi bulan penuh berkah. Di Ramadhan, terkadang akan terjadi lonjakan penjualan yang akan mendorong juga meningkatnya omzet bisnis atau omzet toko anda. Ada cukup banyak persiapan Ramadhan yang harus disiapkan oleh pengusaha.

Sebagai pengusaha, Ramadhan tidak boleh berlalu begitu saja, harus disiapkan secara matang demi untung yang maksimal. Jangan pernah sia-siakan, agar bisnis anda bisa memanfaatkan bulan Ramadhan untuk bisnis Anda. Ide bisnis Ramadhan bisa dijadikan momentum menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Sumber : shopback.co.id

Apa saja yang harus anda siapkan untuk menyambut bulan penuh berkah ini? Akan banyak persiapan demi mendongkrak omzet anda di bulan Ramadhan kali ini. Dengan persiapan yang matang, Anda akan mampu mendapatkan hasil yang maksimal.

Persiapan Menjelang Ramadhan Bagi Pebisnis

Siapkan Tema

Tema sangat penting, Anda wajib menyiapkan tema Ramadhan terlebih dahulu untuk menarik pelanggan agar berkunjung ke toko Anda. Jangan sampai, Ramadhan tanpa tema. Dengan tema yang jelas, bisa menarik konsumen.

Siapkan Promo

Banyak pelanggan yang menanti promo di Ramadhan. Sebagai pebisnis baik itu di toko fisik atau toko online, Anda harus menyiapkan berbagai promo yang bisa membantu anda dalam mendongkrak pembelian di Ramadhan.

Apa saja sejenis promo yang anda siapkan, tentunya harus sesuai dengan tema yang anda siapkan. Promo potongan harga bisa anda sematkan di setiap produk yang anda jual di toko pada Ramadhan kali ini. Dengan promo, biasanya pelanggan akan berbondong-bondong datang dan belanja di toko anda.

Siapkan Hadiah

Promo Ramadhan

Kalau anda tidak mau menyiapkan promo, Anda bisa menyiapkan hadiah buat pelanggan anda. Tentunya hadiah bisa diberikan ketika pelanggan belanja dengan nominal tertentu. Anda bisa mencoba hal ini untuk Ramadhan.

Dengan adanya hadiah yang diperoleh, bisa menarik konsumen untuk belanja dan datang ke toko anda. Apa lagi jika hadiahnya cukup menarik buat mereka gunakan di hari raya lebaran nanti. Misal, jika pelanggan belanja Rp 1 juta, ia akan mendapatkan koper mudik atau bisa mendapatkan hadiah tiket bus dengan nominal tertentu.

Siapkan Poin Loyalitas

Sekarang musim poin. Hampir semua aplikasi di internet saat ini memiliki poin loyalitas. Termasuk ketika kita berbelanja di department store memberikan poin ketika berbelanja. Termasuk maskapai penerbangan jika seorang membeli tiket langsung ke website.

Anda juga bisa menerapkan sistem poin di toko anda untuk para pelanggan. Jika poin terkumpul dalam jumlah tertentu, konsumen dapat menukarkan produk dalam jumlah tertentu. Poin merupakan salah satu cara agar konsumen memiliki ikatan dengan toko anda.

Belanja dan Beramal

Selain promo yang berkaitan dengan keuntungan, bagi pelanggan, pelanggan di Indonesia di bulan Ramadhan, rasa kepedulian akan meningkat. Ini bisa menjadi salah satu promo agar anda bisa menyiapkan satu campaign bisnis yang berkaitan dengan amal.

Misal, Anda bisa menyisihkan setiap rupiah yang disumbangkan dari konsumen yang belanja digunakan untuk beramal. Contohnya, untuk buka bersama anak yatim, memberi kado kepada anak yatim, atau memberi makanan sahur untuk kaum dhuafa dan banyak program lainnnya.

Cara ini sangat ampuh dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan campaign belanja dan juga beramal. Sehingga bisnis anda bisa memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap sesama. Ini cukup bisa mendongkrak bisnis anda loh.

Siapkan Sistem Keuangan

Di Ramadhan tentunya bisnis anda akan terjadi peningkatan transaksi yang signifikan. Sebelum terlembat, Anda harus menyiapkan sistem keuangan bisnis yang baik. Misal menggunakan platform kasir yang memudahkan anda dalam mengelola pembayaran bisnis dengan sistem backend pembukuan yang akurat dengan Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah dalam mencatat ratusan transaksi penjualan yang terjadi dalam sehari. Baik itu transaksi yang terjadi melalui toko fisik maupun transaksi dari toko online anda yang ada di marketplace. Sebab, saat ini Accurate Online sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia, yakni Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Dengan persiapan yang cukup matang dan terukur menjelang Ramadhan, tentunya ini akan membawa berkah untuk toko anda. Pelanggan pada datang dan bertransaksi hingga toko anda mendapatkan jumlah omzet yang signifikan untuk bisnis anda selama satu bulan.

Baca Juga : 7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *