Panjangnya cuti Lebaran di tahun ini tentunya jadi kabar gembira bagi sejumlah karyawan. Pasalnya, cuti yang cukup panjang ini bisa jadi salah satu jalan untuk refreshing dari tumpukan pekerjaan dan berkumpul bersama keluarga setelah hampir setahun penuh sibuk bekerja dengan bidang masing-masing.

Namun, agar Anda dapat menikmati waktu liburan cuti Lebaran 2019  ini dengan perasaan aman dan nyaman (terlebih saat meninggalkan kantor), maka Anda wajib melakukan beberapa persiapan. Persiapan apa saja yang dimaksud? Yuk simak artikel di bawah ini

 

Rapikan meja kerja dan simpan file penting pada tempat yang aman

 

Hal ini penting dilakukan sebelum Anda menikmati cuti Lebaran panjang nanti. Anda wajib memastikan semua file terutama yang penting dan ada hubungannya dengan data rahasia perusahaan yang jadi tanggungan Anda tersimpan di tempat yang aman. Laci mungkin bisa jadi pilihan konvensional untuk menyimpan file atau data penting, akan tetapi di zaman serba digital seperti sekarang ini ada pilihan lebih mudah dalam menyimpan dan mengatur file perusahaan yang sifatnya rahasia seperti urusan administrasi keuangan.

Agar lebih mudah dan aman, maka memanfaatkan software Online seperti bisa jadi pilihan utama. Semua fitur yang berhubungan dengan penyimpanan file penting dijamin akan tersimpan dengan baik karena sistem keamanan yang terintegrasi dan dilindungi.

 

prioritaskan tugas yang harus segera dikerjakan

 

Agar nyaman dan aman saat cuti Lebaran nanti, maka persiapan pertama yang perlu Anda lakukan adalah membagi prioritas tugas yang harus diselesaikan sebelum liburan. Saran kami, utamakan tugas kantor yang lebih mendesak untuk segera diselesaikan sebelum liburan.

 

Mematikan segala alat elektronik di meja kerja terutama komputer

Jika Anda tidak ingin menjumpai komputer Anda rusak sekembalinya dari liburan, ada baiknya jika sebelum cuti Lebaran Anda mencabut stop kontak yang terhubung dengan listrik. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti contoh hubungan pendek arus listrik yang mengakibatkan kebakaran.

Selain itu, Anda juga wajib mem-backup segala data yang ada pada komputer atau server sebelum berlibur. Hal ini akan bermanfaat jika sampai terjadi malfunction selama libur Lebaran pada sistem yang menyebabkan data Anda hilang.

Bagi yang menggunakan laptop, sebaiknya hindari membawa pulang laptop jika memang Anda tak berniat membawa pekerjaan saat berlibur. Sebagai gantinya, simpan laptop Anda di tempat yang aman.

 

Membuat semacam to-do-list

 

Ini persiapan yang tak kalah penting lainnya sebelum Anda memutuskan untuk menikmati cuti Lebaran panjang nanti. Agar saat masuk kerja nanti sudah siap dan tidak ‘jetlag’ maka ada baiknya Anda menyiapkan semacam to-do-list apa saja yang akan dikerjakan setelah masuk.

Isinya bisa dimulai dari deadline pekerjaan yang masih tersisa dan wajib dikerjakan sesegera mungkin. Atau dokumen apa yang harus segera dikerjakan dan diselesaikan. Selain to-do-list, agar lebih afdol maka Anda juga bisa membuat dokumentasi atau catatan kecil soal batas kemajuan terakhir dari pekerjaan Anda.

 

Itulah tadi beberapa persiapan yang wajib dilakukan agar nanti saat tiba waktu cuti Lebaran Anda bisa aman dan nyaman menikmati saat berkumpul dengan keluarga tanpa ada beban pikiran pekerjaan. Semoga bermanfaat!