Modal merupakan merupakan syarat utama yang harus dipenu. Tanpa modal yang cukup, hi untuk memulai bisnis usaha. Tanpa modal usaha di pastikan kegiatan bisnis tidak akan mudah berjalan.Tetapi bagaimana jika mau memulai usaha tetapi modal tidak mencukupi atau mau mengembangkan bisnis tapi terkendala dengan dana. Salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah meminjam uang di Bank sebagai modal usaha.

Bank biasanya akan memberikan bantuan pinjaman jika di sertai dengan jaminan berupa asset dalam bentuk berwujud, dan ada syarat-syarat yang harus di penuhi agar Bank mau memberikan bantuan modal usaha bagi bisnis kita. beberapa cara agar Bank memberikan pinjaman modal usaha dengan syarat sebagai berikut:

Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan

Dokumen merupakan hal penting untuk bahan pertimbangan Bank untuk memutuskan memberikan pinjaman atau tidak. Beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah laporan keuangan, fotokopi KTP, kartu keluarga, dan lain sebagainya. Untuk lebih meyakinkan pihak Bank, akan lebih baik jika Anda melampirkan surat legalitas usaha. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan dengan rapi sehingga memudahkan pihak Bank untuk melakukan analisa.

Memberikan Jaminan yang Dibutuhkan Pihak Bank

Ketika ingin meminjam modal usaha dari Bank, biasanya pihak Bank akan meminta jaminan. Sebagai bahan pertimbangan, jaminan diharapkan mampu meng-cover modal yang akan dipinjamkan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika pihak Bank akan menyetujui permohonan Anda yang memiliki bisnis menjanjikan sekalipun jaminan tersebut tidak mampu meng-cover modal yang diberikan.

Perhatikan Catatan Riwayat Kredit

Catatan riwayat kredit adalah catatan tentang bagaimana kredit yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dari catatan ini, pihak Bank akan mencari tahu bagaimana status dari kredit Anda sebelumnya. Apa termasuk ke dalam kategori peminjam yang baik dengan melakukan pembayaran tepat waktu atau termasuk dalam kategori peminjam yang buruk. Jika memang riwayat kredit Anda dinilai baik, maka kemungkinan besar pihak Bank akan menyetujui pengajuan kredit Anda. Sebaliknya, jika riwayat kredit Anda buruk, maka Bank akan  menolak permohonan Anda.

Laporan Keuangan Usaha

Saat melakukan peminjaman modal usaha di Bank, Salah satu yang membuat Bank yakin kita dapat membayar kredit tepat waktu adalah dengan memberikan laporan keuangan perusahaan, Laporan keuangan perusahaan merupakan gambaran kinerja perusahaan dari awal berdiri sampai per tanggal laporan keuangan dibuat. Pertanyaannya bagaimana membuat laporan keuangan sesuai yang diinginkan Bank. Bank pada umumnya mau laporan keuangan tidak dibuat secara manual tetapi laporan keuangan dihasilkan melalui software akuntansi yang sudah di kenal di masyarakat, seperti software Accurate. Software Accurate merupakan software akuntansi yang sudah sesuai dengan standart PSAK dan tidak perlu di ragukan karena sudah digunakan oleh 180 ribu perusahaan di seluruh Indonesia.