Liburan lebaran telah usai. Setelah menikmati beberapa waktu untuk merayakan Hari Raya Lebaran sekaligus menjalani liburan, banyak dari kita yang harus kembali ke rutinitas biasa. Biasanya, di hari pertama kerja setelah liburan seperti sekarang ini, kita masih terbawa aktifitas yang santai sehingga cenderung malas dan kurang bersemangat untuk melakukan pekerjaan.

Mungkin banyak dari kamu yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja pekerjaan menjadi berantakan sehingga kena teguran dari atasan.

Untuk mengatasi rasa malas ini, ada baiknya kita melakukan trik berikut ini.

1. Datang ke tempat kerja lebih awal


Datanglah ke tempat kerja lebih awal dari yang biasanya kita lakukan. Hal ini akan membuat kita memiliki kesempatan untuk membiasakan diri kembali dengan ritme di tempat kerja. Selain itu, biasanya di awal-awal hari kerja setelah liburan ini pekerjaan belum benar-benar banyak sehingga kita masih sempat menyapa atau bertanya kabar pada rekan-rekan kerja. Obrolan santai ini bisa membuat kita kembali bersemangat bekerja nantinya.

2. Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan kamu selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. cobalah untuk menyusun prioritas terlebih dahulu tentang pekerjaan mana yang harus diselesaikan dengan lebih cepat atau yang bisa diselesaikan lebih mudah. Begitu satu pekerjaan bisa selesai dengan baik, kita biasanya akan lebih bersemangat melakukan pekerjaan yang lain. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerjamu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat.

 

3. Jangan langsung serius

Jangan langsung mengadakan rapat atau membahas hal-hal yang serius. Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu. dan Biasanya, hal pertama yang akan orang lakukan di tempat kerja setelah liburan adalah mengecek banyaknya e-mail yang diabaikan selama liburan. Seringkali, terdapat e-mail yang penting yang bisa menjadi patokan apa yang perlu dilakukan saat bekerja nantinya.

4 . Atur waktu dengan bijak

Pekerjaan yang menumpuk mendorong kamu untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah kamu ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kamu bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kamu untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

Naaah Semoga tips diatas dapat membantu kamu untuk lebih semangat lagi delam menjalankan aktifitas kantor kamu lebih semangat lagi..