[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]

[av_image src=’https://solusiaccurate.com/wp-content/uploads/2019/06/Cara-membuat-laporan-arus-kas-dengan-menggunakan-software-akuntansi.png’ attachment=’4662′ attachment_size=’full’ align=’center’ styling=” hover=” link=” target=” caption=” font_size=” appearance=” overlay_opacity=’0.4′ overlay_color=’#000000′ overlay_text_color=’#ffffff’ animation=’no-animation’ admin_preview_bg=”][/av_image]

[/av_one_full][av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]

[av_textblock size=” font_color=” color=” admin_preview_bg=”]
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan pada suatu periode. Untuk itu, dalam menyusunnya dibutuhkan data dan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas. Sebagai contoh, pendapatan akan dicatat sebagai arus kas masuk, adapun pendapatan yang dimaksud adalah pendapatan secara tunai. Sementara arus kas keluar dapat diperoleh dari beban-beban yang harus dibayar perusahaan.

Arus kas (cash flow) adalah hal paling signifikan yang harus banyak diperhatikan ketika Anda mulai menjalankan usaha. Segalanya bisa berjalan dengan lancar pada awalnya sampai ketika tiba-tiba arus kas mulai mencapai hambatan dan Anda mulai harus memenuhi pembayaran gaji atau putus asa mencari pembiayaan yang dapat menghabiskan banyak waktu dalam jangka panjang.

Cara mudah Membuat Laporan Arus Kas dengan Software Akuntansi

Software akuntansi pada umumnya adalah software yang sudah wajib digunakan di semua perusahaan, dan fungsi utama dari software akuntansi adalah mengumpulkan data informasi transaksi dan mengelolanya menjadi laporan keuangan secara otomatis. Salah satu komponen laporan keuangan adalah laporan arus kas.  Berikut adalah manfaat menggunakan software akuntansi untuk mempermudah membuat laporan arus kas.

Hasilkan Proyeksi Arus Kas Bulanan

Proyeksi arus kas adalah perkiraan uang yang Anda harapkan mengalir masuk dan keluar dari bisnis Anda, termasuk semua pendapatan dan pengeluaran yang diproyeksikan selama periode tertentu. Meskipun proyeksi arus kas biasanya mencakup periode 12 bulan, Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keuangan yang ingin Anda lihat dengan memperpendek waktu periode perkiraan, seperti sebulan atau bahkan seminggu.

Untuk pemilik usaha kecil, memproyeksikan arus kas akan membantu memberi gambaran yang lebih jelas tentang ke mana bisnis menuju dan bagaimana Anda dapat melakukan perbaikan di sepanjang prosesnya. Proyeksi arus kas juga membantu menumbuhkan manajemen kas yang baik dan memberi Anda kemungkinan untuk melakukan perencanaan lebih awal, misalnya dengan memiliki proyeksi yang dapat membantu Anda memprediksi surplus atau kekurangan kas yang masuk, sehingga kemudian Anda akan siap untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data tersebut.

Bisnis biasanya melacak arus kas (cash in dan cash out) setiap bulan. Penting untuk mencatat arus masuk dan keluar uang tunai dalam bulan yang akan terjadi, sejak bulan ketika Anda melakukan penjualan atau pertama kali mendapatkan tagihan.

Mempercepat Arus Kas

Semakin cepat Anda membawa uang ke bisnis Anda, maka semakin cepat Anda akan beralih dari  jalur kredit, dan juga akan memperlancar arus kas. Bagaimana melakukannya dengan software akuntansi? Ada beberapa fungsi sederhana dan berguna dari perangkat lunak akuntansi (software akuntansi) yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat arus kas masuk Anda, seperti:

a. Mengirimkan faktur atau invoice secara profesional

Jika Anda masih menggunakan surat biasa atau jika Anda mengirim email ke faktur dari akun email Anda sendiri, sekarang saatnya beralih ke software akuntansi Anda. Dengan software akuntansi, Anda dapat mengirimkan penagihan lebih cepat, profesional, dan hemat biaya tanpa harus bingung memikirkan desain fakturnya. Dengan mengirimkan faktur secara cepat dan efisien, maka Anda akan menghasilkan uang tunai dan arus masuk yang lebih cepat ke dalam kas Anda.

b. Memiliki akses untuk secara teratur memeriksa piutang Anda

Memiliki piutang Anda dalam sistem pencatatan software akuntansi berarti memudahkan Anda untuk melacak akun yang belum dibayar, dan memutuskan kapan untuk mulai mengejar pembayaran terlambat. Biasanya sistem akuntansi online yang berbasis cloud akan memberi pengingat yang memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa saja yang masih memiliki utang pada Anda sampai tanggal jatuh tempo, sehingga Anda dapat cepat menindak lanjuti dengan mengirim tagihan berikutnya atau menghubunginya secara langsung.

Memperlambat Arus Kas Keluar

Menggunakan software akuntansi dapat membantu mempertahankan uang dalam bisnis Anda dengan memperlambat arus kas keluar. Bagaimana melakukannya? Melalui fitur biaya, Anda dapat dengan mudah melacak pengeluaran Anda, yang sudah dibayar, akan jatuh tempo, ataupun yang telah jatuh tempo. Dengan begitu, Anda dapat membuat perencanaan untuk melakukan pembayaran lebih awal untuk menghindari biaya dan bunga tambahan serta kemungkinan untuk mendapatkan diskon.

Baca juga : Software akuntansi Top brand Indonesia
[/av_textblock]

[/av_one_full]