Ketika membangun sebuah bisnis, Anda akan memiliki aset. Banyak pengusaha yang beranggapan bahwa aset itu adalah sesuatu yang terlihat dan bisa dipegang. Padahal ada beberapa aset tidak berwujud yang bisnis Anda miliki secara tidak sadar.

Sebagai pengusaha, Anda harus mengetahui apa saja aset yang dimiliki secara tidak berwujud. Sehingga Anda bisa memahami mengenai berbagai aset yang dimiliki oleh setiap bisnis. Meskipun memang secara umum, aset selalu memiliki bentuk dan wujud. Tetapi ada beberapa aset yang tidak memiliki wujud dan kasat mata.

Menurut PSAK 19 (revisi 2009) yang dimaksud aktiva tidak berwujud adalah aset non-moneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik. Aktiva atau aset ini dimiliki untuk dimanfaatkan untuk menghasilkan atau menyerahkan barang atau jasa, disewakan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif. Di dalam akuntansi, diakuinya sebuah aktiva tak berwujud apabila:

 

  1. Perusahaan berpotensi akan mendapatkan manfaat ekonomi di masa yang akan datang dari aset tersebut.
  2. Biaya biaya dalam perolehannya bisa diukur dengan andal.

Aktiva tak berwujud diakui sebesar harga perolehan. Kemudian pada periode selanjutnya dilaporkan sebesar nilai tercatatnya.

Apa saja Jenis asset tidak berwujud :

1. Hak Cipta

Diberikan pada penulis atau pencipta untuk menjual, mengawasi, atau menerbitkan hasil karyanya. Hak cipta dapat dijual kepada pihak lain dengan perjanjian yang telah disepakati. Harga perolehan hak cipta meliputi pengeluaran mulai penyusunan sampai pengurusan ijin hak cipta hingga sertifikat hak cipta diterima.

2. Hak Paten

Anda menemukan ide baru, dan itu menjadi hal yang belum pernah ada di tempat lain bahkan di seluruh dunia? Anda bisa menjual dan mengawasi ide tersebut dalam waktu tertentu. Penemuan ini akan menjadi milik Anda, namun Anda harus mendaftarkannya dulu ke Pemerintah agar Anda bisa memilikinya secara sah.

Jika di Indonesia, untuk mendaftarkan hak paten bisa datang langsung ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Jenis aset yang di paten kan umumnya sebuah produk atau logo yang Anda buat.

Hak paten yang diberikan akan menjadi eksklusif. Sehingga semua pihak, baik itu lembaga ,ataupun individu tidak bisa sembarangan menggunakan produk atau logo yang sudah di patenkan. Jika melanggar akan dikenakan sanksi.

Namun pemberian hak paten ini memiliki jangka waktu, umumnya 17 tahun. Sehingga Anda harus segera memperpanjang hak paten tersebut ketika masa berlakunya akan habis. Agar tidak ada pihak yang mengambil hak paten Anda.

3. Hak Merek Dagang

Merk dagang menjadi salah satu aset tidak berwujud yang dimiliki oleh setiap bisnis. Merek dagang sendiri merupakan nama yang diberikan atas suatu produk atau jasa. Baik itu beruba kata, slogan, dan simbol serta gambar yang menjadi pembeda dengan merek lainnya.

Harga untuk mendapatkan merk dagang dibuat sendiri oleh perusahaan dan semua biaya yang berhubungan dengan usaha pembuatan serta pendaftarannya. Sementara, jika Anda mendapatkan merk dagang dengan membeli dari pihak lain, harga perolehannya sebesar harga beli.

4. Franchise

Menggunakan fasilitas tertentu dari suatu pihak ke pihak lain sebagai franchisee. Pihak franchisee hanya diperkenankan menggunakan hak franchise sesuai dengan kesepakatan, tidak berhak menjual hak franchise kepada pihak lain. Bagi pihak franchisor harga perolehan hak franchise sebesar dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan izin hak franchise, sedangkan bagi franchisee harga perolehan sebesar harga yang diberikan kepada franchisor.

 

5. Goodwill

Anda berniat ingin melakukan akuisisi perusahaan lain? Goodwill akan muncul ketika Anda sebagai pemilik perusahaan akan melakukan pembelian terhadap perusahaan lainnya.

Goodwill muncul ketika Anda melakukan pembayaran atas perusahaan lain, dengan harga pasar. Selisih yang terjadi dalam pembelian tersebut dikenal dengan istilah goodwill. Arti lain dari goodwill yakni presentasi angka yang lebih besar daripada nilai buku yang sudah di bayarkan.

Proses goodwill akan timbul, karena ada aktivitas pembelian suatu perusahaan. Yang mana harga perusahaan akan lebih besar dari kekayaan bersih sebuah perusahaan tersebut. Namun, apabila perusahaan dibeli dengan harga yang lebih rendah dari kekayaan perusahaan, ini akan disebut dengan istilah goodwill negatif.

6. Leasehold

Bisnis Anda belum mampu membeli suatu aset tetap seperti mesin dan kantor? Namun Anda ingin menyewa aset tetap tersebut? Jika hak Anda sebagai penyewa untuk menggunakan aset tetap dalam perjanjian sewa menyewa kepada pihak lain, ini disebut dengan leasehold.

Bila sewa yang dibayar dimuka dikategorikan sebagai aktiva lancar atau aset tetap tidak berwujud, maka harus dialokasikan sebagai beban periodik selama jangka waktu sewa. Bila jangka waktu sewa cukup panjang, serta dibayar dimuka di catat dalam aset tetap tidak berwujud.

Rekening sewa digunakan untuk mencatat uang sewa yang dibayar di muka dan dikelompokan dalam aset tetap tidak berwujud ini dikenal dengan istilah leasehold. Leasehold termasuk menjadi aset tidak berwujud yang wajib diketahui oleh para pengusaha.

Biaya Penelitian dan Pengembangan

Ketika usaha atau bisnis Anda sudah cukup besar dan mapan. Terkadang bisnis membutuhkan penelitian dan pengembangan produk maupun jasa. Semua biaya penelitian dan pengembangan tersebut masuk sebagai aset tidak berwujud bagi bisnis Anda.

Demikianlah macam-macam aset tidak berwujud yang harus Anda ketahui sebagai pengusaha dan pebisnis. Jika bisnis Anda belum begitu besar, tidak semua macam aset tak berwujud di atas bisa Anda gunakan maupun terapkan. Namun, kedelapan macam tersebut bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda dalam berbisnis.

Karena aktiva tak berwujud ini sangat penting dalam menentukan masa depan perusahaan. Jika Anda bingung untuk menentukan mana aktiva tak berwujud dan yang berwujud, Anda bisa berkonsultasi kepada akuntan Anda ataupun akuntan terbatas. Dan Setelah Anda mengetahui mana saja yang menjadi aktiva tidak berwujud dari perusahaan , maka Anda bisa segera mencatatkannya dalam laporan keuangan Anda. Agar laporan keuangan selalu tercatat rapi, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi online. Klik di sini untuk memperoleh informasi selengkapnya tentang Accurate Online dan nikmati tawaran free trial 30 hari dari kami.