Tutup buku merupakan istilah di bagian keuangan di perusahaan.untuk meng-cut off atau menutup pelaporan di akhir periode. Tutup buku atau cut off mempunyai fungsi untuk mengakhiri pencatatan atau pelaporan didalam siklus akuntansi di akhir periode pembukuan. Tutup buku biasanya dibagi 2 bagian, yaitu tutup buku pada akhir bulan dan pada akhir tahun.

Konsep dari tutup buku sebenarnya sederhana, hanya menyelesaikan laporan di akhir bulan atau di akhir tahun dan hanya mengambil saldo akhir dari lapora sebelumnya dan menjadikannya sebagai saldo awal di laporan bulan berjalan atau di tahun berjalan atau penjelasan secara akuntansinya dalah pemindahan nilai saldo akhir setiap akun-akun di Neraca menjadi saldo awal untuk bulan atau tahun berikutnya, sedangkan nilai saldo akhir setiap akun-akun di Laba Rugi ditutup dan dipindahkan ke akun laba tahun berjalan (current year earnings) setiap bulannya dan laba tahun berjalan akan ditutup dan dipindahkan ke laba ditahan (retained earnings) pada akhir tahun setelah tutup buku akhir tahun.

Manfaat Tutup Buku

Tutup buku merupakan kegiatan yang wajib dilakukan baik di bidang akuntansi dan audit. Cut-off juga harus dilakukan meskipun proses akuntansi dikerjakan menggunakan software akuntansi. Hal ini karena banyak manfaat yang akan diperoleh dengan melakukan tutup buku, baik untuk pihak internal maupun eksternal perusahaan. Diantaranya seperti:

  1. Mengetahui posisi keuangan dan kekayaan perusahaan dengan cara melihat nilai akhir  dari laporan Neraca.
  2. Mengetahui atau menilai kinerja keuangan perusahaan dengan melihat nilai akhir dari laporan Laba-Rugi.
  3. Membentuk saldo awal di bulan/tahun/periode atas akun-akun yang ada di Neraca dengan merujuk saldo akhir periode sebelumnya.
  4. Menganalisis rasio keuangan.
  5. Melakukan pembagian dividen dari laba ditahan setelah tutup buku akhir tahun.
  6. Sebagai langkah akhir cut-off data keuangan.

Tutup Buku di Accurate

Tutup buku di accurate terdapat menunya dari menu file atau berkas, dan pilih tutup buka perusahaan atau cut off. Cara ini sebenarnya mudah karena hanya tinggal ikuti langkah-langkahnya. tetapi terkadang karena datanya terlalu banyak yg dipindahkan sering mengalami error sistem saat mengerjakannya.

Tutup Buku menggunakan Database baru (Create new branch)

Tujuan dari menggunakan database baru serta menggunakan create new branch antara lain :

  1. Memperkecil ukuran database.
  2. Sebagai sarana Tutup buku/tutup tahun.
  3. Untuk mengubah metode persediaan Costing Barang di data baru ( FIFO / AVERAGE ).

Menu nya melalui File-Create new branch. Bila menjalankan fitur ini, yang terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Accurate akan membuatkan database baru
  2. Accurate akan memindahkan data master secara otomatis seperti, daftar akun, daftar persediaan, daftar pelanggan, daftar vendor dan juga daftar aktiva tetap
  3. Transaksi akan kembali di kosongkan atau transaksi dari database sebelumnya tidak terbawa.

Jadi bila sudah melakukan cara di atas, apabila di database sebelumnya ingin lebih di refresh seperti daftar barang yang  dua kali input, nama-nama barang yang tidak dipakai lagi, Cara ini bisa digunakan untuk cara lain untuk tutup buka walaupun untuk saldi awal, kita harus input kembali satu per satu atau dengan cara Import dari format excel.

Demikian salah satu fitur yang terdapat di software Accurate, untuk Informasi lengkap mengenai Accurate, bisa langsung Klik berikut