Manfaat Akuntansi Bagi perusahaan, Akuntansi sangat berperan penting dalam suatu perusahaan, maju berkembangnya suatu usaha dapat di lihat dari system akuntansi yang ditetapkan,jika proses akuntansi di lakukan dengan baik dan benar sesuai prosedur dan bukti – bukti transaksi maka perusahaan itu akan di ilai baik dan kredibel, namun jika yang terjadi sebaliknya maka perusahaan itu akan di nilai tidak kredibel,

Akuntansi memiliki fungsi lain termasuk akuntansi keuangan yakni sebagai yakni sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan termasuk catatan atas laporan keuangan untuk pihak-pihak yang berkepentingan terhadap aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Contohnya, untuk mengetahui  maju mundurnya suatu perusahaan bisa dinilai dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Selain itu, akuntansi juga berfungsi sebagai dasar perhitungan pajak perusahaan dan sebagai bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin menanamkan modal dan asset mereka. Hasil proses akuntansi yang biasanya berupa laporan keuangan merupakan cerminan kinerja sebuah perusahaan.

Dalam akuntansi , anda pasti mengenal Sistem Informasi AKuntansi (SIA) atau system akuntansi yang berhubungan dengan masalah akuntansi

Tujuan dari SIA adalah untuk mengumpulkan, memproses, dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan aspek keuangan dari kegiatan bisnis perusahaan. Tujuan SIA ini terlihat juga pada fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi, yaitu :

  1. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
  2. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
  3. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.

Manfaat dari SIA bagi perusahaan dapat di lihat dari poin-poin berikut ini :

  1. Meningkatkan efisiensi
  2. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  3. Meningkatkan sharing knowledge
  4. Menambah efisiensi kerja bagi bagian keuangan
  5. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  6. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

Komponen Sistem Informasi Akuntansi merupakan gabungan dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang saling terhubung dan terbentuklah SIA perusahaan. Diawali dari data yang diinputkan oleh manusia kemudian dilakukan pemrosesan data sesuai prosedur yang berlaku sehingga hasilnya akan berupa informasi akuntansi. Agar hasil dari informasi akuntansi bisa akurat, aktual, dan berguna untuk user. Berikut ini komponen SIA bagi perusahaan :

  1. Prosedur, menjadi aturan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan.
  2. Manusia jadi operator system
  3. Transaksi, menjadi objek yang akan diinputkan kemudian dilakukan pemrosesan sehingga menghasilkan informasi.
  4. Prosedur, menjadi aturan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan.
  5. Peralatan, menjadi alat atau sarana yang digunakan untuk pencatatan pada sistem informasi.
  6. Dokumen, sebagai formulir yang berfungsi untuk sarana pencatatan saat transaksi terjadi.

Dari penjelasan diatas system informasi akuntansi menjadi peran penting untuk kemajuan suatu perusahaan, dengan adanya SIA perusahaan bisa melakukan semua kegiatan dengan tersistem dan efisien, Dapat di bayangkan jika SIA di suatu perusahaan tidak berjalan dengan baik, maka semua akan terhambat dan bisnis akan terhenti, tidak hanya itu dalam mengembangkan perusahaan Anda juga harus mempunyai administrasi keuangan yang baik SIA di gambungkan dengan administrasi keuangan yang baik maka hasilnya akan semakin baik.

Accurate Online adalah system administrasi yang dapat membantu perusahaan anda dalam mengelola kauangan perusahaan Anda, di dalam nya terdapat fitur-fitur akuntansi yang terintegrasi dan dapat membantu pembukuan di perusahaan anda, disamping itu Accurate online juga berbasis web jadi anda bisa mengerjakan pekerjaan anda dengan mobile , Dapatkan free akses selama 30 hari sekarang juga.