Pusing Hitung Biaya Operasional Usaha, Accurate Online Solusinya !

, ,

Biaya merupakan komponen terpenting dalam akuntansi manajemen dan akuntansi biaya suatu perusahaan. Biaya operasional merupakan biaya yang tidak bisa dihindari dalam berbisnis. Pemilik usaha, sering sekali mengabaikan biaya operasional. Padahal biaya operasional merupakan salah satu biaya yang yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha. Jika Anda gagal mengendalikan biaya operasional, bersiaplah untuk merugi. Dengan mengendalikan biaya operasional perusahaan, dapat mengontrol pengeluaran sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan.

Pengertian dari biaya operasional yaitu biaya yang harus dikeluarkan oleh pelaku usaha, baik usaha skala besar maupun kecil harus mengeluarkan biaya operasional. Bagi UKM yang bergerak dalam bidang produksi maupun jasa, biaya operasional merupakan hal penting untuk diperhatikan. Hampir setiap usaha membutuhkan biaya operasional untuk menjalankan usahanya.

Sehingga biaya operasional ini menjadi hal yang krusial dalam mengatur cash flow serta budget usaha. Anda harus memperhatikan dan mengendalikan biaya operasional sebaik mungkin sehingga antara pengeluaran dan pemasukan bisa lebih besar pemasukan. Jangan sampai biaya operasional melebihi apa yang Anda dapatkan. Kecuali ketika bisnis masih dalam proses membangun.

Jika digolongkan sesuai dengan fungsi pokok perusahaan, maka biaya operasional dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar, yaitu biaya produk dan biaya non-produksi. Berikut uraian masing-masing kelompok biaya operasional tersebut.

  • Biaya produksi, yaitu semua biaya yang berhubungan dengan fungsi produksi, atau semua biaya dalam rangka pengolahan bahan baku menjadi produk selesai yang siap dijual. Biaya produksi ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu biaya bahan baku (harga perolehan bahan baku yang digunakan untuk produksi), biaya tenaga kerja langsung (balas jasa kepada tenaga kerja), dan biaya overhead pabrik (seluruh biaya untuk mengonversi bahan baku menjadi produk jadi).
  • Biaya non-produksi, pada umumnya, biaya jenis ini dapat digolongkan menjadi biaya pemasaran (untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk), serta biaya administrasi dan umum (biaya untuk mengoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk).

Sementara itu, apabila digunakan sebagai variabel dalam suatu penelitian, biaya operasional bisa berpengaruh terhadap profitabilitas sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan dalam suatu perusahaan, umumnya terdapat laporan laba rugi yang di dalamnya terdapat unsur-unsur biaya operasional yang memengaruhi laba rugi usaha suatu perusahaan.

Apabila pendapatan usaha lebih besar daripada biaya operasional yang dikeluarkan, maka akan terjadi keuntungan pada perusahaan dan laba usaha. Dan, apabila pendapatan usaha lebih kecil dari biaya operasional yang dikeluarkan, maka akan terjadi rugi atau penurunan pada laba yang akan didapatkan.

Bagaimana Mengendalikan Biaya Operasional?

Tentunya ada beberapa cara untuk mengendalikan biaya operasional usaha. Jangan sampai Anda tidak bisa mengendalikan biaya operasional usaha, jika itu terjadi akan berakibat fatal terhadap jalannya bisnis.

Identifikasi Biaya Operasional

Anda wajib selalu melihat berapa biaya yang sudah keluar setiap harinya. Jangan sampai Anda tidak pernah mengecek biaya operasional dan berapa biaya yang keluar setiap bulannya. Hal ini akan sangat merugikan usaha Anda. Disinilah Anda harus memiliki catatan khusus untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang telah Anda keluarkan selama satu bulan penuh. Pantaulah biaya operasional setiap tiga bulan sekali.

Ketika di bulan keempat, maka Anda coba perhatikan apakah biaya tersebut bisa dilakukan perencanaan ulang dengan menekan biaya-biaya lain yang bisa ditekan. Hindari biaya-biaya tak terduga yang bisa saja terjadi kapanpun.

Untuk melakukan identifikasi biaya operasional bulanan, mingguan maupun harian sebaiknya Anda sudah mulai berinvestasi software pembukuan atau software akuntansi pada komputer usaha. Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk mengidentifikasi biaya operasional usaha. Dengan Accurate Online, Anda bisa melihat biaya apa yang bisa Anda kurangi dan tidak, dan mencetak laporan laba rugi sebagai alat pertanggungjawaban penggunaan biaya operasional.

Usahakan, setiap transaksi keluar yang dilakukan wajib menggunakan kuitansi atau bukti transaksi. jangan sampai Anda tidak menyimpan kuitansi-kuitansi biaya keluar. Kuitansi ini akan berfungsi untuk memantau pengeluaran biaya operasional. Seperti halnya Accurate yang bisa langsung membuatkan Anda invoice biaya operasional usaha serta Anda bisa menyimpan hasil kuitansi pada usaha.

Buatlah Saldo Percobaan

Ketika Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online Anda bisa memasang biaya percobaan bulanan atau mingguan. Atau membuat sebuah laporan keuangan mengenai limit uang yang harus digunakan untuk mengeluarkan biaya operasional setiap bulannya. Sehingga Anda bisa mengendalikan biaya operasional yang harus dikeluarkan baik itu bulanan maupun mingguan.

Kecuali di bulan itu, Anda harus menambah jumlah karyawan atau membeli alat produksi, maka adanya kelebihan dalam saldo percobaan merupakan hal yang wajar. Bila ada biaya keluar yang besar pada hari tertentu, pastikan biaya itu akan tetap menopang keuangan bisnis Anda.

Pentingnya sebuah software akuntansi seperti Accurate Online pada komputer usaha Anda salah satunya untuk mengidentifikasi hal seperti ini. Sehingga Anda tetap bisa mengatur jumlah biaya yang harus keluar setiap bulannya.

Jangan Lupa Buat Laporan Laba Rugi

Biaya operasional akan masuk dalam laporan laba rugi pada setiap bulan yang akan Anda buat. Sehingga Anda bisa mengetahui jumlah laba bersih dari laba kotor dikurangi dengan biaya operasional. Nantinya, pada laporan laba rugi yang dibuat akan terlihat juga biaya operasi.

Biaya operasi ini akan menjadi alat analisis Anda sebagai pemilik usaha. Sehingga Anda bisa memantau berapa jumlah beban usaha dengan penjualan bersih. Jika biaya operasinya cukup rendah, maka hal itu akan semakin baik pada usaha yang Anda miliki.

Ketiga hal tersebut bisa menjadi acuan Anda untuk mengendalikan biaya operasional usaha. Memang sebaiknya Anda menggunakan software pembukuan Accurate Online agar bisa lebih baik dalam mengendalikan biaya operasional usaha Anda. Sehingga Anda memiliki batasan limit untuk mengeluarkan biaya operasional.

Semoga apa yang dibahas di atas dapat menjadi acuan Anda untuk bisa lebih baik dalam mengontrol biaya operasional usaha, sehingga Anda bisa menekan biaya operasional jika memang ada biaya yang tidak begitu diperlukan.

Sumber artikel :

http://solusiukm.com/accurate-online-solusi-mudah-mengendalikan-biaya-operasional-usaha/

https://harga.web.id/pengertian-dan-klasifikasi-biaya-operasional.info

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *