Indonesia memiliki jumlah UKM (Usaha Kecil Menengah) sekitar 60 juta. Angka tersebut cukup besar. UKM selalu dianggap sebagai penggerak perekonomian negara, kehadiran UKM yang tidak hanya ada di kota-kota besar, membuat UKM menjadi satu cara pengentas kemiskinan, dan mengurangi pengangguran. Namun UKM memiliki problem-problem yang belum juga terselesaikan. Kendala terbesar UKM saat ini lebih kepada masalah keuangan, permodalan dan pembukuan usaha.

Disiplin dalam pembukuan usaha belum banyak yang diterapkan oleh pemilik usaha di Indonesia, banyak pemilik UKM enggan belajar mengenai pembukuan, mereka menganggap pembukuan bukanlah hal penting bagi usaha yang mereka jalankan. Pembukuan sebenarnya sangat penting bagi jalannya usaha, tanpa adanya pembukuan maka sangat sulit melihat total biaya yang digunakan. Baik itu biaya harian, bulanan maupun biaya tahunan.

Akuntansi bukanlah perkara mudah. Setingkat perusahaan besar saja masih sering terjadi kesalahan pada penghitungan akuntansi, apa lagi jika Anda adalah seorang pengusaha UKM yang pada dasarnya tidak memiliki ilmu akuntansi. Sering sekali pebisnis mengalami kendala dalam melakukan proses akuntansi pada bisnis.

Ketika penghitungan akuntansi Anda salah, secara tidak langsung Anda bisa mengalami kerugian. Mengapa? Sebab akuntansi merupakan sebuah proses identifikasi, pengukuran, dan alat informasi bagi para pengusaha. Jika pada perusahaan, akuntansi menjadi informasi yang wajib ditujukan kepada pemilik perusahaan hingga kepada pemegang saham.

Dan masalah yang kedua pelaku UKM selalu merasa kesulitan mendapatkan modal. Baik itu modal dari pemerintah maupun modal dari pihak perbankan. Pemerintah dan perbankan tidak memberikan pinjaman kepada UKM tentunya memiliki alasan yang jelas, umumnya UKM di Indonesia tidak memiliki pembukuan yang baik dan rapih.

Entah mengapa UMKM di Indonesia belum begitu banyak yang mau mengadopsi software akuntansi, terutama software akuntansi online yang saat ini sedang gencar di kampanyekan di luar negeri. Banyak dugaan banyaknya UMKM yang tidak memakai software akuntansi karena mereka tidak dihuni oleh generasi-generasi milenial yang paham akan teknologi dan selalu mengikuti tren teknologi yang ada.

Mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online tentunya sangat menguntungkan bagi pelaku usaha. Hal ini sudah dirasakan oleh banyak pelaku usaha yang sudah mencoba menggunakan software akuntansi untuk pengelolaan keuangan bisnis mereka.

Sebelum memahami betapa pentingnya software akuntansi digunakan oleh pelaku usaha terhadap bisnis mereka. Sebagai pengusaha, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai konsep akuntansi. Sebab, jika Anda tidak mengerti mengenai konsep akuntansi Anda pun akan sulit menerapkan akuntansi pada usaha yang Anda miliki.

Konsep akuntansi yang dikenal luas adalah gambaran yang detail, jelas mengenai pertanggungjawaban keuangan bisnis atau usaha yang dijalankan. Tujuannya sangat jelas, untuk mengatur cashflow usaha dan bisa memantau kondisi keuangan usaha Anda.

Dengan mengerti konsep dasar akuntansi, maka Anda bisa memahami betapa pentingnya akuntansi pada bisnis Anda. Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, tentunya akan membantu Anda dalam mengelola bisnis dengan lebih baik dengan bantuan teknologi.

Penggunaan Software akuntansi di Indonesia

Sebelum perkembangan internet cukup pesat di Indonesia, penggunaan software pun sebagian besar masih dalam tahap offline. Mungkin mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online tidak begitu dikenal dan dipahami.

Ribetnya menggunakan software offline, Anda harus melakukan instalasi pada software yang akan Anda gunakan. Hal ini berlaku pada semua jenis software yang digunakan. Termasuk dalam pemasangan antivirus, Anda pun harus memasang antivirus dengan di install pada komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.

Termasuk software akuntansi, Anda harus menginstall software tersebut di dalam komputer atau laptop Anda. Setelah itu, Anda bisa menggunakan software tersebut, dan penyimpanan yang menggunakan harddisk komputer milik Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan software akuntansi, maka Anda bisa menggunakan software pengelolaan angka yang sudah tersedia dari komputer dan laptop Anda seperti Microsoft Excel. Namun terdapat kesulitan yang sering ditemukan dalam pengelolaan data keuangan menggunakan Excel. Seperti penggunaan rumus-rumus yang harus dipahami oleh para penggunannya.

Hal inilah yang membuat banyak pengusaha lebih memilih untuk menggunakan software akuntansi. Dimana software akuntansi ini memudahkan dalam pembukuan usaha. Anda tidak perlu lagi menghafal rumus Excel, menggunakan banyak sheet di excel untuk membedakan jurnal umum, neraca, cashflow, hingga menjadi laporan keuangan.

Tentunya untuk mengolah data dari buku besar, jurnal, neraca, catatan piutang, maka akan membutuhkan waktu yang lama dan juga membutuhkan tenaga yang cukup lama untuk menghasilkan laporan keuangan dari data-data yang ada.

Belum lagi, jika komputer atau laptop Anda terserang virus, bagaimana Anda mengatasinya? Padahal data keuangan yang Anda buat belum Anda back up. Hal ini akan menyullitkan Anda, terlebih data keuangan tersimpan di komputer Anda.

Kehadiran software akuntansi tentunya membantu kita semua sebagai pelaku UMKM dalam mengelola keuangan. Sebab, data yang kita miliki akan tersimpan lebih aman dan setiap laporan keuangan baik itu laporan laba rugi, dan laporan lainnya bisa tersusun secara rapih dan baik dengan bantuan software akuntansi. Sehingga mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Online

Saking sulitnya menggunakan Excel, dengan kehadiran software akuntansi akan memudahkan Anda untuk mengelola keuangan bisnis. Terutama software akuntansi online. Mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online pun akan lebih mudah dan data keuangan Anda bisa tersimpan dengan aman, karena menggunakan cloud.

Dengan bantuan mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online, tentunya akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan. Tidak memerlukan waktu lama untuk membuat laporan, dan Anda tidak perlu takut komputer atau laptop yang Anda gunakan rusak.

Sebab, dengan software akuntansi online, bisa menyusun laporan keuangan dan menyimpan data keuangan usaha Anda dengan baik di dalam cloud. Bahkan dengan bantuan software akuntansi online, Anda bisa mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online dimanapun dan kapanpun. Hal penting yang harus Anda ingat, Anda harus log in dengan akun dan password yang telah Anda buat untuk masuk ke dalam software akuntansi online tersebut.

Anda merasa tidak aman dengan penyimpanan cloud dari software akuntansi online? Jika Anda takut, maka Anda tidak perlu takut lagi, sebab kini sudah ada private cloud. Dimana Anda bisa menyimpan data keuangan milik usaha Anda dengan menggunakan server tersendiri.

Apa itu Private Cloud?

Baca Juga :

Panduan Instalasi Accurate Online Private Cloud 

Mengelola keuangan UMKM dengan software akuntansi online memang belum dipahami oleh banyak pengusaha di Indonesia. Banyak pengusaha yang takut kalau data mereka bisa di hack oleh orang lain. Padahal tidak, Anda bisa menggunakan software akuntansi online yang memiliki fasilitas Private Cloud. Seperti yang tersedia pada software akuntansi online Accurate.

Jika Anda menggunakan Accurate Online (AOL) maka Anda diberikan fasilitas private cloud. Tentunya dengan private cloud ini Anda bisa menyimpan data keuangan secara aman data keuangan tersimpan pada pusat data milik bisnis.

Meskipun saat ini, private cloud belum banyak digunakan, kecuali oleh perusahaan-perusahaan multinasional dan perusahaan asing yang ada di Indonesia.

Bahkan tidak dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tapi hal itu tidak perlu Anda takuti, sebab dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat maka private cloud akan dikenal secara sendirinya oleh masyarakat Indonesia, dan akan digunakan oleh UMKM.