Seberapa manfaat atau pentingnya informasi akuntansi bagi perusahaan maupun pelaku bisnis. Para pemakai informasi akuntansi biasanya memiliki tujuan yang berbeda tergantung pada kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, sistem informasi akuntansi dari perusahaan bisnis harus dirancang dengan cara yang sesuai standar akuntansi dan menghasilkan laporan untuk memenuhi kepentingan semua pihak pemakai informasi akuntansi.

Berikut kita akan mengenal pemakai informasi akuntansi  dalam dua jenis yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal. Pengguna internal termasuk manajer dan pemilik (Owner) sedangkan pengguna eksternal bisnis termasuk investor, kreditor, pemasok, instansi pemerintah, masyarakat umum, pelanggan dan karyawan.

Pemakai Informasi Akuntansi Internal

Pengguna internal adalah pemakai informasi akuntansi yang biasanya menggunakan campuran informasi manajemen dan akuntansi keuangan. Berikut adalah penjelasannya secara singkat :

1. Manajemen

Manajemen menggunakan informasi akuntansi untuk mengevaluasi dan menganalisis kinerja dan posisi keuangan organisasi, untuk mengambil keputusan penting dan tindakan yang tepat dengan meningkatkan kinerja bisnis dalam hal profitabilitas, posisi keuangan dan arus kas. Salah satu peran utama manajemen adalah menetapkan aturan dan prosedur untuk mencapai tujuan organisasi.

Untuk tujuan ini, manajemen menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem manajemen keuangan organisasi.

2. Pemilik (Owner)

Pemilik menginvestasikan modal untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan tujuan utama untuk memperoleh laba. Mereka membutuhkan informasi yang akurat untuk mengetahui apa yang telah mereka terima atau hilang selama periode waktu tertentu. Pemilik adalah pemakai informasi akuntansi yang memutuskan tindakan masa depan perusahaan seperti ekspansi bisnis.

Dalam skala yang lebih kecil (seperti kepemilikan perseorangan dan kemitraan) pemilik sendiri biasanya juga menjalankan fungsi manajemen.

Pemakai Informasi Akuntansi Eksternal

Pengguna eksternal biasanya hanya menggunakan informasi akuntansi keuangan. Beberapa pihak pemakai informasi akuntansi eksternal dan kebutuhan mereka atas informasi tersebut secara singkat akan dijelaskan dibawah.

1. Investor

Dalam kebanyakan sistem perusahaan, kepemilikan sering terpisah dari manajemen. Biasanya investor menyediakan modal dan manajemen menjalankan bisnis.

Investor adalah pemakai Informasi akuntansi yang aktual dan potensial. Investor menggunakan informasi ini untuk mengetahui bagaimana dana mereka digunakan oleh manajemen dan apa yang diharapkan dari kinerja bisnis di masa depan dalam hal profitabilitas dan pertumbuhan. Atas dasar informasi ini, mereka memutuskan apakah akan menambah atau mengurangi investasi di perusahaan di masa depan. Investor potensial menggunakan informasi akuntansi untuk memutuskan apakah perusahaan tertentu cocok untuk kebutuhan investasi mereka.

2. Kreditor

Kreditor atau pemberi pinjaman adalah individu atau lembaga keuangan yang biasanya meminjamkan dana dan mendapatkan penghasilan bunga atas pinjaman tersebut. Mereka adalah pemakai informasi akuntansi yang menggunakan laporan tersebut untuk menilai kinerja, arus keuangan dan meninjau jaminan yang sesuai. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan yang akan mereka pinjamkan akan dapat mengembalikan jumlah pokok serta membayar bunga yang ada.

3. Pemasok (Supplier)

Pemasok adalah individu atau organisasi bisnis yang biasanya menjual bahan mentah ke bisnis lain secara kredit. Dalam skala bisnis besar, pemasok adalah pemakai informasi akuntansi  yang menggunakan laporan tersebut dengan tujuan agar mereka memiliki gambaran tentang kelayakan kredit masa depan dari perusahaan tersebut. Hal ini juga untuk memutuskan apakah mereka akan terus menyediakan pasokan barang baku pada perusahaan tersebut atau tidak.

4. Instansi pemerintah

Instansi pemerintah menggunakan informasi keuangan bisnis untuk tujuan mengenakan besaran pajak yang sesuai dan sesuai peraturan yang berlaku.

5. Masyarakat Umum

Masyarakat umum juga merupakan pemakai informasi akuntansi perusahaan yang biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan, riset dan parameter.  Contohnya adalah:

  • Sebagai sumber data bagi mahasiswa akuntansi dan keuangan.
  • Sebagai sumber data berharga bagi mereka yang meneliti tentang dampak perusahaan pada individu dan ekonomi secara keseluruhan.
  • Sebagai sumber informasi tentang masa depan suatu perusahaan tertentu.

6. Pelanggan

Informasi akuntansi juga berdampak sangat penting kepada pelanggan Anda. Pelanggan Anda tentu ingin mengetahui tentang posisi bisnis Anda saat dan pada akhirnya mereka akan membuat penilaian tentang masa depan bisnis Anda.

Pelanggan dalam hal ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu :

  • Produsen yaitu produsen di berbagai tahap produksi. Produsen pada setiap tahap pemrosesan memerlukan jaminan bahwa perusahaan yang bersangkutan akan terus menyediakan input seperti bahan mentah, suku cadang, komponen dan dukungan dll.
  • Grosir dan pengecer produk Anda. Pedagang dan pengecer harus diyakinkan akan persediaan produk yang konsisten.
  • Pengguna akhir atau konsumen akhir. Pengguna akhir atau konsumen akhir tertarik dengan ketersediaan produk dan aksesori terkait secara berkelanjutan.

Karena alasan ini, bisa dipastikan bahwa pelanggan adalah pemakai informasi akuntansi yang penting.

7. Karyawan

Karyawan yang dianggap sebagai pengguna eksternal informasi akuntansi adalah mereka yang tidak memiliki campur tangan dalam manajemen inti bisnis. Mereka membutuhkan informasi akuntansi hanya dikarenakan masa sekarang dan masa depan mereka terikat dengan keberhasilan atau kegagalan perusahaan tersebut. Keberhasilan dan profitabilitas bisnis memastikan keamanan kerja, remunerasi yang lebih baik, promosi kerja dan manfaat pensiun.

Baca Juga : Mengenal arti atau bagian dari sistem akuntansi

Anda bisa membuat laporan akuntansi mulai dari laporan laba rugi, laporan neraca dan lain lain dengan mudah dan akurat dengan bantuan software akuntansi. Pilihlah software akuntansi yang sudah dipakai banyak perusahaan, hal itu sebagai pembuktian bahwa software akuntansi tersebut sudah teruji dan sudah terbukti. Anda bisa mencoba Accurate Accounting Software. Software akuntansi yang sudah banyak dipakai berbagai entitas bisnis, mulai dari perusahaan besar maupun UMKM.