Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur adalah bisa diartikan sebagai pelaku individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar keuntungannya.

Seorang Entrepreneur umumnya dilihat sebagai inovator, sumber ide-ide baru, barang, jasa dan bisnis atau prosedur.

Entrepreneur memainkan peran penting dalam ekonomi. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan saat ini dan masa depan. Kemudian juga membawa ide-ide baru yang bagus ke pasar.

Pengusaha yang berhasil akan mengambil risiko dan usahanya akan menghasilkan keuntungan dan peluang pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Namun sebaliknya, untuk mereka yang gagal akan mengalami kerugian dan akan kehilangan pasar.

Seorang bisa dikatakan entrepreneur ketika dia berhasil menjual atau memasarkan apa yang orang butuhkan saat tidak ada orang lain menjual barang yang sama. Alasan mengapa mereka dianggap entrepreneur, karena dia dapat menciptakan bisnis baru dan juga menjadi inovator.

Sebagai entrepreneur tentunya harus memulai usaha atau bisnis baru, membangun organisasi dengan memenuhi apa yang dia lihat sebagai kebutuhan pasar yang tidak terpenuhi.

Kemudian seorang entrepreneur juga harus bisa menjadi pendiri bisnis yang dirintis sejak kecil. Namun, tidak setiap pendiri bisnis atau pemilik usaha kecil adalah entrepreneur. Bisnis yang mulai menyediakan produk atau layanan yang mirip seperti yang sudah ada di pasar tidak dianggap sebagai entrepreneur, walaupun mereka menyediakan produk atau layanan yang lebih unggul dari kompetitor.

Beberapa pakar bisnis mengatakan bahwa entrepreneur merupakan bawaan atau suatu sifat yang didapat saat lahir. Namun sebagian orang percaya bahwa siapa pun dapat menjadi pengusaha sukses. Berikut adalah karakteristik dan sifat yang diperlukan untuk menjadi entrepreneur :

Passion

Ketika anda berbicara dengan pengusaha sukses, Anda akan hampir selalu mendengar kata passion. Ketika mereka menggambarkan apa yang mereka lakukan. Mengikuti hasrat kemauan dari diri sendiri adalah salah satu kesuksesan terbaik.

Berpikir mandiri

Pengusaha sering berpikir di luar konteks dan tidak terpengaruh oleh orang lain yang mungkin mempertanyakan ide-ide mereka.

Optimisme

Sulit untuk berhasil dalam hal apa pun jika Anda tidak percaya pada hasil yang baik. Pengusaha adalah pemimpi dan percaya ide-ide mereka, bahkan mungkin ketika mereka tampaknya tidak mungkin tercapai.

Kepercayaan diri

Tidak hanya pengusaha yang memiliki kepercayaan diri. Namun setiap pekerjaan perlu kepercayaan diri. Seorang pengusaha tidak pernah memiliki keraguan diri. Mereka mampu mengatasinya dan percaya mereka dapat mencapai tujuan mereka.

Visi

Seorang entrepreneur  pastinya memiliki visi. Visi sebagai elemen yang sangat diperlukan. Ini membantu untuk mengetahui tujuan akhir Anda ketika Anda memulai. Lebih jauh, visi adalah bahan bakar yang mendorong Anda maju menuju tujuan Anda.

Fokus

Seorang pengusaha harus fokus pada tujuan bisnis yang dikembangkannya. Hal ini terutama berlaku untuk pebisnis pemula. Pengusaha sukses fokus pada apa yang akan membawa hasil.

Berorientasi pada tindakan

Pengusaha tidak mengharapkan sesuatu dari ketiadaan dan mereka tidak menunggu sesuatu terjadi. Mereka adalah pelaku dan penjemput bola. Mereka selalu mengatasi tantangan dan menghindari penundaan.

Kesimpulan

Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha mungkin bisa jadi mimpi dari kebanyakan orang. Memiliki usaha sendiri, bekerja sesuka hati tidak memiliki atasan dan hal menarik lainnya yang Anda bayangkan saat menjadi pengusaha sukses.

Namun itu salah, menjadi pengusaha sukses harus melalui perjalanan panjang dan berliku. Sekalipun pengusaha tidak memiliki atasan, namun ia memiliki tanggung jawab yang besar dengan apa yang ia pasarkan kepada masyarakat atau kliennya. Mental sangat penting saat Anda memilih untuk menjadi seorang pengusaha.

Dalam membangun sebuah bisnis, sistem pembukuan juga adalah hal yang penting, Cash is king. Anda harus melakukan pembukuan dengan benar pada bisnis kecil Anda, karena banyak hal dalam pembukuan yang berhubungan langsung dengan keberlangsungan bisnis Anda. Contohnya adalah : Perpajakan, stok, dan perhitungan laba rugi juga laporan keuangan lainnya yang nantinya berguna untuk Anda saat menjadi seorang entrepreneur.

Baca Juga : Mengenal Cara Ilmu Marketing & Branding

Accurate Accounting Software

#accuratejakarta

#accuratetangerang

#accuratebekasi

#accuratekemayoran

#accuratepalzasemanggi

#accuratearthagading

#accurategajahmada

#accurateambasador

#accuratetamanpalem

#accuratekuningan

#accuratejakartaousat