Setiap perusahaan pasti mengharapkan profit yang sebesar-besarnya, dan untuk mendapatkan profit dibutuhkan strategy penjualan untuk mencapai target yang diinginkan. Menjalankan strategy penjualan di perusahaan biasanya mengandalkan marketing yang handal untuk membuat strategy penjualan berjalan dengan lancar. Dengan banyaknya usaha kecil yang bermunculan saat ini, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat para konsumen. Meskipun sulit, namun jika Anda fokus dalam merencanakan strategi pemasaran tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha kecil Anda dapat tumbuh berkembang menjadi besar.

Berikut cara marketing yang digunakan untuk meningkatkan bisnis usaha

  1. Perencanaan Awal

Dalam menjalankan konsep marketing untuk usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak pelanggan. Karena itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda dapat berkembang dengan pesat.

2. Strategy

Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.

3. Membuat Target

Definisikan secara tepat pangsa pasar apa yang sedang dituju. Caranya dengan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Hal ini bertujuan untuk memperjelas target pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan.

4. Marketing Mix

Marketing mix pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan produk yang Anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk memasarkan produk Anda.

5. Manfaatkan Media Digital (Website)

Sekarang ini, semua usaha bisnis membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang Anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasinya melalui internet.

6. Hubungan dengan Pelanggan

Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke perusahaan lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan, seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan memberikan potongan harga bagi para member tersebut