3 Cara Mengatur Keuangan Yang Wajib Dilakukan Sekarang

 

Berapa pun besarnya penghasilan yang diterima setiap bulan tidak akan pernah cukup apabila tidak dikelola dengan baik. Mengontrol keinginan perlu dilakukan agar pengeluaran terkendali. Dengan begitu, kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi. Agar pengeluaran tetap terkontrol dan keuangan tetap baik, Anda perlu melakukan tips mengelola keuangan seperti yang akan dibahas berikut ini.:

1. Buat Anggaran Bulanan Pribadi

Dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, hal yang paling jarang kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Hal ini biasa dilupakan karena kamu selalu berpikir bahwa pengeluaran kamu selalu bisa kamu tangani, padahal masih banyak kesalahan yang terjadi dalam pengaturan keuanganmu setiap bulannya.

Untuk itu, kamu harus mulai membagi pengeluaranmu ke dalam dua bagian, primer dan tersier. Kebutuhan primer bisa kamu jabarkan masing-masing anggarannya, seperti makan, ongkos transportasi, tagihan listrik, segala jenis cicilan, dan lain sebagainya.

Jika sudah membuat kerangka tersebut, baru kamu dapat menentukan kebutuhan terseir seperti hang out bersama kerabat, jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, hingga shopping. Mudah bukan?

2. Bikin Skema Tabungan

Hal yang juga sering terlewat dalam setiap pengeluaranmu adalah tabungan. Sudah seberapa sering kamu menyisihkan gaji untuk tabungan? Tentu tidak banyak di antara kamu yang sudah melakukan poin dari tips mengatur keuangan satu ini.

Apabila impian dan keinginan kamu ingin tercapai, menabung adalah cara paling efektif untuk bisa mendapatkan itu semua. Namun, jangan sampai menabung malah membuatmu tersiksa karena terlalu memaksakan diri untuk mendapat impian dan keinginan secepat mungkin.

Menyambung poin pertama, setelah kamu tahu prioritas pengeluaranmu, dari situ kamu sudah tahu seperti apa skema tabungan yang bisa kamu lakukan setiap bulannya. Jika memang kamu hanya mampu menabung 20% dari gaji, maka lakukan itu. Jangan memaksakan diri hingga akhirnya kamu mengorbankan banyak hal dan menjadi tidak bahagia.

3. Mulai Kontrol Keuangan dengan Membuat Pembukuan Sederhana

Cara paling jitu untuk mengatur kelola  keuangan adalah dengan pencatat setiap biaya-biaya yang dikeluarkan, seringkali kenapa setiap orang atau perusahaan tidak bisa untuk melakukan investasi  atau mengalami defisit keuangan dikarenakan tidak bisa mengontrol setiap biaya-biaya. Mulailah dengan membuat pembukuan sederhana dengan mencatat setiap pemasukan dan mencatat setiap pengeluaran tiap harinya.

Cara paling mudah zaman now membuat pembukuan sederhana adalah dengan menggunakan software  keuangan atau software akuntansi, software akuntansi biasanya identik dengan perusahaan atau bisnis namun sebenarnya software akuntansi  sederhana bisa digunakan untuk pribadi dan sudah banyak software akuntansi sederhana yang bisa dibawa kemana-mana. salah satunya adalah accurate lite

Accurate lite merupakan software akuntansi berbasi android yang mudah digunakan dengan fitur yang juga sederhana. fitur utamanya adalah kas bank, pembelian dan penjualan, jadi buat perorangan dan sambil berbisnis bisa menggunakan accurate lite untuk membuat pembukuan yang sangat sederhana.

Baca juga: Software akuntansi sederhana yang bisa di Install di Android