Fitur Penting di Software Akuntansi Yang Wajib Ada

 

Sebelum membeli software akuntansi mungkin masih bingung kenapa harus menggunakan software akuntansi dan kira-kira fitur penting apa di software akuntansi yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan software akuntansi yang cocok untuk bisnis perusahaan saya.

Namun sebelum membeli software akuntansi yang perting perlu diketahui adalah, software akuntansi fungsinya sebagai alat bantu dan tidak mengcover semua kebutuhan pekerjaan kita, bahkan di software kelas mahalpun tetap ada pekerjaan manual diluar software akuntansi yag perlu dilakukan.

Memilih software akuntansi yang cocok dengan kebutuhan membutuhkan pertimbangan yang matang. Tidak mudah memilih satu jenis software diantara banyaknya software yang beredar. Terlebih lagi, apabila kita memutuskan untuk membeli software untuk mengelola akuntansi. Kesalahan dalam pemilihan software yang berbayar akan berujung pada kerugian dari sisi waktu dan keuangan.

Berikut adalah Fitur Penting yang harus diketahui sebelum putuskan membeli Software Akuntansi:

  • Masalah Keamanan

Keamanan menjadi faktor utama yang sangat penting saat melakukan pemilihan software untuk akuntansi. Mengapa demikian? Tentunya, kita ingin menghindari kebocoran data internal yang penting kepada pihak lain, karena data tersebut bisa disalahgunakan. Jaminan kerahasiaan data merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh software untuk perusahaan.

Pilihannya adalah mengenai data perusahaan akan di kelola sendiri atau mau disimpan di cloud, berikutnya akses batasan user dan juga laporan pemeriksaan user yang tujuannya untuk melihat semua pekerjaan user penggunan baik saat entry, edit/hapus transaksi mempunyai record di sistem.

  • Fitur Umum dan Wajib ada

Berhubung software akuntansi digunakan bukan hanya untuk bagian accounting saja, tapi bagian lain seperti procurement, marketing/sales, gudang dan keuangan juga menggunakan harus ikut terlibat dalam menggunakan software akuntansi, karena itu fitur seperti berikut wajib ada:

  1. Kas dan Bank : untuk mencatat kas atau Bank masuk dan keluar, sekaligus mencatat penerimaan piutang dan pembayaran hutang juga tersedia.
  2. Pembelian: Mencatat proses pembelian dari awal permintaan pembelian, PO sampai ke pangakuan hutang di faktur pembelian juga tersediaa.
  3. Penjualan : Mencatat transaksi Pesanan penjualan, surat jalan dan pembuatan invoice juga tersedia.
  4. Gudang : Mencatat stok barang, proses produksi sederhana, stok opname dan gudang semua terhubung pada saat ada penjualan dan pembelian.
  • Mudah digunakan dan Integrasi

Kemudahan yang ditawarkan teknologi tidak hanya terbatas pada efisiensi waktu, tetapi juga integrasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi jauh lebih ringan lagi. Sebuah software akuntansi dengan kapabilitas dapat diintegrasikan dengan software lain dalam sistem perusahaan seperti software untuk payroll dan perpajakan tentunya menjadi prioritas bagi para pemimpin bisnis.

Faktor terakhir yang patut diperhitungkan saat memilih software adalah masalah antarmuka dari software tersebut. Kecanggihan software akan sia-sia apabila sulit digunakan. Apabila sistem antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi mudah digunakan, tentunya tidak akan menimbulkan masalah bagi perusahaan.

Demikian 3 fitur penting yang wajib ada di software akuntansi yang perlu diketahui sebelum membeli software akuntansi, sebagai referensi untuk software akuntansi yang memenuhi kriteria di atas adalah software accurate, software accurate merupakan software paket yang sudah dikenal di Indonesia semenjak tahun 2000.

Baca juga: Sofware akuntansi yang dikembangkan oleh CPSSOFT dan cocok digunakan untuk bisnis saya

Untuk informasi lengkap mengenai sofware accurate bisa menghubungi marketing di 0812-8434-1364