Sebagai penjual suatu produk atau penyedia layanan jasa, maka Anda harus siap membuatkan faktur penjualan kapan saja saat customer melakukan pembayaran, biasanya faktur dikirim 2 kali yaitu sebelum permintaan pelanggan terproses dan pada saat pembayaran terpenuhi maksimal waktu yang di tentukan biasanya 30 hari, Jika anda kesulitan dalam melakukan penagihan kepada pelanggan Anda, Ada kemungkinan arus kas perusahaan akan terganggu dan menyebabkan masalah yang serius misalnya gaji karyawan yang terpending.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti diatas  ada baiknya Anda simak tips dan Trik yang ramah untuk menagih invoice penjualan agar bisa dibayar tepat waktu.

Sebelum membahas tips dan trik ada baiknya Anda mengetahui lebih lengkap mengenai faktur penjualan.

SEKILAS MENGENAI FAKTUR PENJUALAN

Faktur Penjualan atau dalam istilah asingnya yaitu Sales Invoice adalah lembar bukti tagihan atau bukti transaksi kepada pelanggan atas pembelian suatu barang/ jasa. Faktur Penjualan biasanya dikirim oleh pemasok bersamaan dengan atau setelah pengiriman barang/ jasa.

Faktur penjualan di bedakan menjadi 4 Jenis :

  1. Faktur standard : Faktur yang umumnya di gunakan dan merupakan faktur sederhana
  2. Faktur Proforma : Faktur yang digunakan untuk kepentingan pemesanan suatu produk yang belum jadi
  3. Faktur Otomatis : Faktur yang digunakan untuk berlangganan secara periodic
  4. Faktur Komersil Internasional : jenis faktur yang format isinya hampir serupa dengan jenis faktur lain. Tetapi ada beberapa tambahan informasi penting seperti jumlah pengapalan, berat atau volume, bentuk kemasan, deskripsi barang, nilai barang, syarat pengiriman, asuransi, serta tambahan biaya lain.

TIPS AGAR FAKTUR DI BAYAR TEPAT WAKTU

  1. Menyimpan faktur penjualan dan mencatat waktu jatuh tempo pembayaran, dengan mencatat waktu jatuh tempo pembayaran maka anda akan memiliki panduan untuk mengumpulkan piutang
  2. Melakukan riset apabila pelanggan sulit untuk di hubungi
  3. Melakukan followup kepada pelanggan yang sudah jauh tempo pembayaran
  4. Meberika opsi cara pembayaran lain yang berbeda agar mempermudahkan pelanggan untuk membayarkan tagihan nya misalnya dengan kartu kredit, virtual account buatlah pembayaran semudah mungkin agar tidak ada alasan kesulitan dalam melakukan pembayaran.
  5. Membuat pelanggan merasa bahagia dan nyaman, pelanggan yang merasa nyaman saat sedang bertransaksi dengan kita akan cepat untuk melakukan pembayaran dan tidak akan menunda pembayaran.
  6. Mempersngkat tenggang keredit, Anda bisa menawarkan  pembayarkan sevara kredit jika pelanggan anda tidak bisa membayar penuh dengan menawarkan pembayaran 60 hari, 40,30 bahkan 15 hari pebayaran.

Software Akutansi Untuk Faktur Penjualan

Faktur penjualan merupakan bagian terpenting dalam keberlagsungan bisnis yang sedang Anda jalankan,faktur  yang dibayarkan terlambat akan menghambat usaha anda,penting bagi anda untuk memastikan bahwa setiap faktur penjualan dibayar tepat waktu, Untuk mempermudah anda membuat dan memonitori faktur penjualan ada baiknya anda meggunakan software akuntansi Accurate , Accurate adalah software akuntansi yang memudahkan Anda untuk mengoperasikan secara otomatis proses hutang piutang usaha anda, dengan tambahan fituf remainder Anda bisa mengetahui Hutang dan piutang usaha yang sedang outstanding secara otomatis, Jalankan Bisnis tanpa hambatan sekarang juga, dapatkan Free trial disini