Software Akuntansi OnlineBisnis online pada era digital seperti sekarang merupakan bisnis yang sangat digemari dan memiliki peluang yang menjanjikan. Meskipun bisnis online merupakan bisnis yang terlihat mudah dan praktis, anda harus tetap mengelola pengaturan keuangannya dalam konsep akuntansi yang benar.

Akuntansi sendiri memiliki tujuan untuk memprediksi masa depan bisnis, melihat capaian apa yang telah diraih dalam bisnis, dan membuat pelaku bisnis lebih berkomitmen terhadap bisnisnya. Berikut beberapa tips untuk mengelola akuntansi bisnis online:

 

Buat Rekening Khusus Untuk Bisnis Anda

Sangat penting untuk membuat rekening bank khusus untuk bisnis Anda. Pisahkan Antara rekening pribadi dengan rekening bisnis Anda. Sering terjadi kebiasaan buruk menggunakan uang hasil bisnis untuk kepentingan pribadi secara terus menerus. Hal ini akan menyulitkan anda ketika melakukan pembukan tentunya.

 

Catatlah Transaksi Secara Berkala

Pencatatan merupakan akuntansi dasar yang wajib dilakukan. Anda harus melakukan pencatatan transaksi secara harian dan teratur.

Catatan ini meliputi biaya pemasukan maupun biaya pengeluaran. Beberapa contohnya adalah biaya pemasukan berasal dari laba hasil penjualan, suntikan dari investor, komisi maupun bonus dari supplier dan sebagainya. Sementara biaya pengeluaran salah satunya adalah biaya-biaya tagihan, seperti kuota internet, listrik dan lainnya.

Baca juga: Audit Teknologi Informasi di Era Industri 4.0

Buat Laporan Keuangan Akuntansi

Buat laporan laba rugi secara berkala setiap bulannya agar anda dapat mengetahui presentase keuangan yang anda peroleh dari bisnis online anda.

Untuk pembuatan laporan akuntansi yang lebih mudah dan cepat, anda dapat menggunakan software akuntansi atau aplikasi akuntansi yang akan mempermudah anda dalam menginput berbagai transaksi yang terjadi.

 

Pilih Software Akuntansi Sesuai kebutuhan Bisnis Anda

Anda harus memilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda seperti Accurate Online.

Accurate Online sendiri memiliki fitur smartlink ecommerce yang bisa menarik laporan penjualan dari berbagai marketplace seperti TokopediaBukalapak, atau Shopee. Jika Anda menjual produk Anda pada 3 marketplace tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan penarikan penjualan dari Accurate Online.

Tentunya banyak fitur lain dari Accurate Online yang mampu menunjang bisnis anda, dan anda bisa mempelajarinya secara jelas disini

Jika anda tertarik dengan Accurate Online dan ingin mencobanya bisa klik gambar di bawah ini

Software Akuntansi