Buku Besar akuntansi wadah alat pemindahan pemindahan akun yang berasal dari jurnal Buku besar akuntansi adalah wadah / alat/ buku tempat pemindahan akun yang berasal dari jurnal, bentuk buku besar diantaranya adalah bentuk T dan bentuk staffel/skontro . Fungsi buku besar sendiri adalah untuk menggolongkan akun/perkiraan yang sejenis agar mudah diidentifikasi. Cara membuatnya pun tergolong mudah karena hanya dipindahkan akun-akun perkiraan dari jurnal harian saja.

 

Dasar-dasar kuntansi

 

Proses Pencatatan

 

Pembuatan catatan dalam buku besar dibuat dengan sistem entri ganda. Jika semua proses pencatatan tersebut dimasukkan dengan benar, maka buku besar perusahaan akan seimbang. Keseimbangan terbaca jika saldo ditambahkan ke setiap akun maka totalnya akan menjadi nol.

 

Selain itu, dibuat pula akun neraca yang di dalamnya terdapat pencatatan secara rinci. Pada akun tersebut juga terdapat halaman terpisah untuk pencatatan setiap aset yang dibeli. Hal itu menunjukkan penyusutan untuk setiap aset di halaman yang berdekatan. Terdapat halaman untuk setiap hutang dan pinjaman, juga terdapat banyak entri rangkap antara jurnal dan buku besar.

 

Isi  Buku Besar

 

Buku Besar terdiri dari 3 bagian. Pertama merupakan piutang usaha yaitu catatan harian penjualan, penerimaan perusahaan, dan faktur yang belum dibayar klien. Kedua, utang usaha yaitu catatan harian pembelian dan faktur perusahaan yang masih harus dibayar. Ketiga, penggajian yaitu catatan kompensasi setiap karyawan, cek yang ditulis untuk membayar karyawan dan pajak penggajian terkait. Intinya, buku besar akan memasukkan segala kegiatan transaksi keuangan sebuah perusahaan. 

 

Kelemahan Buku Besar

 

buku besar akutansi memiliki kelemahan. Kesalahan seringkali terjadi ketika proses pencatatan secara manual sehingga tidak didapatkan keseimbangan dalam buku besar. Hal ini merugikan karena kemudian banyak waktu yang terbuang hanya untuk mencari penyebab tidak seimbangnya catatan buku besar manual. Selain itu, buku besar akutansi berbentuk fisik yang semakin dianggap kuno itu tidak memiliki banyak detail dalam akun pendapatan dan pengeluaran. Pencatatan dengan sistem manual juga dianggap kurang efektif dan efisien di era yang serba cepat ini. 

 

Kapan penyusunan buku besar ?

 

Di dalam pembukuan akuntansi, pencatatan buku besar disebut  dengan posting, karena buku besar adalah pemindahan akun atau sering dikenal dengan istilah posting dari jurnal umum , jadi pencatatan buku besar adalah setelah jurnal  umum .

 

Akun–akun buku besar dapat digolongkan seperti berikut.

 

  1. Akun Ril (Real Account) adalah akun-akun yang terdapat di dalam neraca, misalnya aktiva, hutang, kewajiban dan modal.
  2. Akun Nominal (Nominal Account) adalah akun-akun yang terdapat pada laporan laba rugi, misalnya akun pendapatan dan beban.

 

Fungsi Buku Besar

 

  • Sebagai Bahan Untuk Metode penyusutan Laporan Keuangan
  • Sebagai alat untuk menggolongkan data keuangan serta dapat untuk mengetahui jumlah atau keadaan rekening (akun) yang sebenarnya apakah ada perbedaan atau tidak.
  • Sebagai alat untuk meringkas data transaksi yang telah dicatat dalam jurnal (umum).
  • Sebagai dasar penggolongan transaksi yang ada atau telah dicatat dalam jurnal.

 

Aplikasi Akuntansi Untuk Permudah Pembukuan

 

Dengan berkembangnnya kemajuan teknologi membuat banyak orang merubah cara penatatan keuangan nya dengan yang lebih modern, dengan adanya system akuntansi onlineanda tidak perlu lagi menduplikasi setiap catatan yang ada di buku besar yang berbentuk fisik, hadirnya akuntansi online otomatis menggantikan buku besar karena lebih efektif dan efisien untk digunakan sehari-hari oleh karyawan.

 

Kelebihan  Aplikasi di banding Buku besar manual

 

Proses pembuatan laporan menjadi lebih mudah dan simple karena untuk mengatur bagan, anda hanya perlu satu kali input selanjutnya aplikasi akan membuatkan pembukuan secara otomatis

 

Manfaat bagi perusahaan dengan memakai apikasi akuntansi aan lebih memudahkan kemudahan Anda untuk menarik semua jenis laporan. mempertimbangkan untung dan rugi, membandingkan penghasilan tahun ini dengan tahun lalu, serta dapat melihat seberapa banyak perubahan pengeluaran perusahaan di setiap akun dari satu periode ke periode berikutnya.

 

Accurate merupakan salahsatu aplikasi akuntansi yang dapat membantu anda engelola keuangan, mulai dari pencatatan keuangan hingga membuat laporan keuangan, Accurate juga mempermudah mengelola dan memastikan kegiatan bisnis berjalan dengan produktif, dapatkan free trial 30 hari disini.