Accounting Software merupakan sebuah alat yang penting Pertumbuhan pesat perusahaan-perusahaan besar di Indonesia rupanya juga turut diimbangi dengan banyaknya perusahaan penyedia software akuntansi Indonesia. Accounting Software merupakan sebuah alat yang penting. Software akuntansi merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk membantu memudahkan seluruh kegiatan akuntansi perusahaan seperti menyusun neraca (balance sheet), laporan laba-rugi (profit-lost report), laporan arus kas (cashflow), hingga membuat laporan akhir. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk memilih Accounting Software yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter perusahaan anda:

Sesuaikan Software Akuntansi dengan Bidang Usaha

Saat ini banyak sekali pilihan Accounting Software di Indonesia. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan bidang usaha yang Anda geluti. Perhatikan secara detil fitur-fitur yang diberikan dan sesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan Anda sehingga fitur bisa digunakan secara maksimal. Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan Software yang selalu update dengan berbagai peraturan pemerintah sehingga Anda bisa menggunakannya jangka panjang dan tidak perlu membeli aplikasi dua kali.

Memenuhi Standar Laporan Keuangan Indonesia

Pastikan software akuntansi tersebut sudah memenuhi standar pembentukan laporan keuangan Indonesia. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindarai kesalahan di masa mendatang jika laporan yang Anda buat tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mencakup Transaksi Perpajakan

Kriteria yang bisa anda lihat selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahwa terdapat fitur untuk transaksi perpajakan, karena beberapa software tidak menyediakan fitur perpajakan. Apabila Anda memilih Accounting Software yang menyediakan fitur penghitungan pajak seperti PPN dan PPh maka tentu akan memudahkan staf pajak dalam menyusun dokumen atas laporan pajak.

Pelayanan After Sales

Aplikasi akuntansi merupakan sistem yang terus berjalan, maka bukan tidak mungkin sewaktu-waktu anda akan mengalami kendala. Atau jika tidak, perawatan sistem akan dibutuhkan. Maka sebaiknya Anda memperhatikan pelayanan aftersales dari perusahaan penyedia layanan software akuntansi tersebut. Pastikan bahwa perusahaan akan memberikan pelayanan yang cepat sehingga alur kegiatan perusahaan Anda tidak akan terganggu.

BACA JUGA: Pembukuan UKM Lebih Optimal dengan Accurate

Pilih Pengembang Terpercaya

Kredibilitas juga merupakan kriteria yang penting dalam menentukan kualitas suatu software akuntansi yang akan Anda gunakan. Anda bisa mencari informasi tentang perusahaan mana yang memiliki track-record bagus dalam melayani mitra pembeli software akuntansi. Atau Anda bisa memilih software accounting yang sudah jelas memiliki gelar Top Brand selama 4 tahun berturut-turut yaitu Accurate. Dengan Accurate anda akan diberikan berbagai pilihan varian seperti Standard, Deluxe, dan Enterprise. Silahkan Anda coba Accurate GRATIS selama 30 hari disini.

Accounting Software