Perusahaan biasanya mempunyai dua tempat penyimpanan uang yaitu di Bank dan kas kecil atau pettycash yang biasanya digunakan untuk  pembayaran listrik,telp,membeli ATK dan pengeluaran harian perusahaan lainnya.

Naah bagaimana jika ada selisih atau perbedaan antara pembukuan di bank dan pencatatan manualnya? Pasti bikin pusing yaa,, harus mencari selisih nya . biasanya tuh sering terjadi perbedaan atau selisih jumlah kas yang tercatat di bank dan pembukuan transaksi di perusahaan. Hal ini dikarenakan adanya biaya-biaya administrasi serta pembagian bunga dari bank yang belum tercatat oleh akuntan perusahaan. Disitulah diperlukan metode pencatatan kas yang dapat menyesuaikan saldo kas di bank dan saldo kas di buku akun perusahaan, yang biasa disebut metode rekonsiliasi bank.

Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan saldo dalam catatan akuntansi perusahaan dengan rekening koran atau laporan bank. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan tidak ada perbedaan informasi antara keduanya. Jika ada perbedaan yang terjadi antara catatan akuntansi dan rekening koran, maka perubahan dapat dilakukan pada catatan akuntansi yang sesuai. Informasi pada rekening koran adalah catatan yang dibuat bank untuk semua transaksi yang berdampak pada rekening bank dan arus kas perusahaan selama sebulan terakhir.

Rekonsiliasi bank harus dilakukan secara berkala untuk semua rekening bisnis, Anda bisa melakuan proses rekonsiliasi harian, mingguan, maupun bulanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa catatan kas perusahaan benar. Rekonsiliasi bank juga bisa mendeteksi beberapa jenis penggelapan dana atau fraud berdasarkan fakta yang terjadi selama proses rekonsiliasi berlangsung. informasi ini dapat digunakan untuk merancang kontrol yang lebih baik atas penerimaan dan pembayaran.

Rekonsiliasi bank menurut para ahli

  • Munandar “Rekonsiliasi bank adalah kewajiban yang dilakukan perusahaan dalam mencari sebab-sebab ketidaksamaan antara saldo simpanan menurut laporan catatan bank dengan saldo yang dimiliki perusahaan”
  • Donald F. Kiso “Rekonsiliasi bank adalah suatu skedul informasi yang menjelaskan setiap perbedaan antara catatan bank dan catatan kas nasabah. Jika perbedaaan tersebut hanya berasal dari transaksi yang belum dicatat oleh pihak bank ataupun dari pihak perusahaan”.
  • Haryono Jusup  “Rekonsiliasi bank adalah proses untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank dan menentukan jumlah saldo rekening giro yang sesungguhnya pada suatu saat tertentu”
  • Soemarsono S.R “Rekonsiliasi bank adalah apabila semua penerimaan uang langsung disetorkan dan semua pembayaran dilakukan dengan cek, maka akun kas perusahaan akan sama dengan akun yang dimiliki bank”
  • Wibowo dan Abubakar Arif “Rekonsiliasi bank merupakan suatu laporan yang berisi saldo kas menurut perusahaan dengan saldo kas menurut bank disertai dengan penyebab perbedaan keduanya”

(sumber : dosenakuntansi.com)

Manfaat Melakukan Rekonsiliasi Bank

Keberhasilan suatu perusahaan di pengaruhi oleh pengelolaan keuangannya,saat ini setiap perusahaan mempunyai rekening sendiri di bank untuk keperluan usaha, baik untuk melakuan transaksi pengeluaran atau pemasukan, dengan demikian perusahan tidak hanya  memiliki kas kecil dalam perusahaan, tapi juga memiliki kas di bank,

Kas perusahaan di bank adalah dana perusahaan yang disimpan dalam bentuk bilyet atau giro. Rekonsiliasi bank perlu dibuat karena pada akhir bulan, bank akan mengirimkan laporan rekening koran kepada nasabahnya beserta cek nasabah yang telah dibayarkan bank dalam bulan itu. Selain itu, rekonsiliasi bank ini juga membantu mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang sudah terjadi di bank, tapi belum dicatat oleh perusahaan. 

Berikut Hal Yang Harus di lakukan pada saat rekonsiliasi

  • Telusuri transaksi yang masih “OTW” (On The Way) alias dalam perjalanan

Setelah kita catat transaksi-transaksi tadi yang terjadi di kas bank, maka selanjutnya kita cek transaksi yang masih “OTW” alias masih dalam perjalanan,misal Deposit in Transit atau Outstanding Cek.

  • Membandingkan saldo di catatan kas perusahaan dan rekening koran bank

Angka saldo di rekening bank dan saldo di kas perusahaan biasanya berbeda, hal ini biasanya terjadi karena adanya perbedaan gaya pencatatan diantara keduanya. Misalnya saja ada pengeluaran/pemasukan yang belum diketahui, sehingga bank tidak melakukan pencatatan atas pengeluaran/pemasukan tersebut seperti Deposite in transit atau Outstanding cek serta ada pengeluaran/pemasukan yang dilakukan bank dan belum diketahui perusahaan seperti biaya administrasi bank, pendapatan bunga atau jasa giro atau bank menolak pencairan cek perusahaan seperti cek kosong atau karena alasan lain sehingga cek dikembalikan oleh bank. Kalo kayak gini jangan panik dulu ya guys. Lanjut step berikutnya.

  • Catat Transaksi yang dilakukan oleh bank terlebih dahulu.

Transaksi transaksi yang terjadi di rekening bank biasanya bersifat otomatis dan mudah untuk dilacak. Oleh karena itu, catat terlebih dahulu transaksi tersebut ke dalam buku kas perusahaan.

  • Hitung selisihnya di lembar Rekonsiliasi

Nah, jika semua sudah kita catat, maka akan terlihat selisih saldo di lembar rekonsiliasi bank yang sudah kita buat. Hitung selisih saldo yang ada, sampai betul-betul per transaksi kita sudah tidak menemukan selisih lagi.

  • Cek n Ricek

Catat  semua transaksi yang terjadi di kas bank sudah, telusuri semua transaksi yang masih On proses juga sudah, lalu hitung selisih antar saldo rekening bank dan kas perusahaan juga sudah. Cek lagi dan ricek lagi .

Cirinya, jika ada selisih saldo dibawah 1 juta, kemungkinan ada kelalaian atau kesalahan dalam memasukan angka ketika pencatatan dilakukan oleh akuntan. Tapi, jika selisihnya diatas 1 juta kemungkinan ada pencatatan transaksi yang belum diinput atau ada pencatatan transaksi yang dilakukan dua kali atau ada pembatalan transaksi dan belum dilakukan pencatatan jurnal pembalik.

Naah jika sudah melakukan semua step diatas dan kalian masih bingung ada baik nya memakai system agar mepermudah proses rekonsiliasi nya, selain memangkas waktu juga mengurangi resiko terjadinya kesalahan.

Accurate online memiliki fitur Rekonsiliasi Bank hanya dalam satu kali klik maka system akan langsung mencocokan saldo antara bank dank as secara otomatis.

Cukup klik kas & bank Lalu pilih rekonsiliasi bank

Dengan system cloud based mempermudah anda melakukan pekerjaan tanpa harus ke kantor dan anda bisa melakukan pekerjaan every time dan every where secara realtime, yuuk coba gratis 30 hari  Accurate Online disini.