Dibandingkan dengan pemasaran offline, di era digital ini pemasaran online lah yang lebih banyak dipilih karena berbagai alasan. Alasan yang mendukungnya pun ada banyak. Baik itu karena lebih efisien, lebih hemat biaya, lebih mudah, dan lain sebagainya. Bahkan bagi orang awam pun tak sulit untuk melakukan pemasaran online karena saat ini sudah banyak agensi yang menawarkan jasa pemasaran online.

Baca Juga :

 Ini Alasan Kenapa Bisnis Offline Dianggap Jadul Basi

Saat ini bisnis online memang menjadi primadona bagi masyarakat dalam berbelanja. Terlebih akses internet dan smartphone sudah di rasakan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini juga membuat semakin mudahnya masyarakat dalam berbelanja secara daring.

Persaingan ketat bisnis online membuat para pelaku harus pintar dan jeli mendapatkan hati konsumen. Semakin banyaknya platform dan mudahnya orang berjualan online, membuat semakin banyak orang yang mencoba peruntungan bisnis online.

Baca Juga :

Ini Dia Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Online Yang Semakin Ketat

Berikut 5 Trik Menghasilkan Foto Produk Agar Banyak Closingan Bagi Bisnis Online Anda

Sehingga persaingan bisnis online menjadi cukup ketat. Nah Pebisnis Online dituntut untuk semakin kreatif lagi, dalam memasarkan dan memperkenalkan produknya kepada pelanggan. Beragam cara bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran online, banyak agensi pula yang menawarkan jasa mereka lebih spesifiknya. Mulai dari jasa endorse yang dilakukan oleh selebriti atau influencer hingga pemasaran online yang memanfaatkan mesin pencarian Google.

Namun, bagi penjual online. Kemudahan tersebut membuat mereka juga harus pintar memasang strategi pemasaran online bisnis mereka. Semakin ketatnya bisnis online dan semakin banyaknya juga penjual bisnis online di Indonesia membuat bisnis online cukup besar persaingan.

Lalu bagaimana cara memenangi persaingan tersebut?

Berikut BeberapaTips Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Pemasaran Bisnis Online Anda :

1. Mulailah untuk Memikirkan apa Tujuan Anda

Seperti kebanyakan hal dalam hidup Anda harus mulai dengan akhir dalam pikiran, yaitu tujuan. Ketika Anda menggunakan pemasaran Online, Anda harus menetapkan tujuan untuk apa yang ingin Anda dapatkan darinya. Apakah lebih banyak pelanggan? Apakah lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda? Apakah lebih banyak kesadaran tentang produk Anda? Apakah ini semua di atas?

Kunci pemasaran melalui internet yang sukses adalah untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil untuk membantu mencapai tujuan besar yang pada akhirnya ingin Anda capai. Pada awalnya, Anda harus menetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai seperti “mendapatkan jumlah pengunjung baru per minggu” atau sesuatu seperti itu. Apa pun alasan utama Anda melakukan pemasaran online, pastikan Anda menambahkan struktur dengan tujuan.

2. Tetapkan Diri Anda sebagai Pakar

Dengan begitu banyak konten untuk dibaca orang di sana dan begitu banyak pilihan untuk dipilih, penting untuk menetapkan diri Anda sebagai otoritas atas apa yang disediakan bisnis Anda. Anda ingin orang-orang datang ke situs atau sosial media bisnis Anda karena mereka percaya Anda memiliki informasi terbaik atau pengetahuan terbaik tentang apa pun masalah mereka, Anda harus membuat setiap pelanggan menganggap Anda sebagai pemimpin pemikiran atau pakar.

Anda dapat mencapai ini dengan terus-menerus memposting konten di blog bisnis Anda yang bermanfaat dan informatif bagi pelanggan Anda.

3. Pastikan Situs Web Anda Dioptimalkan

Hanya memiliki situs web bisnis namun tidak Anda optimalkan adalah hal yang buruk untuk saat ini. Anda tidak dapat mengabaikan situs web Anda.

Anda harus memperlakukan situs web Anda seperti mobil Anda, dan terus-menerus memeriksanya jika Anda ingin berkendara dengan lancar. Karena itu, Anda perlu mengoptimalkan situs Anda. Anda ingin memastikan bahwa situs Anda dapat ditemukan online dengan mudah dengan SEO yang bagus.

4. Tujuan untuk Mendorong Lalu Lintas ke Situs Web Anda

Sekarang Anda memiliki situs web yang dioptimalkan untuk SEO, Anda harus mencari tahu semua cara lain untuk membawa orang ke sana. Ada banyak opsi dan platform yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Misalnya konten pada sosial media yang menarik.

5. Bergeraklah dengan Strategi yang Cepat

Antara pemasaran email, media sosial, pemasaran video dan semua saluran digital lainnya di luar sana mudah hilang. Ketika berbicara tentang pemasaran online, penting untuk mengatur strategi yang berkesinambungan. Mulailah dengan beberapa strategi agar Anda tidak kewalahan. Saat Anda terbiasa, Anda dapat menambahkan strategi baru.

6. Promosi Silang

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran online, pastikan Anda tidak hanya menggunakan banyak saluran, tetapi juga bahwa Anda mengintegrasikan saluran ini ke dalam satu sistem yang terintegrasi yang bisa Anda pantau.

Promosikan konten Anda di berbagai saluran, sebarkan berita tentang daftar email Anda di media sosial, dan masukkan pegangan media sosial Anda ke email pemasaran Anda. Anda juga dapat mengintegrasikan beberapa teknik pemasaran offline Anda yang cocok dengan strategi pemasaran online.

Baca juga : 

Berikut Strategi Marketing Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

7. Terus Aktif dalam Praktik Terbaik Pemasaran Online

Anda pernah mendengar tentang praktik terbaik, tetapi apa artinya sebenarnya? Ini mengacu pada taktik yang “halal” atau white hat yang baik yang harus Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda ditemukan secara online. Jangan pernah menggunakan praktik haram atau black hat. Hal ini dapat menghasilkan penalti dari Google, Facebook, dan filter spam. Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang penting untuk saluran utama pemasaran internet:

  • SEO: Gunakan kata kunci pada pencarian dan tulis konten yang deskriptif dan unik di situs web dan posting blog Anda.
  • Situs web: mempermudah navigasi dan ramah seluler, dan menyertakan ajakan bertindak yang jelas (CTA)
  • Facebook: gunakan aturan 80/20 saat memposting (80% konten non-promosi dan 20% konten promosi).
  • Email: hindari kata-kata “spam” seperti “GRATIS” di baris subjek Anda dan sertakan opsi “berhenti berlangganan” untuk penerima Anda.

Ada banyak sudut dan pendapat yang harus dipertimbangkan ketika mengerjakan kampanye pemasaran digital Anda, tetapi praktik terbaik berfungsi sebagai pedoman penting dan barometer profesional yang digunakan untuk mengukur standar Anda.

8. Selalu Berikan Konten yang Terbaik

Sebagian besar dari strategi pemasaran internet yang baik adalah harus memberikan konten yang bermanfaat pada audiens ini. Penting bagi pelanggan potensial Anda untuk menganggap Anda sebagai sumber informasi bagi mereka.

Berikut adalah empat genre konten yang akan diterbitkan untuk audiens Anda:

Edukasi – Ingin menjadi penasihat tepercaya bagi pelanggan Anda? Ajari mereka! Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengirim kiat tentang industri Anda. Jika Anda seorang bisnis katering mungkin Anda dapat memposting “Makanan Terbaik yang disajikan pada Pesta Kelulusan,” atau usaha Anda adalah menjual produk kebugaran, Anda dapat memposting “Latihan 15 Menit untuk membentuk otot lengan”.

Inspirasi – Menginspirasi pelanggan Anda dengan cerita atau artikel hebat yang Anda temukan. Atau mungkin kutipan yang Anda jalani. Apa pun itu, pastikan itu menginspirasi!

Menarik – Orang dapat mengkonsumsi artikel, berita, dan blog pada tingkat yang belum pernah dilihat hari ini. Mereka terus-menerus dibombardir dengan iklan dan karenanya menjadi keharusan untuk membuat konten Anda mudah dikonsumsi pelanggan. Memecah posting blog dengan gambar atau jenis konten bermanfaat lainnya. Sertakan visual dalam posting media sosial Anda. Orang tidak benar-benar ingin membaca sesuatu yang hanya berupa dinding teks. Jadi ingatlah sebuah gambar bernilai ribuan kata.

Promosi – Sesekali Anda ingin memadukan sesuatu tentang bisnis Anda sendiri dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka. Lagipula, Anda memberi mereka semua konten hebat ini, jadi mengapa tidak memberi tahu mereka apa lagi yang bisa mereka dapatkan dari Anda? Posting tentang promosi yang Anda lakukan atau jika Anda memiliki kelas baru datang memberikan kesempatan audiens Anda untuk memperdalam keterlibatan mereka dengan Anda, dan mungkin bergerak di jalur mereka untuk menjadi pelanggan.

Dari banyaknya ragam jasa pemasaran online ini semakin mudah bagi para pebisnis untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka dengan jenis pemasaran yang paling efektif. Selain itu, masih ada banyak lagi keuntungan lainnya dari pemasaran online secara umum.

Keuntungan Melakukan Pemasaran Secara Online

Bagi para pebisnis atau pengusaha, wajib hukumnya mengetahui keuntungan apa saja yang bisa didapat dari pemasaran secara online. Mungkin juga, ini akan menyadarkan para pebisnis bahwa memang pemasaran online lah yang lebih efektif dibanding pemasaran offline di era modern ini.

1. Hemat Soal Biaya

Sebagaimana telah dibahas di atas bahwa ada banyak jenis pemasaran online yang bisa dipilih para pebisnis dalam memasarkan produk atau jasanya. Biasanya, setiap agensi menawarkan jasa dalam satu bidang atau satu jenis saja, namun beberapa dari mereka pun juga ada yang menawarkan banyak jenis sekaligus.

Baca juga :

Membahas Pengertian Dan Cara Membuat Laporan Perubahan Modal Pada Perusahaan UKM

Di samping itu, solusi pemasaran yang ditawarkan agensi-agensi tersebut sifatnya one stop solution yang mana hanya sekali bayar untuk keperluan totalitas. Tak seperti pemasaran offline yang mana mengharuskan Anda membayar berkali-kali, yaitu misalnya untuk mencetak brosur, membeli booth, mempekerjakan SPG atau SPB, menyewa tempat, dan masih banyak lagi.

Secara umum, perbandingan modal yang harus dikeluarkan untuk pemasaran online dan pemasaran offline, jatuhnya lebih besar pemasaran offline. Ini menjadi satu keuntungan karena yang namanya berbisnis, salah satu misinya pasti menekan modal hingga sekecil mungkin.

2. Tingkat Efektif yang Tinggi

Karena sekarang ini kita tinggal di era digital yang serba teknologi, maka akan menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan pemasaran secara online. Orang cenderung memanfaatkan internet untuk memenuhi apa yang mereka butuhkan.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk atau jasa dari bisnis kepada mereka, yang mana memiliki potensi besar untuk menarik daya beli. Hal ini bisa dibuktikan dari salah satu contoh pemasaran online, yaitu pemasaran melalui konten artikel.

Dengan menyuguhkan konten artikel berupa solusi dari permasalah orang, di akhir pebisnis bisa memberi solusi berupa jasa atau produk yang mereka tawarkan. Tak hanya pemasaran dengan konten artikel saja, konten jenis lain atau pemasaran online jenis lain juga sama efektifnya.

3. Tempat Tidak Terbatas

Pemasaran offline tentunya tak bisa dilakukan di sembarang tempat atau dimana-mana. Pasti ada saja batasan tempat untuk bisa melakukan pemasaran ini. Pemasaran online membebaskan siapa saja untuk melakukan marketing kemana saja, bahkan hingga skala internasional sekalipun.

Pebisnis tak perlu repot-repot datang ke luar negeri untuk sekedar melakukan pemasaran. Karena dengan pemasaran online, pebisnis boleh tinggal di rumah saja untuk bisa melakukan pemasaran hingga penjuru dunia.

4. Waktu Tidak Terbatas

Selain tempat atau space yang tak terbatas, siapapun yang melakukan pemasaran secara online bisa melakukannya kapan saja. Baik itu pagi hari, maupun malam hari. Pemasaran yang bisa dilakukan kapan saja ini tetap berpotensi sesuai dengan target pasaran yang disubjekkan.

Bahkan, jika suatu perusahaan sudah meraih skala internasional, akan lebih baik jika pemasaran ini dilakukan kapan saja karena ada perbedaan waktu antara belahan bumi satu dengan belahan bumi lainnya.

5. Mudah Dikontrol dan Mudah Di Manajemen

Sudah ada berbagai fasilitas dari internet yang memudahkan siapa saja dalam hal marketing online. Bahkan sudah ada aplikasi khusus atau fitur khusus dari sebuah platform yang bisa diandalkan untuk tujuan ini.

Kesimpulan

Melakukan pemasaran secara online memang bisa dilakukan siapa saja asalkan mau belajar secara otodidak terlebih dahulu, namun mereka yang tidak memiliki banyak waktu bisa memilih jasa dari agensi marketing digital atau online. Terdengar menarik bukan? Memang benar adanya bahwa pemasaran online bisa mewujudkan berbagai keuntungan di atas.

Baca juga :

Accurate Online Akan Menyederhanakan Pembukuan Bisnis Hotel Anda 

Hal yang paling penting untuk diingat adalah menetapkan sasaran realistis yang dapat dicapai dengan strategi Anda, memberikan pola pemasaran yang bermanfaat kepada orang, dan memastikan Anda tetap berpegang pada praktik terbaik.

Hal penting selain pemasaran dalam bisnis adalah hadirnya pembukuan yang tepat dan terorganisir. Jika Anda mengalami pengelolaan pembukuan yang sulit dan memakan waktu. Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis bisnis. Dengan harga terjangkau dan memiliki fitur yang paling lengkap, Accurate Online telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pemilik bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.