Akuntansi

5 Strategi Memaksimalkan Penyusunan Arus Kas Perusahaan

arus kas

Arus kas (cash flowyang berputar di dalam bisnis Anda merupakan bentukan dari keuntungan dan juga jumlah tagihan yang sudah Anda bayarkan. Memaksimalkan arus kas pada usaha kecil menengah bisa membuat perusahaan atau bisnis Anda mendapatkan keuntungan lebih cepat. Menyelesaikan proyek dalam waktu yang lebih singkat, dan mengurangi jumlah biaya operasional bisnis.

Baca Juga : Alasan Kenapa Setiap Pemilik Usaha Harus Punya Laporan Laba Rugi Dallam Bisnisnya

Nah, agar bisa mencapai hal tersebut, Anda harus menggunakan strategi tertentu untuk memaksimalkan penyusunan laporan arus kas perusahaan itu sendiri. Kira-kira apa saja langkahnya? 

arus kas

Menganalisis Indikator Bisnis Anda

Ketika Anda ingin mendapatkan laporan arus kas perusahaan yang benar, pastikan Anda sudah menganalisis dengan benar apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. Mulai dari apa yang terjadi dalam bisnis Anda, apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis Anda, dan juga lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Valuta Asing Dalam Bisnis

Informasi semacam ini bisa membantu Anda untuk mengukur apakah dan kapan Anda harus membuat pengeluaran uang tunai untuk diinvestasikan dalam pertumbuhan bisnis Anda atau untuk mendukung penjualan seperti memperkerjakan staf baru guna mendukung rencana bisnis di masa depan.

Susun Pengeluaran Anda ke dalam Anggaran

Bagian dari menyusun laporan arus kas adalah untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang biaya yang diantisipasi dan kapan harus dibayarkan. Oleh karena itulah, anggaran Anda harus berisi biaya tetap dan juga variabel. Melalui penyusunan laporan keuangan. Anda bisa melatih diri Anda untuk memahami kewajiban dan juga rencana pengeluaran yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Akuntansi Biaya Berperan Penting Sebagai Dasar Penentuan Anggaran Perusahaan

Perhatikan Ketentuan Pembayaran

Telatnya pendapatan bisnis, bisa menjadi sebuah permasalahan yang berat bagi para penggerak bisnis kecil. Permasalahan satu ini juga yang menjadi permasalahan utama dalam laporan arus kas bisnis Anda. Pastikan Anda memperhatikan dengan bijak permasalahan semacam ini.

Gunakan kontrak atau perjanjian pembayaran untuk menghindari telatnya pemasukan. Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan metode pembayaran yang mudah agar para pelanggan bisa bertransaksi dengan nyaman. Jangan lupa untuk menyediakan transparansi pembayaran pada tiap prosesnya dan jangan segan untuk mengawasi pembayaran tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Syarat Pembayaran di Accurate Online

Perhatikan Perkiraan atau Laporan Arus Kas Bisnis Anda

Zaman sekarang memang segala bentuk pembayaran sudah dimudahkan dengan teknologi. Baik menggunakan spreadsheet atau software akuntansi, biasakan untuk selalu memperbarui laporan Anda secara teratur. Bandingkan laporan Anda dengan situasi arus kas sebenarnya. Melalui cara ini pula Anda bisa dengan cepat menemukan sebuah tren atau pola bisnis baru untuk mengurangi atau memperbaiki masalah yang ada.

Baca Juga : Berikut Alasan Pelaku Bisnis Beralih ke Akuntansi Berbasis Cloud

Dengan bantuan software akuntansi, maka Anda bisa memantau segala bentuk pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan sebelum menjadi laporan arus kas. Untuk itu, sebagai pengusaha UKM wajib bagi Anda untuk membuat sebuah laporan arus kas yang akurat. Agar keakuratan laporan keuangan tersebut tepat, Anda harus menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL).

Jangan Mengabaikan PPN

PPN sering kali dihilangkan pada penjualan yang sudah tercatat dan juga tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, jangan sampai Anda mengabaikan pembayaran PPN Anda. Hal ini bisa menjadi sebuah masalah baru jika ternyata Anda sudah menumpuk tagihan PPN Anda. Jangan lupa pula untuk memasukan catatan penjualan PPN dan juga pembayaran PPN Anda.

Accurate Online Promo Ramadan

Baca Juga : Accurate Online Promo Cashback 100%, Yuks Langsung aja Klik Disini

Nah, itulah beberapa cara untuk memaksimalkan penyusunan laporan arus kas yang bisa Anda lakukan.

Nah, itulah beberapa cara untuk memaksimalkan penyusunan laporan arus kas yang bisa Anda lakukan. Untuk memudahkan membuat dan dan mengelola cash flow dengan optimal, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur laporan keuangan terlengkap dan sesuai kebutuhan bisnis seperti Accurate Online.

Baca Juga : Tips Jitu Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat lebih dari 100 jenis laporan keungan secara otomatis, cepat, dan minim kesalahan. 

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Ayo Coba free trial Accurate Online selama 30 hari !!, info lebih lanjut silahkan klik gambar dibawah ini :

accurate online

Related posts

Bagimana Melakukan Analisa Biaya?

admin

Fungsi Akuntansi Manajemen bagi Usaha Kecil yang Tak Boleh Dilupakan

admin

Pengertian Arus Kas dan Cara Menyusun Laporan Arus Kas

Dewi Wahyudi
Accurate Online Diskon