Accurate online BERITA LAIN-LAIN Bisnis

Akuntansi Berperan Penting Dalam Kesuksesan & Perkembangan Bisnis

Akuntansi adalah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. Untuk praktisi dalam bidang ini disebut dengan akuntan. Peran Akuntansi sangat penting bagi kesuksesan suatu bisnis.

Baca Juga :

Memahami Akuntansi Perusahaan Dagang Lebih Mudah

Pentingnya Sistem Pembukuan Akuntansi Bagi Kesehatan Bisnis

Akuntansi sendiri juga telah disebut “bahasa bisnis”untuk  mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi dan menyampaikan informasi ini kepada berbagai pihak, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator.

Banyak orang yang belum mengetahui peran akuntansi dalam dunia bisnis. Padahal, akuntansi digunakan untuk memperoleh informasi kuantitatif yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Akuntansi juga dapat memecahkan permasalahan bisnis dengan menentukan keputusan yang secara adil. Seperti halnya dalam menghitung gaji pegawai, perpajakan hingga dividen untuk para pemegang saham. Maka, pada hal ini akuntansi bukan hanya dibutuhkan pihak internal saja, namun juga pihak eksternal.

Tujuan Akuntansi

Berikut adalah beberapa tujuan yang diterapkan dalam banyak bisnis:

Pencatatan yang Terperinci

Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis, bahasa dari transaksi yang telah terjadi. Otak manusia tidak dapat menyimpan informasi tanpa akhir, dengan demikian, proses akuntansi bertanggung jawab untuk menyimpan catatan semua transaksi yang dilakukan dalam suatu perusahaan.

Laba rugi

Bisnis harus berbanding lurus dengan keuntungan. Ini semua tentang menghasilkan laba. Bagan akuntansi laba rugi menentukan apakah ada untung atau rugi yang dibuat dalam bisnis. Penghasilan dan pengeluaran menentukan untung dan rugi.

Utilitas Sumber Daya

Sumber daya adalah bagian yang sangat penting dari sebuah organisasi mana pun dan agar perusahaan berfungsi dengan lancar, sumber daya memainkan peran penting.

Dengan melakukan pencatatan, berarti sudah melakukan tanggung jawab untuk melaporkan kepada perusahaan tentang setiap  kegiatan keuangan beserta waktunya. Karenanya, menjadi mudah bagi manajemen untuk melihat laporan keuangan karena akuntan sudah mencatat perinciannya sebelum memasukkan atau membelanjakan uang.

Baca Juga :

Siapa Saja Pihak-Pihak Pemakai Informasi Akuntansi Dalam Dunia Bisnis?

Skill Akuntansi Yang Harus Dimiliki Pengusaha UMKM Indonesia Untuk Kesuksesan Usahanya

Peran Akuntansi Dalam Bisnis

Akuntansi bukan hanya memberikan berbagai informasi serta jawaban yang berkaitan dengan kegiatan keuangan suatu bisnis. Biasanya informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh para manajerial dalam suatu perusahaan. Namun, akuntansi juga memberikan informasi kepada pihak eksternal yang bersangkutan. Yang mana informasi tersebut digunakan sebagai penilaian performa atau kinerja perusahaan selama menjalankan bisnisnya. Sebagai pemilik suatu sistem informasi, maka Peran akuntansi memiliki peranan yang sangat dibutuhkan untuk pihak internal maupun eksternal perusahaan. Berikut ini adalah pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi perusahaan.

a. Investor

Investor membutuhkan informasi akuntansi suatu perusahaan untuk menganalisis perkembangan dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar dapat melakukan penanaman modal dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

b. Manajer

Informasi akuntansi dibutuhkan manajer untuk melakukan perencanaan pada perusahaan. Selain itu, informasi keuangan juga digunakan untuk mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai oleh perusahaan, dan melakukan tindakan koreksi yang dibutuhkan.

c. Instansi Pemerintah

Adanya informasi keuangan pada suatu perusahaan, maka pemerintah akan mudah melakukan penetapan berapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

d. Kreditor

Data akuntansi digunakan kreditor bertujuan untuk memberikan kredit kepada calon nasabah. Nasabah yang dianggap potensial untuk mengembalikan pokok pinjaman beserta bunga yang sesuai dengan jatuh tempo.

e. Organisasi Nirlaba

Organisasi nirlaba bukanlah organisasi yang berorientasi untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun begitu, informasi keuangan tetap dibutuhkan untuk melakukan penyusunan anggaran, membayar karyawan, serta membayar beban lain-lainnya.

f. Organisasi Lainnya

Informasi keuangan juga dibutuhkan bagi organisasi lainnya, seperti organisasi buruh. Yang mana mereka informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji, tunjangan dan mengetahui kemampuan perusahaan di mana mereka bekerja.

Alasan Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Menyediakan Informasi Keuangan

Menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan adalah peran akuntansi yang paling mendasar. Data informasi terkait keuangan akan tercatat dalam sistem akuntansi akan memudahkan Anda dan karyawan untuk mengukur kondisi perusahaan. Maka, sebaiknya Anda menyusun pembukuan dan secara rutin memperbarui datanya.

Selain itu, adanya informasi keuangan juga berfungsi untuk mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan bisnis. Lain halnya untuk pihak eksternal seperti investor, rekan bisnis, kreditur dan pemerintah, yang mana mereka berhak melihat kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi stabil dan menguntungkan atau tidak. Dengan begitu, ketika investor berinvestasi pada perusahaan memberikan timbal balik berupa dividen yang tinggi. Hak rekan bisnis tidak jauh berbeda dari investor, yaitu untuk memperoleh keuntungan dari hubungan kerja sama bisnis perusahaan.

 Identifikasi Data yang Relevan untuk Pengambilan Keputusan

Data-data relevan di sini mencakup transaksi dan kejadian dalam perusahaan. Transaksi dan kejadian dalam perusahaan biasanya selalu berhubungan dengan tindakan yang telah diselesaikan. Seperti contohnya, membeli barang. Kegiatan tersebut bukanlah merupakan transaksi, karena membeli barang belum dilaksanakan. Maka, kegiatan tidak dapat menjadi acuan sebagai transaksi akuntansi, karena tidak diproses lebih lanjut dalam akuntansi.

● Sumber Informasi Kepada Pemakai Laporan.

Sistem akuntansi menghasilkan laporan akuntansi yang berbeda-beda tergantung pada pihak yang akan menggunakan laporan tersebut. Seperti contohnya, laporan keuangan yang mana banyak pihak luar perusahaan yang menggunakan informasi tersebut. Pihak luar di sini mencakup pemegang saham, calon pemegang saham, kreditur, bank, pajak, dan lainnya. Sebenarnya, pihak tersebut tidak memperoleh informasi yang lengkap.

Alat Pengendali Keuangan

Dengan menggunakan sistem akuntansi, Anda akan mengetahui data yang berkaitan dengan keuangan. Adanya data tersebut, maka Anda akan mudah mengawasi keuangan perusahaan. Dengan identifikasi informasi keuangan yang diperoleh, Anda dapat melakukan evaluasi dan menilai performa bisnis Anda selama ini.

Teknologi Mendorong Kemudahan dalam Proses Akuntansi

Kemajuan teknologi membuat cara lama mulai ditinggalkan. Dengan adanya software accounting membuat proses pencatatan, pengelolaan keuangan dan membuat laporan keungan menjadi mudah dan lebih cepat. Terlebih lagi dengan sistem terkini, seperti cloud accounting.

Baca Juga :

Sistem Akuntansi Berbasis Cloud Mempermudah Pengusaha Memantau Kegiatan Keuangan

Accurate Promo Kabisat Cashback 100 Persen Untuk Pembelian Accurate Online 1 Tahun 

Dengan cloud accounting Anda bisa memantau pengelolaan keungan bisnis kapan saja dan dimana saja. Proses pencatatan transaksi dan keuangan menjadi lebih praktis dan juga minim kesalahan. Anda bisa mengakses laporan keuangan secara harian, mingguan dan bulanan tanpa harus pergi ke kantor atau menghubungi akuntan Anda.

Untuk kemudahan ini, Anda bisa menggunakan Accounting software terbaik dan memiliki fitur terlengkap. Gunakan Accurate Online, Accounting software terbaik di Indonesia dengan fitur terlengkap untuk semua jenis bisnis. Accurate Online telah dipakai oleh dari 300 ribu entitas bisnis di Indonesia dan memenangkan penghargaan Top Brand Awards selama 4 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2016.

Accurate Online sendiri juga sudah sesuai dengan standard akuntansi keungan yang berlaku di Indonesia dan memiliki fitur penghitungan pajak yang terbaik jika dibandingkan dengan accounting software buatan Indonesia lainnya.

Jadi kini Anda bisa merasakan kemudahan dalam menjalani bisnis Anda dengan Accurate Online. Coba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Mencatat Biaya dan Pengeluaran Dengan Software Akuntansi

raymond simanjuntak

Berikut Tips Jitu Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Rika Angraini

Membangun Bisnis Dengan Merek Atau Brand

Rizal Syah