Bisnis

Alasan Kenapa Setiap Pemilik Usaha Harus Punya Laporan Laba-Rugi Dalam Bisnisnya

laporan laba rugi bisnis

Laporan laba rugi bisnis adalah laporan yang digunakan untuk melihat keberhasilan jalannya operasional bisnis yang kamu kelola. Dalam laporan laba rugi bisnis akan menampilkan jenis-jenis pendapatan serta apa saja beban perusahaan. Dengan menampilkan jenis-jenis pendapatan, kamu akan mengetahui apakah bisnis yang kamu jalankan selama ini mendapatkan rugi ataupun untung.

Baca Juga : Tips dan Strategi Membuat Laporan Keuangan Yang Benar

Para akuntan menganggap bahwa menyusun laporan laba rugi hanya mengutip saldo yang ada di akun pendapatan dan beban pada kolom laba rugi di neraca lajur, sehingga mudah dilakukan.

laporan laba rugi bisnis

Adapun unsur-unsur yang terdapat di laporan laba rugi bisnis, yakni:

  • Pendapatan yang diperoleh dalam satu periode

  • Jumlah uang dari setiap pendapatan

  • Biaya dalam satu periode

  • Jumlah uang pada setiap biaya

  • Jumlah uang yang dikeluarkan

  • Jumlah uang yang di dapat

Semua unsur tersebut wajib ada di laporan laba rugi akhir tahun. Karena akhir tahun dapat dikatakan sebagai ajang tutup periode akuntansi selama satu tahun. Sehingga kamu bisa menghasilkan laporan akuntansi yang bisa digunakan untuk menghadapi tahun berikutnya.

Baca Juga : Laporan Keuangan Yang Wajib Disiapkan Pengusaha UKM Menjelang Akhir Tahun

Laporan laba/rugi merupakan salah satu bentuk laporan keuangan yang paling sering dipakai. Secara umum, laporan laba/rugi dapat berguna untuk mengetahui posisi laba/rugi perusahaan pada periode tertentu. Setelah mengetahui posisi laba/rugi perusahaan dapat berguna untuk menjadi bahan evaluasi langkah-langkah manajemen perusahaan.

Ada dua kelompok orang yang berbeda yang menggunakan laporan  ini: pengguna internal dan pengguna eksternal.

Pengguna internal seperti manajemen perusahaan dan dewan direksi menggunakan laporan ini untuk menganalisis bisnis secara keseluruhan dan membuat keputusan tentang bagaimana menjalankannya.

Baca Juga : Cloud Accounting Solusi Keuangan Bisnis Dapat Memantau Bisnis Kapanpun dan Dimanapun

Misalnya, mereka menggunakan nomor kinerja untuk mengukur apakah mereka harus membuka cabang baru, menutup departemen, atau meningkatkan produksi suatu produk.

Pengguna eksternal seperti investor dan kreditur, di sisi lain, adalah orang-orang di luar perusahaan yang tidak memiliki sumber informasi keuangan tentang perusahaan kecuali laporan yang diterbitkan. Investor ingin tahu seberapa menguntungkan suatu perusahaan dan apakah perusahaan itu akan tumbuh dan menjadi lebih menguntungkan di masa depan.

Membuat laporan laba rugi yang benar akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan yang tepat guna kemajuan usaha Anda.

Merasa kesulitan dalam membuat laporan laba rugi? Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate online sebagai solusi mudah untuk membuat laporan laba rugi usaha Anda. Bahkan dengan Accurate Online Anda bisa membuat laporan laba rugi per-proyek atau departemen. Semua sudah tersedia dan laporan akan tersaji secara otomatis.

#AccurateOnline akan menampilkan laporan laba/rugi dengan berbagai tipe, seperti laba/rugi standar, laba/rugi multiperiode, laba/rugi perbandingan periode, laba/rugi perbandingan anggaran, laba/rugi departemen, laba/rugi departemen (perbandingan anggaran).

Baca Juga : Alasan Kenapa Bisnis Butuh Accounting Software

Anda pasti akan menanyakan bagaimana sistem keamanan yang ada di Accurate Online, Accurate Online memiliki sistem keamanan yang setara dengan keamanan pada sistem internet banking perbankan. Jadi, Anda tak perlu khawatir untuk masalah keamanan. Data keuangan usaha Anda, akan terjaga dengan baik pada database di Accurate Online.

Kini, Anda sudah bisa memutuskan kenapa harus menggunakan Accurate Online untuk usaha yang sedang Anda jalankan.

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online,  langsung saja KLIK DISINI dan Selamat Bisnis Anda akan berada dalam GENGGAMAN ANDA! kapanpun dan dimanapun bisa akses laporan kamu.

Baca Juga :  Hanya Dengan Rp. 6000/Hari, Kamu Bisa Punya Software Akuntansi Online

Wow sangat amazing bukan, saat smartphone bisa menjadi “kantor dalam genggaman” yang membuat kita tidak khawatir saat berada diluar kantor.

Nah buat yang ingin mencoba Accurate Online, Jangan Sedih karena Accurate Online bisa coba gratis 30 hari tanpa komitmen apapun loh. Caranya tinggal klik tautan pada gambar dibawah ini.

coba gratis 30 hari accurate online

Atau bisa berkomunikasi langsung ke team marketing Kami, bebas bisa tanya-tanya apa saja, bisa mengenai fitur, cara penggunaan atau cara berlangganan Accurate Online.

Related posts

Mau Tahu 5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis

Rika Angraini

Mendulang Untung Dari Bisnis Open Trip, Berikut Tipsnya

Rika Angraini

Beberapa Jenis Laporan Keuangan Yang Di Butuhkan Oleh Perusahaan

Rizal Syah