Bisnis

Berikut Tiga Poin Penting Agar Bisnis Saat Pandemi Corona Dapat Bertahan

bisnis saat pandemi corona

Menjalankan bisnis saat pandemi Corona tentu merupakan sebuah masalah tersendiri. Bisa dikatakan sulit, namun pasti selalu ada jalan keluar. Covid – 19 Corona masuk pada sekitar bulan Maret di Indonesia, dan angka positif pasien juga naik sejak saat itu.

Baca Juga : Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi Corona

Tantangan yang sangat besar datang dari berbagai hal yang diakibatkan dari Covid, terutama pada sektor bisnis di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Pembatasan kegiatan pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini juga sangat diwajibkan dari pemerintah negara – negara internasional, dan juga World Health Organization.

Penyebaran dari virus Covid – 19 Corona yang cukup masif ini membuat pemerintah menyuarakan untuk masyarakat mengurangi secara drastis kegiatan yang ada selain dari luar rumah. Tentunya pembatasan tersebut dilakukan agar memutus penyebaran rantai penularan virus Covid – 19 Corona.

Baca Juga : Berikut Sektor Bisnis Anti Bangkrut Saat Pandemi Corona

Pergeseran kebutuhan konsumsi yang dialami masyarakat saat pandemi Corona ini berdampak sangat luas pada sektor – sektor bisnis lainnya. Masyarakat yang menjadi konsumen tersebut memiliki perubahan pola konsumsi dan transaksi saat membelanjakan uang mereka. Masyarakat cenderung tidak memperdulikan kebutuhan atau keinginan mereka yang bersifat tamabahan sekunder.

Beberapa sektor bisnis yang sebelum pandemi Corona sangat diminati adalah bisnis sektor pariwisata, dan bisnis sektor fesyen. Namun, pandemi Corona membuat dua sektor tersebut menjadi sangat drastis penurunan bahkan sampai gulung tikar. Selain itu, anjloknya banyak sektor bisnis membuat angka pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin melonjak naik.

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dimasa Sulit Pandemi Corona

Membuka bisnis saat pandemi Corona bisa menjadi solusi dari sulitnya uang, meskipun hal tersebut juga gampang – gampang – susah.

Untuk itu, simak 3 poin penting untuk bisa bertahan di bisnis saat pandemi Corona yang telah dirangkum sbb :

bisnis saat pandemi corona

Wajib buat situs website atau semua yang berbasis digital (sosial media tentu paling standar)

Bisnis agar bisa bertahan saat pandemi Corona, sesungguhnya adalah merambah ke dunia digital. Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah, dari sekian banyak UKM Indonesia, tidak sampai 10 % yang sudah merambah bisnis pada jalur digital.

Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Memiliki Blog dalam Bisnis Yang Tidak Banyak Diketahui 

Tentunya dengan mengacuhkan tren online, akan sangat berbahaya untuk bisnis kalian saat pandemi Corona. Meskipun terlihat menyusahkan, namun membuat website untuk bisnis kalian saat pandemi Corona bisa menjadi salah satu aset dan sekaligus alat untuk bertahan hidup.

Karena kerumitan pembuatan website ini yang mengakibatkan bisnis kalian terlihat serius dikerjakan sehingga membuat konsumen percaya pada bisnis kalian. Terlebih lagi, saat pandemi Corona, kalian perlu mengurangi aktivitas bertemu sik dengan langsung dengan frekuensi terlalu sering.

Buat jenis website yang mudah digunakan orang umum, bahkan untuk orang yang cenderung gagap teknologi atau biasa disingkat dengan sebutan gaptek. Permudah juga proses pembayaran dan juga pengantaran produk bisnis kalian meskipun saat pandemi Corona.

Posisikan diri kalian sebagai konsumen

Poin yang ini yang sering terlupakan oleh pelaku – pelaku bisnis. Bukan hanya saat pandemi Corona, namun setiap saat. Kalian sering kali lupa memposisikan diri sebagai seorang konsumen, sehingga kalian menjalankan bisnis terkadang sesuai kemauan kalian. Hal ini fatal dilakukan, terutama saat masa pandemi Corona seperti saat ini.

Baca Juga : Cara Komunikasi ke Konsumen itu Pengaruh Banget Loh!

Jadikan konsumen teman yang dekat secara personal

Jika kalian menganggap konsumen sebagai teman, konsumen tentu akan merasa nyaman untuk melakukan transaksi bisnis kalian. Kenyamanan seperti ini yang perlu kalian harapkan untuk dimiliki pada bisnis kalian, terutama saat pandemi Corona.

Kami paham betul, tentu pada saat pandemi Corona seperti ini, banyak sekali bisnis – bisnis baru yang bermunculan. Untuk itu, perlu adanya pembeda bisnis kalian dibanding dengan bisnis – bisnis yang lainnya. Saat kalian sudah memiliki hubungan seperti teman dengan konsumen kalian, akan besar kemungkinan untuk konsumen tersebut kembali pada bisnis kalian.

Baca Juga : Berikut Tips Untuk Mengurangi Kerugian Bisnis Restoran Anda di masa Pandemi Corona

Saat ini memang sektor ekonomi ikut terserang efek dari Corona Virus. Sebagian pekerja harus mereka rumahkan, membuat produktivitas tidak berjalan dengan baik. Dan permintaan beberapa produk juga berkurang.

Membuat produk tidak bergerak, dan lebih banyak menumpuk di gudang. Namun dibalik itu semua, masih ada beberapa sektor bisnis yang mampu bertahan hingga mengalami keuntungan yang cukup signikan.

Bisnis yang laku keras saat Corona, bisa menjadi peluang bagi Anda yang harus di rumahkan selama masa Corona. Untuk menambah pemasukan.

Baca Juga : Berikut Faktor Penting Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Sedangkan untuk pembukuannya gunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap untuk kemudahan proses analisis keuangan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Biarkan Accurate Online membantu Anda menjalankan bisnis. Dengan bantuan tools yang tepat, Anda bisa mendapat gambaran pasti akan kondisi usaha, terutama usaha saat corona dan bisa menyusun strategi lebih tepat!

Baca Juga : Berikut Bedanya Accurate V5 Desktop (offline) dengan Accurate Online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini : 

accurate online

Related posts

5 Persiapan Penting Sebelum Membuka Cabang Bisnis yang Baru

admin

E-Commerce Di Indonesia Tumbuh 8 Kali Lipat Tahun Ini

Rika Angraini

Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Franchise dengan Accurate Online

raymond simanjuntak