Accurate online BERITA LAIN-LAIN Bisnis

Cara UKM Bertahan diMasa Resesi Ekonomi

Bagaimana cara UKM Bisa Bertahan dimasa Resesi Ekonomi | Bayang bayang resesi sudah didepan mata. Hal ini akan menjadi bencana bagi semua pihak, termasuk bagi para pengusaha. Aktivitas ekonomi yang lumpuh sangat menghambat laju perkembangan usaha di berbagai sektor, terutama Usaha Kecil dan Menengah yang dianggap rentan terhadap dinamika fluktuasi ekonomi.

Baca juga: Laporan keuangan sederhana yang biasanya digunakan oleh UKM

Laporan laba rugi pada dasarnya menjelaskan capaian pendapatan dan beban usaha periode tertentu untuk mengetahui laba dan rugi serta nilai investasi yang dihasilkan perusahaan pada.. Bagian dalam laporan laba rugi diantaranya, penjualan, harga pokok, biaya-biaya, penyusutan, pajak dan bunga. Unsur lain yang termasuk dalam laporan laba rugi yaitu, pendapatan, beban usaha, biaya keuangan, beban pajak, rugi kotor, rugi operasi, rugi sebelum pajak, dan rugi bersih.

Cara Agar UKM Bertahan di Masa Resesi Ekonomi

Perhatikan Arus Kas

Arus kas merupakan sumber kehidupan bisnis Anda. Untuk menjaga bisnis UKM tetap berjalan sehat, maka uang tunai haruslah tetap mengalir. Kini, seberapa sulitnya mendapatkannya, memiliki arus kas keluar dari bisnis Anda bukanlah sebuah masalah yang besar.

Baca juga: Alasan menggunakan software akuntansi bagi UKM

Fokus dengan Bisnis Inti

Banyak pengusaha UKM merasa panik saat krisis melanda. Mereka mengambil jalan pintas dengan melakukan perbaikan pelayanan dan penawaran tanpa memikirkannya secara matang. Alih-alih memulihkan bisnis Anda, hal tersebut justeru bisa mengancam perusahaan dan memberi dampak yang lebih buruk lagi. Bisnis inti pun semakin terpuruk, reputasi serta merek yang Anda bangun bisa jatuh ke lubang yang lebih dalam, dan waktu serta uang Anda terbuang sia-sia untuk hal yang tidak berguna.

Tinjau Stok Barang

Lihat apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya persediaan tanpa mengorbankan kualitas barang atau pun membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Tinjau ulang apakah Anda memesan terlalu banyak barang tertentu? Adakah tempat lain yang bisa menyediakan barang kebutuhan Anda dengan harga yang lebih murah? Atau adakah alternatif jasa pengiriman barang gratis dari gudang?

Hanya karena Anda memiliki tempat langganan, bukan berarti Anda dilarang mendapatkan pasokan yang lebih terjangkau di tempat lain.

Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan adalah peluang untuk mendapatkan lebih banyak lagi penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya promosi untuk menemukan pelanggan baru. Akan lebih baik lagi jika pelanggan tersebut adalah pelanggan setia yang mampu menarik pelanggan baru melalui rekomendasinya. Jenis pelanggan seperti inilah yang wajib Anda pertahankan.

Baca juga: Cara membuat tagihan online ke pelanggan di masa WFH

Jika ingin bisnis Anda tetap berlangsung di masa-masa sulit, Anda hars berani mengambil langkah agresif dengan cara menarik pelanggan dari pesaing Anda. Bagaimana caranya? Tawarkanlah sesuatu yang baru atau berbeda untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan baru. Berikan pula layanan yang memuaskan untuk mempertahankan pelanggan lama.

Pemasaran

Dalam masa-masa krisis, banyak bisnis kecil membuat kesalahan dengan memotong anggaran untuk pemasaran. Padahal setiap bisnis, apa pun itu bentukanya memerlukan pemasaran untuk mendapatkan pelanggan dan menghasilkan uang. Anda perlu membantu konsumen umtuk menemukan bisnis Anda. Jadi jangan pernah berhenti melakukan promosi, bahkan tingkatkan upaya pemasaran Anda.

Kurangi Kredit Pribadi

Masa krisis akan membuat kesulitan yang lebih bagi para pengusaha UKM dalam mendapatkan kredit. Namun dengan riwayat kredit yang baik, Anda akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. Untuk membuktikan resesi bisnis Anda, Anda perlu melakukan pengawasan ketat terhadap peringkat kredit pribadi serta bisnis. Lakukan segala sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga peringkat kredit Anda dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Cara mengatur hutang dan piutang di masa resesi

Melakukan Analisa Keuangan Secara Berkala

Analisa keuangan adalah sebagai salah satu untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan yang sangat mudah, perpaduan antara pendapatan, pengeluaran dan pertumbuhan keuangan perusahaan membuat UKM dapat membuat analisanya. Oleh karena itu sangat disarankan UKM untuk membuat laporan keuangan sederhana yang dapat mengukur kinerja keuangan. Bila merasa kesulitan atau belum paham bagaimana cara membuatnya, cobalah dengan accurate online. Accurate online adalah software akuntansi lengkap berbasis web buatan asli indonesia yang sangat mudah digunakan dan di akses melalui web browser seperti mengakses social media. Anda bisa mencobanya atau butuh informasi atau mau ditanyakan bisa hubungi marketing di telephone atau wa di 0812-8434-1364.

 

PENAWARAN ACCURATE ONLINE

Related posts

Cara Input Transaksi yang dikenakan PPh 23 di Accurate Online

Rika Angraini

Pemakai Informasi Akuntansi Dalam Perusahaan atau Bisnis

Rizal Syah

5 Bisnis Musiman Yang Menguntungkan di Hari Valentine

raymond simanjuntak