Bisnis

COD ( Cash on Delivery ) : Pengertian dan Tips nya Untuk Bisnis Anda

Sekarang ini sedang viral nya sistem pembayaran melalui COD (Cash on delivery) karena kemudahan yang di berikan si pelanggan hanya perlu membayar jika barang nya sampai, banyak pelanggan yang memakai sistem pembayaran ini.

Naah sebagai penjual yang menerapkan sistem COD yuuk cari tau pengertian dan juga tips pembayaran menggunakan sistem COD agar terhindar dari masalah.

Ketahui Pengertian COD ( Cash On Delivery )

COD artinya singkatan dari cash on delivery, yang mana maksud dari cash adalah pembayaran tunai sedangkan delivery diartikan sebagai pengiriman.

Dalam sistem pembayaran COD artinya konsumen akan membayar produk pesanannya ketika barang sudah sampai tujuan.

Sederhananya, penjual dan pembeli akan bertemu langsung pada suatu tempat yang sudah disepakati sebelumnya dan melakukan transaksi.

Ketahui Keuntungan dan Kekurangan COD

Kelebihan Pembayaran COD Untuk Penjual

Dalam menerapkan metode pembayaran COD adalah menjadi salah satu strategi marketing bagi penjual untuk bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

Sebab banyak sekali konsumen yang menyukai cara ini. Selain itu metode pembayaran COD ini juga mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli atas reputasi penjualan.

Keuntungannya Untuk Pembeli

Keuntungan untuk pembeli dari pembayaran COD adalah meningkatkan kenyamanan tersendiri. Sebab dengan adanya cash on delivery, maka pihak pembeli bisa memeriksa kondisi barang secara langsung. Selain itu juga bisa menghindari adanya penipuan atas kondisi barang yang tidak sesuai pesanan.

Baca Juga : Pengertian Buku Kas dan Juga Jenis nya

Kekurangan Pembayaran COD

Meskipun jenis pembayaran cash on delivery ini sangat diminati oleh banyak orang, tetapi metode pembayaran ini juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan cash on delivery adalah sebagai berikut:

  • Dalam metode cash on delivery ini biasanya menggunakan uang tunai, sehingga penjual memiliki resiko menerima pembayaran uang palsu.
  • Pada saat melakukan cash on delivery, tentu jangkauan layanannya sangatlah terbatas. Hanya mampu dilakukan oleh pembeli dan penjual yang berada dalam kota yang sama.
  • Metode pembayaran cash on delivery ini bisa merugikan penjual jika suatu transaksi ternyata dibatalkan oleh pihak pembeli dengan berbagai alasan. Tentu dalam hal ini penjual akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya penjual.

Tips Untuk Pembeli dan Penjual dalam Transaksi COD

Tips untuk Pembeli

  • Pastikan pada saat melakukan cod, sebaiknya melakukan pertemuan dengan penjual di tempat umum yang ramai dan aman. Anda juga bisa untuk mengajak teman Anda pada saat melakukan transaksi cod.
  • Setelah Anda menerima barang dari penjual, pastikan jika Anda memeriksa kembali barang yang Anda beli. Pastikan juga jika seluruh barang sesuai dengan yang Anda inginkan dan berada pada kondisi yang baik.
  • Jika sudah melakukan pemeriksaan, dan barang sesuai dengan apa yang Anda ingkinkan. Maka langkah selanjutnya Anda melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan awal.

Tips untuk Penjual

  • Sebelum melakukan cash on delivery, usahakan bahwa Anda menjaga kerapihan penampilan Anda agar terlihat rapi, sehingga Anda akan terlihat sebagai orang yang bisa dipercaya.
  • Pastikan Anda tepat waktu untuk tiba di lokasi yang sudah ditentukan, akan lebih baik apabila Anda tiba lebih awal.
  • Pastikan juga jika Anda bertemu dengan calon konsuemn pada tempat umum yang ramai dan aman.
  • Aktifkan selalu ponsel Anda agar konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah.
  • Bersikap ramah pada konsumen agar mereka bisa merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi.
  • Jelaskan lagi secara singkat kepada konsumen mengenai barang yang akan Anda jual.
  • Periksa kembali uang yang Anda terima, dan pastikan bahwa Anda menerima uang asli dari konsumen.

Baca juga : Cara Login Accurate dan Registrasi nya

Demikianlah penjelasan mengenai COD ( Cash on Delivery ) yang perlu anda ketahui jika bisnis anda menerapkan sisitem COD.

Jika bisnis anda sudah maju dan berkembang ada baiknya memperbaiki sistem pembukuannya, agar proses transaksi tidak terkendala, dengan adanya sistem akuntansi akan mempermudah anda dalam pengecekan stock barang, laporan penjualan yang selesai akan otomatis tersistem.

Bagi anda yang menjual produk nya di e-commerce ada baik nya anda mencoba software accurate online, Accurate memberikan kemudahan untuk anda dalam pembukuan anda tidak perlu repot dalam pengimputan penjualan secara manual.

Accurate dapat menarik transaksi selesai e-commerce mu tanpa harus input dua kali, yuuk coba gratis Accurate online disini dapatkan free trial 30 hari full akses, rasakan kemudahan dalam berbisnis dengan Accurate Online

Related posts

5 Masalah UMKM di Indonesia yang Belum Terselesaikan

Rika Angraini

Membangun Bisnis UKM Tanpa Modal ?, Ini Tipsnya

Rika Angraini

Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang

raymond simanjuntak
Promo PPKM