Accurate Online Bisnis

Fungsi Buku Besar Untuk UMKM

Fungsi Buku Besar Untuk UMKM
Fungsi Buku Besar Untuk UMKM

 

Fungsi Buku Besar Untuk UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pelaporan keuangan bagi suatu bisnis atau perusahaan. Buku besar memuat seluruh transaksi keuangan dari sebuah bisnis selama bertahun-tahun. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencatat di buku besar adalah mencatat dalam jurnal, kemudian dipindahkan ke buku besar.

Fungsi Buku Besar Untuk UMKM

1. Menyediakan Rekam Jejak Utama Keuangan

Buku besar memuat semua transaksi keuangan selama bisnis berjalan. Dengan adanya buku besar akan mempermudah pebisnis untuk mengetahui kondisi keuangan secara ringkas tanpa harus melihat dan menilai laporan keuangan lainnya. Para pebisnis juga tidak perlu melihat jurnal individu untuk memeriksa keuangan perusahaan. Laporan keuangan master ini juga sangat bermanfaat untuk pembayaran pajak terutama bagi perusahaan kecil dan menengah.

2. Menyederhanakan Pengembalian Pajak

Jika mendekati bulan pembayaran pajak biasanya para akuntan termasuk pemilik perusahaan akan dibuat sibuk untuk membuat dan memeriksa laporan keuangan. Semua hal akan diperiksa termasuk email, nota pembayaran lama (old invoices), dan beberapa catatan jurnal. many journal entries.

Hal ini tidak hanya memusingkan, tetapi juga memakan waktu lama. Semua masalah yang membuat stres tersebut bisa diatasi dengan buku besar yang menjadi laporan transaksi utama. Buku besar juga akan memberikan catatan biaya dan pendapatan yang akurat sehingga pengembalian pajak akan semakin cepat.

3. Melaporkan Pendapatan dan Biaya Riil

Buku besar bisa dibilang adalah perpanjangan dari jurnal umum sehingga dari situ para pengusaha bisa melihat pencatatan baik bulanan maupun tahunan secara jelas. Pendapatan dan biaya riil bisa dicari detailnya sehingga kamu semua bisa tahu apakah usaha sedang untung atau rugi, proyeksi keuangan ke depan juga bisa digambarkan dari buku besar ini.

4. Menganalisa Transaksi Tidak Biasa dan Menunjukkan Fraud

Seorang akuntan harus memiliki sifat teliti agar di dalam perusahaan tidak muncul transaksi tidak biasa dan fraud. Dari mana akuntan bisa tahu adanya kedua hal tersebut? Akuntan bisa mengeceknya dan melakukan analisis tentang transaksi tidak biasa di buku besar, dari situ akan terlihat apakah ada transaksi tidak biasa yang bisa disebabkan oleh kesalahan input. Bisa juga untuk menemukan apakah ada fraud atau tidak.

5. Membantu Menghasilkan Laporan Keuangan yang Bisa Dipercaya

Laporan keuangan yang valid dan dapat dipercaya datanya sangat dibutuhkan sebuah perusahaan untuk mengetahui kondisi terkini sekaligus sebagai pijakan untuk rencana ke depan. Untuk membuat laporan keuangan dibutuhkan buku besar sebagai dasarnya. Untuk itu perlu adanya pencatatan buku besar yang rapi agar bisa menghasilkan laporan-laporan yang penting untuk perusahaan seperti laporan laba-rugi, neraca, dan kas.

Accurate online adalah software akuntansi yang bisa menjadi referensi bagi UKM  sekarang yang mempertimbangkan software akuntansi online. Software akuntansi yang cukup mudah digunakan dan dapat membuat jurnal dan laporan buku besar sampai ke laporan keuangan secara otomatis.

Cukup dengan harga 200 ribu per bulan untuk 1 database dan 1 user. Sistem langganan setahun malah di diskon 25% cukup bayar 1,8 juta dengan penambahan user 20ribu per bulan,  Bila anda mungkin masih ada yang kurang jelas atau mau ditanyakan. Bisa menghubungi  marketing di 0812-8434-1364 dan bisa membutuhkan penawaran bisa langsung dibawah ini.

Related posts

Pemakai Informasi Akuntansi Dalam Perusahaan atau Bisnis

Rizal Syah

Cara UKM Bertahan diMasa Resesi Ekonomi

raymond simanjuntak

Mau Tahu ?? Aplikasi Pembukuan Yang Mumpuni Untuk Menghasilkan Laporan Keuangan Yang Akurat

Rika Angraini