Accurate Online

Fungsi dan Pengertian Stock Opname Untuk Bisnis Retail

Bagi Pelaku Bisnis Retail atau Grosir aktivitas ketersediaan barang adalah jantung bagi keberlangsungan usaha, dalam pengelolaan stock barang para pelaku bisnis retail biasanya melakukan stock opname sebagai upaya pengendalian berkala,dalam ha ini juga dapat membantu manajemen untuk  mengetahui jika terdapat barang miliknya mengalami kerusakan atau hilang, Stock opname adalah jawabannya pada kesempatan ini saya akan menjelaskan fungsi dan pengertian stock opname.

Apa Pengertian Stock Opname?

Stock opname salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual. Kegiatan ini memang cukup menyita waktu, karena kamu akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung.

selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau ada yang terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dijualnya.

Salah satu komponen penting agar stok opname lebih mudah, efisien, dan akurat adalah dengan penggunaan Stock Keeping Unit (SKU). Penerapan SKU juga diyakini membantu perusahaan mengurangi kesalahan pencatatan dan perhitungan stok barang.

Stock Keeping Unit atau SKU merupakan identitas berupa kode unik pada setiap barang ritel untuk memudahkan pihak perusahaan mengenal jenis-jenis stok barang. SKU antara satu jenis barang dengan barang lain akan berbeda sebagai penanda.

Kode yang digunakan biasanya terkait dengan unsur merek, warna, ukuran, dan tipe barang. Secara teknis, SKU biasanya dicetak dalam barcode untuk memudahkan perusahaan melakukan inventarisasi atau stok opname.

Apa Fungsi Stock Opname?

Stock Opname tidak hanya berfungsi untuk menghitung dan mengecek stok yang dimiliki perusahaan saja, tetapi juga untuk menghitung kas, aktiva, utang, dan piutang. Di perusahaan retail dan grosir, kegiatan ini biasanya dilakukan menghitung jumlah persediaan barang dagangan dan kas. Sementara di perusahaan manufaktur, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui stok bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Jika ada perbedaan yang ditemukan antara hasil penghitungan manual dengan jumlah persediaan yang ada di sistem, maka solusinya tergantung pada kebijakan masing-masing perusahan.

Pada umumnya, bila ada selisih di antara keduanya, maka perusahaan perlu melakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah telah terjadi kesalahan dalam penghitungan atau memang ada selisih antara keduanya. Selanjutnya, hasil pengecekan ulang tersebut bisa diserahkan ke bagian akuntansi untuk membuat jurnal penyesuaian dan melakukan stock adjustment di sistem.

Apa Manfaat dari Stock Opname

Perlu diketahui bahwa selain mengetahui secara pasti jumlah barang yang ada di gudang, proses ini memiliki manfaat lainnya juga loh, yaitu sebagai berikut:

  • Meminimalisir penyimpangan terhadap barang, baik itu kekurangan atau kelebihan.
  • Bisa untuk tindak lanjut secara cepat jika ada barang hilang atau kekurangan barang, sehingga tidak sampai terjadi kekosongan stok barang.
  • Dapat digunakan sebagai analisis tahun-tahun sebelumnya sehingga perkembangan perusahaan bisa diketahui.
  • Mengetahui secara pasti arus masuk dan keluar barang secara pasti.
  • Mengetahui kondisi barang di gudang secara pasti.

Baca Juga : Yuk Pelajari , Perbedaan Purchase Order (PO) dan Invoice

Tahap Melakukan Stock Opname

Tahapan Awal

tahap awal stok opname dilakukan jauh sebelum hari H atau sepekan sebelum hari H. Biasanya, penanggung jawab di bagian gudang diminta menyiapkan dua stiker berbeda. Gunanya untuk menandai stok yang telah dihitung saat Stock Opname atau menandai stok barang yang tidak dihitung dalam stok opname.

Selanjutnya, petugas gudang sebaiknya menata dan merapikan stok sesuai kode dan jenis barang sehingga proses stok opname bisa dilakukan lebih mudah dan cepat. Stok barang sebaiknya dilengkapi SKU berupa kode barang dan barcode yang sesuai dengan klasifikasinya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penghitungan stok barang.

Tahap Persiapan

Pada tahap ini artinya hari pelaksanaan stock opname sudah mendekati hari H. Tahap persiapan ini biasanya dilakukan pada H-1. Hal yang perlu dilakukan pada tahap ini, antara lain:

  1. Memanggil semua tim untuk melakukan briefing terkait pelaksanaan stock opname. Di sini perlu dijelaskan mengenai tugas masing-masing orang yang akan terlibat dalam proses stock opname.
  2. Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi inputan terkait mutasi barang sampai dengan jam tutup operasional pada H-1.
  3. Menginstruksikan bagian gudang untuk menghentikan mutasi barang terhitung sejak tutupnya jam operasional sampai dengan selesainya proses stock opname.

Tahap Stock Opname

Pada tahap paling penting ini, petugas sebaiknya memastikan kembali bahwa semua transaksi terkait stok sudah tercantum di semua program.

Kemudian, data semua stok dari semua program diberikan kepada petugas di masing-masing tim Stock Opname sebagai pedoman. Usahakan data tak diketahui oleh pihak penanggung jawab stok barang.

Dalam proses ini, berikan stiker pada setiap persediaan barang yang sudah dihitung agar tak terjadi penghitungan berulang. Data-data stok barang yang telah tercatat disalin ke dalam excel.

Data ini berisi jumlah perbandingan antara stok barang yang ada di gudang dan stok barang dalam pembukuan untuk mengetahui ada selisih atau tidak.

Setelah itu, lakukan pemeriksaan ulang atas selisih stok. Terakhir, data Stock Opname diserahkan ke bagian divisi accounting untuk dilakukan penyesuaian data.

Periode Stock Opname

Pada umumnya, stock opname dilakukan setiap akhir tahun atau bahkan setiap akhir bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan tersebut. Menentukan periode yang tepat untuk melakukan stock opname bisa disesuaikan dengan tingkat kepentingan dan kemampuan perusahaan dalam melakukannya.

Di beberapa perusahaan, guna menekan risiko selisih dari stok, kegiatan  ini dilakukan setiap awal bulan. Tujuannya adalah agar perbedaan stok dapat segera diketahui dan dicari tahu akar dari analisis perhitungannya.

Apabila penyebabnya adalah jumlah barang, maka jarak waktu ketika melakukan stock opname juga semakin lama. Kegiatan ini dapat kamu lakukan saat jeda hari kerja atau ketika perusahaan kamu sedang tidak beroperasi.

Proses stock opname memang merepotkan dan menyita banyak waktu. Namun, hal tersebut harus dilakukan, untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian. Mirip dengn pembuatan laporan keuangan yang cukup merepotkan.

Akan tetapi, hal ini perlu kamu lakukan, karena perusahaan yang baik biasanya memiliki laporan dan catatan keuangan yang baik. Atau dengan kata lain, pencatatan keuangan yang baik dapat berpengaruh pada kondisi perusahaan yang baik.

Dengan Software Accurate Kelola Stock dengan Mudah

Dalam Pengelolaan stock barang pasti banyak kendala yang dihadapi,apalagi dilakukan dengan cara yang manual, pelaku usaha retail harus mulai melek dengan teknologi masa kini, dengan kemudahan dalam melakukan stock of name dan pengecekan ketersediaan barang software accurate memiliki fitur dalam Stock Of Name,

Dengan aplikasi canggih anda dengan leluasa melakukan pengecekan barang secara real time, dan hasil laporan yang di buat akan dengan mudah anda simpan atau di export by excel atau PDF

Memantau Stock Barang  Di lokasi yang Berbeda

Accurate Online memiliki fitur multi gudang yang dapat melihat stock dari beberapa gudang yang kita punya,dan Accurate memiliki fitur transfer gudang agar memudahkan pengguna dalam melakukan pindah gudang.

Software Accuratemerupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan persediaan barang ritel dengan lebih mudah dan praktis. Accurate Online tak hanya menyediakan fitur persediaan barang, tetapi juga fitur pendukung laporan keuangan lain yang mampu mendorong perkembangan bisnis ritel Anda.

Dapatkan diskon 25% untuk aktifasi Accurate online disini, atau untuk anda yang ingin coba trial kami sediakan trial 30 hari (full Akses) disini.

Related posts

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ramadhan

Rizal Syah

Manfaat Aplikasi Akuntansi Untuk Bisnis

Bayu Ajie

BAGAIMANA INPUT RETUR PENJUALAN BARANG JASA DI SOFTWARE ACCURATE??

Rika Angraini