Bisnis

Ini 11 Sektor Usaha Yang Boleh Beroperasi Selama PSBB

psbb

PSBB yang merupakan kepanjangan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar akan membuat kegiatan perkantoran di Jakarta harus tutup dan bekerja dari rumah (work from home).

Baca Juga : Apa itu WFH dan Bagaimana Tipsnya Agar Tetap Produktif

Mulai 14 September 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan PSBB Total. Namun, ada 11 bidang usaha yang boleh berjalan dan tidak boleh beroperasi penuh seperti biasa. Jumlah karyawan yang masuk ke kantor dibatasi, minimal 50% dari jumlah normal.
“Bukan kegiatan-kegiatan usaha yang berhenti, tapi bekerja di kantornya yang ditiadakan. Kegiatan usaha jalan terus kegiatan kantor jalan terus, tapi perkantoran di gedungnya yang tidak diizinkan untuk beroperasi,” ucap Anies saat konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/9/2020).

psbb dki jakarta

Daftar 11 bidang usaha esensial atau vital yang boleh tetap berjalan saat PSBB Jakarta, yaitu:

1. Kesehatan.

2. Bahan pangan/makanan/minuman.

3. Energi.

4. Komunikasi dan teknologi informatika.

5. Keuangan.

6. Logistik.

7. Perhotelan.

8. Konstruksi.

9. Industri strategis.

10. Pelayanan dasar/utilitas publik/dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu.

11. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

PSBB akan dilaksanakan selama dua minggu, mulai dari tanggal 14 September sampai dengan 27 September 2020. Diharapkan dengan diberlakukannya PSBB total, saat ini dapat mengurangi penyebaran virus Corona yang angkanya saat ini terbilang tinggi. Meski ada 11 bidang usaha esensial yang boleh tetap dibuka, harus tetap menjalankan protokol kesehatan dan kapasitas tidak lebih dari 50%.

Baca Juga : Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi Corona

Sementara itu ada beberapa kegiatan yang harus ditutup sementara selama dua pekan ke depan. Kegiatan yang ditutup di antaranya penutupan sekolah, kawasan wisata, kegiatan hiburan, dan fasilitas umum. “Meneruskan semua sekolah tutup, kawasan wisata, taman rekreasi, semua kegiatan hiburan tutup, taman kota, fasilitas umum yang terkait pengumpulan orang tutup, sarana olahraga publik dan kegiatan resepsi pernikahan, seminar, konferensi, semua dibatasi,” ujar Pak Anies.

Pertimbangan diberlakukannya PSBB di DKI Jakarta tidak lain adalah karena kasus Covid-19 di ibu kota belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Menurut Anies, kasus Covid-19 di Jakarta mengkhawatirkan. Tambahan kasus harian dalam beberapa hari terakhir mencapai angka 1.000 kasus. Jakarta sendiri menjadi wilayah penyumbang tertinggi kasus Corona di Indonesia.

Baca Juga : 6 Ide Bisnis Sampingan Selama WFH Yang Bisa Datangkan Cuan

Mengamati kondisi ini, Anda sebagai pelaku usaha tentu harus menyiapkan strategi yang tepat untuk menghadapi masa Pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Salah satunya dengan menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang ketat, dan pengawasan keuangan secara real time agar mampu mengambil kebijakan bisnis secara cepat. 

psbb dki jakartaAnda dapat menggunakan software Accurate Online untuk membantu mengelola urusan finansial bisnis secara efektif. Accurate Online adalah software laporan keuangan berbahasa Indonesia dengan sistem berbasis cloud.

Baca Juga : Dengan Cloud Accounting Dapat Pantau Keuangan Bisnis, Kapanpun dan Dimanapun

Proses penyimpanan data-data keuangan bisnis Anda akan semakin praktis dan aman dengan software tersebut. Accurate Online menyediakan berbagai macam fitur yang lengkap. Dimana dapat membantu para pemilik usaha dalam memonitor pembukuan bisnisnya. Biarkan Accurate Online memantau bisnismu, saat Kamu dirumahaja.

Pandemi Covid 19 telah berimbas pada banyak hal termasuk pada dunia usaha. Hal ini juga berdampak pada strategi dan cara untuk mengembangkan usaha di tengah ancaman resesi, terlebih bagi Anda pemilik usaha kecil. ini dapat membantu memastikan bahwa usaha Anda bertahan di masa sulit dan bahkan mungkin mendapat untung dari itu. Semuanya dimulai dengan menganalisis bagaimana Anda melakukan sesuatu sekarang dan mencari cara untuk meningkatkan.

Baca Juga : Hanya Dengan 6000/Hari, Kamu Bisa Pantau Bisnismu Tanpa Perlu Berlalu lalang

Gunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap untuk kemudahan proses analisis keuangan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

coba gratis 30 hari Accurate Online

 

Related posts

Apa Itu Work From Home atau WFH dan Tipsnya Agar Tetap Produktif

Rika Angraini

Mendulang Untung Dari Bisnis Open Trip, Berikut Tipsnya

Rika Angraini

5 Tips Traveling Dapet Duit dari Bisnis Jasa Titip

Rika Angraini