Akuntansi

Kenali Pengertian, Manfaat dan Tujuan Nota Kredit Untuk Usaha Anda

Pada saat menjalankan suatu usaha atau bisnis tentunya harus memiliki catatan keuangan atau transaksi penting, catatan berupa fisik atau digital dapat digunakan sebagai arsip yang dapat digunakan untuk pengecekan di masa depan untuk bahan crosh check, Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai pengertian, manfaat dan tujuan credit note atau Nota kredit, silahkan di simak ya..

Pengertian Nota Kredit

Nota kredit adalah berkas atau dokumen yang membuktikan terjadi pengurangan piutang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan dikarenakan penurunan harga. Hal ini disebabkan karena kerusakan kualitas barang yang dikirim dengan yang dipesan atau karena pengembalian barang dagangan. Nota kredit kredit ini dibuat dan ditandatangani oleh penjual serta memiliki fungsi bagi penjual untuk mengurangi piutang usaha yang akan ditagihkan kepada pembeli. Sama seperti halnya nota debit, nota kredit umumnya terdiri dari dua rangkap. Lembar pertama (dokumen asli) diberikan kepada pembeli, sementara lembar lainnya akan disimpan penjual.

Orang yang membuat nota kredit adalah penjual. Mereka akan menandatangani berkas resmi ini dan diberikan kepada pembeli. Sebelum berkas ini dibuat, pembeli akan mengeluarkan dahulu nota debet. Nota ini penting dan sering dibuat minimal rangkap dua untuk dokumentasi.

Penerbitan nota kredit dilakukan atas kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli. Misal saat melakukan transaksi dan kerja sama, terjadi perjanjian terkait pengembalian barang dengan kondisi tertentu. Dengan perjanjian atau kesepakatan, tidak akan ada yang namanya salah paham antara dua belah pihak.

Nota kredit yang nantinya dibuat oleh penjual terdiri dari beberapa komponen penting yang terdiri dari:

  • Terdapat kolom yang berisi informasi terkait dengan data produk. Data yang ditampilkan mencakup jumlah barang yang dikembalikan dan harga. Dua hal ini sudah disepakati dan terjadi pembicaraan sebelum diterbitkan.
  • Nota kredit yang dikeluarkan harus memiliki Nomor Pesanan. Nomor ini akan digunakan untuk pelacakan kalau jumlahnya ada banyak.
  • Harus memuat tanggal, faktur tagihan, dan juga alamat pengiriman. Semua harus tertulis dengan jelas untuk memudahkan tim melakukan retur.
  • Ada ketentuan pembayaran pada nota. Ketentuan itu bisa dipakai untuk menindaklanjuti masalah yang terjadi.

TujuanĀ  Pembuatan Nota Kredit

Adanya nota kredit dibuat untuk mengoreksi serta memperbaiki kesalahan yang terjadi saat penjualan barang. Sehingga tujuan ini dapat meyakinkan pebisnis dalam menjual dan membeli barang kepada pelanggan agar tidak merasa dirugikan yaitu :

  1. Mengurangi kesalahan Laporan Keuangan
  2. Mencatat kesalahan dan kekurangan Produk
  3. Tertib di bagian Administrasi pencatatan dan pelaporan
  4. Memberi Rasa tanggung jawab kepada Customer
  5. memberikan jaminan keamanan untuk bertransaksi.

Manfaat Nota Kredit

Nota kredit

Dengan ada nya nota kredit memberikan manfaat yang baik antara penjual dan pembeli berikut ini manfaat nya :

  1. Memudahkan dalam kinerja operasional tim administrasi meminimalisir kesalahan

Jika jumlah dokumennya banyak dan harus dikelompokkan sesuai jenisnya. Jika ada koreksi pada harga sampai jumlah barang dan tidak ada nota untuk memperbaikinya, kesalahan akan terjadi.maka dari itu dibutuhkan nya credit note disini.

  1. Menjaga Hubungan Penjual dan Pembeli

Karena credit note dibuat atas kesepakatan bersama antar penjual dan juga pembeli. Kalau sudah ada kesepakatan dari awal, kemungkinan terjadi konflik akan kecil. Kalaupun nantinya ada kesalahan dalam pengiriman barang dan koreksi lainnya, semua akan ditangani secara profesional.

  1. Minim Terjadinya kesalahan di Lapangan

Biasanya nota akan di buat lebih dari satu lembar, masing-masing bagian yang berperan akan memegang masing-masing 1 lembar, mulai dari office dan expedisinya dengan adanya nota itu kesalahan dalam penagihan dan pengembalian minim terjadi karna adanya credit note tersebut.

Baca Juga : Mengetahui Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan ( PSAK ) Indonesia

Software Akuntansi Pelengkap

Dengan adanya software akuntansi akan melengkapi semua pekerjaan pembukuan anda, sistem pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis akan lebih optimal, Accurate Online memudahkan anda dalam mencatat faktur- faktur termasuk nota ktedit untuk retur penjualan dengan mudah dan cepat karna semua transaksi yang ada di Accurate akan otomatis disajikan secara realtime hanya satu kali input transaksi akan menghasilkan laporan dengan cepat.

Mudahkan urusan pembukuan usaha Anda dengan Accurate Online dapatkan free trial 30 Hari Anda disini , kami memberika diskon special untuk anda dapatkan diskon 25% untuk aktivasi Accurate Online Anda disini.

PROMO ACCURATE

Related posts

Belajar Ilmu Akuntansi

Agus Fadhil

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Bill of Material dan Cara Membuatnya

Rika Angraini

Memahami Pengertian Deplesi dan Perbedaan nya dengan Depresiasi

Dewi Wahyudi