BERITA LAIN-LAIN

Memanfaatkan TikTok Sebagai Media Promosi Produk

Apa sih aplikasi tiktok? Kok banyak para pebisnis yang pakai aplikasi ini untu promosi jualan mereka? Yuuk kita cari cari tau apa yang membuat tiktok di lirik oleh para pengusaha untuk media promosi , untuk memanfaatkan tiktok segbagai media promosi, Aplikasi Tiktok adalah platform sharing video singkat yang sebelumnya mempunyai nama Musical.ly. Platform media sosial ini ramai digunakan untuk upload konten kreatif yang menghibur seperti mengikuti challenge yang sedang viral, menari, bernyanyi, lipsync lagu, akting, tutorial makeup, dan banyak kreasi lainnya.

Aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini menjadi salah satu sumber video dan meme viral terbesar di internet. Tingginya minat dan cepatnya persebaran konten dari TikTok ke seluruh platform media sosial ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia marketing online.

Apakah bisnis online Anda termasuk yang cocok untuk tingkatkan penjualan di TikTok? Yuk, simak strategi Memanfaatkan Tiktok Sebagai Media Promosi berikut ini!

Sebelum memutuskan untuk membuat akun bisnis TikTok, cari tahu terlebih dahulu tentang media aplikasi TikTok itu sendiri. Meski pengguna aktif TikTok sudah ratusan juta di seluruh dunia dan punya jaminan meningkatkan brand awareness, Anda perlu tahu karakteristik dan perilaku penggunanya.

Informasi tentang seperti apa karakter dan rentang usia pengguna akan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa Anda cocok untuk dipasarkan di TikTok. Hingga saat ini, TikTok didominasi oleh pengguna berusia 16-24 tahun.

Nah pakah produk jualan kamu targetnya adalah usia tersebut, jika iya anda tinggal menentukan  konsep yang matang, namun jika anda hanya menaikan rating produk kamu supaya dikenal ini juga bisa anda dapatkan dari tiktok agar brand atau produk anda di kenal.

Lalu bagaimana caranya Anda mempromosikan bisnis dengan maksimal mengunakan TikTok?

Memanfaatkan TikTok Sebagai Media Promosi

Bila Anda bingung harus mulai dari mana, pada artikel ini kita akan membahas berbagai tips dan trik yang bisa memudahkan Anda untuk menggunakan TikTok sebagai media promosi.

Berikut beberapa tips dan trik tersebut:

  1. Susun konsep

Konten yang disusun dengan matang akan sangat membantu Anda dalam menjadikan TikTok sebagai media promosi bisnis. Anda bisa melakukan studi singkat mengenai tie konten seperti apa yang viral di aplikasi ini. Apabila cocok dan sesuai dengan nilai – nilai dari bisnis Anda, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai salah satu referensi.

  1. Gunakan Hastag yang sesuai

Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Dengan persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka followers. Melalui hashtag, Anda juga bisa melihat dan menentukan kompetitor Anda. Namun, Anda perlu hindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Penggunaan hashtag populer akan membuat konten Anda terkubur.

Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.

  1. Tag Lokasi

Ini adalah salah satu tips yang berguna bagi Anda pemilik kafe atau tempat berkumpul. Terlebih lagi jika Anda sudah mendesain tempatmu semenarik mungkin. Promosi kan lokasi Anda dengan konten – konten menarik dan tag lokasi Anda agar bisa menarik minat para pelanggan.

  1. Gunakan Tiktok Ads

TikTok juga memiliki platform ads yang bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Anda bisa memulai dengan membuat akun TikTok Ads, dan langsung merancang campaign di bagian dashboard. Bila budget Anda terbatas, ANda bisa memanfaatkan Infeed Native Content.

Yang dimaksud dengan Infeed Native Content adalah sebuah TikTok Ads yang paling simpel. Iklan yang muncul akan mirip dengan Instagram Ads di Instagram Story. Infeed Native Content akan mengarahkan user menuju website Anda.

Selain Infeed Native Content, ada berbagai jenis iklan lainnya yang bisa Anda manfaatkan, contohnya adalah Brand Takeover, Hashtag Challenges, dan Branded Lenses. Sesuaikan iklan – iklan Anda dengan budget yang Anda miliki.

  1. Buat Hastag Challage

Hashtag merupakan fitur primadona dari TikTok. Penggunaan hashtag sangat populer digunakan untuk menebar konten sesuai dengan topik, tema, dan ketertarikan pengguna.

Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online Anda. Buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan brand Anda.

Tuangkan kreativitas Anda dan buatlah challenge seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok. Pengguna TikTok sangat antusias dalam mengikuti challenge seru dan mengupload hasil kreasinya. Selain review produk, Anda juga bisa ajak influencers untuk mengikuti challenge buatan Anda supaya followers-nya juga tertarik untuk ikut challenge tersebut.

  1. Post Komentar

Media TikTok mendukung yang namanya frequent user engagement. Semakin banyak interaksi yang dilakukan, semakin baik bagi akun dan citra brand bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar.

Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.

  1. Kolaborasi dengan Influencer

Pengaruh yang luas bisa menjadi alasan utama Anda untuk menjalin kerja sama dengan para influencer dalam mempromosikan bisnis Anda. Tiap audiens dari influencer ini bisa Anda konversi menjadi konsumen potensial untuk bisnis Anda. Dan pastikan Anda memilih influencer yang relevan dengan nilai – nilai bisnis Anda untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Bisnis Menggunakan Platform Tiktok Why Not ?

Kesimpulan

Tiktok sebagai media untuk mempromosikan produk jualan anda sangatlah efektif, selain tiktok mempunyai ratusan ribu pengguna di seluruh dunia tidak dipungkiri produk anda akan dikenal oleh semua kalangan, tidak hanya generas muda yang main tiktok, segala macam jenis usaha telah memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan produk mereka dan banyak yang berhasil , jadi apakah anda tertarik bisnis dengan media Tiktok?

Jika bisnis mu lancar dan banyak diminati tak jarang akan  sulit untuk merekap semua hasil penjualan, naah disini Accurate membantu anda untuk mengurusi pembukuan usaha anda mulai dari cek stok, membuat invoice, membuat laporan laba/ rugi secara real time,

Saat ini Accurate sedang ada promo dapatkan diskon s/d 2 juta rupiah dengan ketentuan sbb :

promo cermat accurate online

*Periode  21 – 25 September : Diskon 2 juta, dari 3.840.000 jadi 1.840.000

* Periode 26 – 2 Oktober : Diskon 1.5 juta, dari 3.840.000 jadi 2.340.000

* Periode 3 – 9 Oktober : Diskon 900rb, dari 3.840.000 jadi 2.940.000

Kode promo yang digunakan : CERMAT

Link Promo : https://accurate.id/promo/cermat-2020/?a=84G4738G

Atau jika anda masih ingin mencoba-coba kami menyediakan free trial 30 hari full akses disini

Coba Gratis Accurate Online

 

 

 

Related posts

Mau Tahu?? Cara Mudah Memahami Neraca Bagi Pebisnis UKM

Rika Angraini

Fitur Approval Accurate Online Memudahkan Pemilik Usaha Memantau Transaksi Bisnisnya

Rika Angraini

Beberapa Tips Strategi Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Dapat Menghadapi Persaingan

Rika Angraini