BERITA LAIN-LAIN

Membuat Pembukuan Sederhana

membuat pembukuan sederhana

Tahapan dalam membuat pembukuan sederhana. Setiap bisnis baik skala besar atau pun kecil perlu membuat pembukuan keuangan meskipun hanya pembukuan sederhana. Karena melalui pembukuan perusahaan Anda dapat melihat keuangan bisnis, keuntungan dan kerugian, dan lain sebagainya.

Membuat Pembukuan Sederhana

Namun, sayangnya masih banyak pelaku usaha yang mengabaikan pembukuan terutama oleh pengusaha kecil atau pelaku usaha yang baru. Bagi perusahaan besar membuat pembukuan bukanlah masalah karena memiliki akuntan yang sudah berpengalaman yang dapat mereka gaji untuk mengerjakan pembukuan.

Sementara berkebalikan dengan itu, pengusaha kecil beranggapan bahwa untuk membuat pembukuan sulit dan rumit. Jadi meskipun beberapa dari pengusaha kecil mengetahui pentingnya pembukuan, mereka tetap tidak mau membuat pembukuan. Mereka lebih fokus terhadap produk, dan penjualan atas produk atau jasanya. Padahal, melakukan pembukuan merupakan sebuah agenda yang penting dilakukan bagi setiap jenis dan skala bisnis.

Tahapan Dalam Membuat Pembukuan Sederhana

Bagi usaha kecil, hasil audit juga penting, terutama saat bisnis mengajukan pinjaman kepada pihak perbankan. Pembukuan yang rapi dan rinci akan memudahkan auditor melakukan tugasnya sehingga proses pinjaman ke bank juga menjadi lancar. Lalu bagaimana dengan Anda, apakah masih belum membuat pembukuan?

Fokus terhadap penjualan dan kualitas produk merupakan hal yang baik karena Anda masih dalam proses penetrasi pasar. Di mana penetrasi pasar akan membuat produk Anda dikenal masyarakat dan Anda dapat memperoleh pendapatan yang besar.

Namun, ketika usaha Anda terus berkembang dan maju maka akan semakin banyak pula transaksi yang harus dihitung bukan?

Jika tidak memiliki pembukuan sederhana atau yang sudah kompleks, mungkin Anda berpikir omzet Anda sudah besar, padahal bisa jadi Anda tidak memiliki profit margin atau dana kas. Untuk itulah sebaiknya pembukuan dibuat mulai dari awal, sehingga Anda dapat mengetahui dengan akurat kondisi keuangan bisnis.

Jika masih kesulitan, gunakan software akuntansi seperti Software Accurate untuk membantu pencatatan pembukuan Anda. Dengan Accurate semua pencatatan pembukuan transaksi sampai laporan keuangan dapat di sajaikan secara instan dan realtime.

Cioba gratis dengan klik gambar berikut :

 

Related posts

Cara Tepat memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

admin

Yuk Cari Tau Pengertian Varians dan juga Cara Hitung nya

Dewi Wahyudi

7 Tren Kuliner 2019 untuk Mendulang Untung Super Besar

Rika Angraini
Accurate Online Diskon